Wisata Curug di Bandung Raya, Ada Apa Saja?

Wisata —Senin, 5 Sep 2022 13:36
    Bagikan  
Wisata Curug di Bandung Raya, Ada Apa Saja?
Wisata curug di Bandung raya.* (FOTO: Pinterest)


POSTPANGANDARAN,- Bandung, ibukota Provinsi Jawa Barat ini memiliki banyak wisata air yang begitu indah.  Tidak kalah dengan Kabupaten Pangandaran yang juga identik dengan keindahan pantai dan lautnya.  Jika ingin bermain air dan menikmati kesegaran wisata di Bandung, bisa kunjungi beberapa curug berikut.

Curug Penganten

Nama penganten dalam curug ini memiliki kisah tersendiri.  Konon ada sepasang penganten yang mengakhiri hidupnya di air terjun ini. Jauh dari kata seram, pemandangan Curug Penganten indah dan memesona dengan tinggi 50 m. Untuk menuju ke lokasi, harus trekking dulu.  Hati-hati pada  jalan yang berlumpur dan licin.  Lokasi Curug Panganten berada di wilayah Wisata Alam Katumiri Cimahi, di Jalan Raya Cihanjuang KM 5.56.

Curug Malela

Curug Malela yang ada di Kampung Manglid Cicadas ini, memiliki julukan Little Niagara.  Hal itu karena bentuknya yang hampir mirip air terjun Niagara. Curug ini cukup populer diantara para wisatawan karena pemandangannya indah dengan air terjun berundak-undak. Untuk menuju lokasi, kita harus trekking selama 1 km terlebih dahulu.

Curug Pelangi atau Curug Cimahi

Cimahi memiliki curug indah dengan nama Curug Pelangi.  Sebutan pelangi karena memiliki latar indah dari lampu yang berwarna-warni. Curug Cimahi juga merupakan curug tertinggi di Bandung. Untuk sampai ke curug,kita harus melewati sekitar 500 tangga. Jadi persiapkan fisik yang kuat. Curug ini ada di di Jalan Kolonel Matsuri – Cisarua, Desa Kertawangi, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bandung Barat.

Baca juga: Sekolah Swasta Turut Berperan Bangun Peradaban

Curug Omas Dago

Curug dengan arus dan jatuhan air yang tinggi ini berada di dalam Kawasan Hutan Raya Juanda Bandung, atau TAHURA. Untuk menuju lokasi,  bisa menggunakan 2 alternatif.  Yang pertama, melalui pintu Maribaya yang berjarak 2 Km ke Curug Omas. Atau bisa melalui Pintu Juanda Komplek Tahura.  Untuk alternatif kedua ini, jarak menuju Curug Omas lebih panjang setelah melewati Goa Jepang dan Belanda. 

Curug Tilu Leuwi Opat

Curug yang masih satu aliran dengan Curug Cimahi ini lebih mudah dijangkau dari pada curug yang lainya. Kita harus masuk ke dalam Kawasan Ciwangun Indah Camp (CIC) dan trekking selama 1,5 km.  Pemandangannya indah, suasananya rimbun dan terjaga kealamiannya. Pemandangan curug Tilu Leuwi Opat tidak kalah dengan curug-curug lainya.

Curug Maribaya

Curug yang memiliki tinggi 15 Km ini sudah hits diantara para traveller.  Curug Maribaya ini terbagi menjadi 3 curug.  Yaitu, Cikoleang, Cikawari dan Cigulung. Lokasinya ada di Kampung Cikondang Lamajang Pangalengan, Cibodas, Kec. Lembang, Kab. Bandung Barat.* (RESTIYAN NINGSIH)

 

Baca juga: Kali Pertama, Barang Bukti Uang Hasil Korupsi Dikembalikan ke Kas Daerah

 

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait