Gedung Uyeng, Rumah Tua Belanda Milik Bu Susi Pudjiastuti

Wisata —Rabu, 24 Aug 2022 10:33
    Bagikan  
Gedung Uyeng, Rumah Tua Belanda Milik Bu Susi Pudjiastuti
Gedung Uyeng, rumah tua Belanda.* (FOTO: Instagram @arief.atmadipoera)

 POSTPANGANDARAN,- Gedung Uyeng berlokasi di Jalan Raya Babakan Nomor 156, Dusun Bojongsari, Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran.  Bangunan ini berbentuk segi empat, berukuran 12,85 m x 9,00 m, berdiri di atas batur. Atap bangunan berbentuk pelana (limasan), dengan penutup atap berupa genteng tanah liat yang merupakan genteng baru. Gedong Uyeng dilengkapi dengan teras di bagian depan.

Saat ini gedung dimiliki oleh Susi Pudjiastuti yang sempat menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan RI.  Seperti yang diketahui kalau Susi memang bertempat tinggal di Pangandaran dan memiliki maskapai Susi Air.

Sebelum diambil alih oleh Susi, rumah ini dimiliki oleh keluarga Pak Uyeng Warga Keturunan Cina yang tinggal di Pangandaran sejak tahun 1965.  Informasi dari penjaga gedung Uyeng, Pak Uyeng sendiri berprofesi sebagai seorang guru di Pangandaran.  Dia membeli bangunan ini dari seseorang keturunan Belanda.           

Baca juga: Mahasiswa New Zealand Belajar Modest Fashion Fundamental ke IFI

Dan setelah Pak Uyeng tidak ada, bangunan ini tidak terawat.  Anak-anaknya pindah ke kota dan bangunan pun terlihat angker dan menyeramkan, dengan kondisi dinding yang retak-retak.

Kemudian cicit  Pak Uyeng atau keturunan kelima keluarga Pak Uyeng menjual rumah kakek moyangnya itu pada keluarga Susi Pujiastuti.  Sekarang ini meski dalam kondisi kosong tidak ditempati, namun bangunan ini selalu dibersihkan.  Ada petugas yang membersihkan dan menunggu bangunan ini dari pagi hingga sore hari.

Gedung ini memang tidak digunakan oleh keluarga Susi tetapi kabarnya bisa digunakan untuk keperluan shooting film atau untuk foto-foto prewedding.* (RENALDI)

Baca juga: Uu Ruzhanul Dorong 27 Daerah di Jabar Hadirkan Mal Pelayanan Publik

Editor: Widya
								
    Bagikan  

Berita Terkait