Belajar Sejarah di Wisata Taman Budaya Raden Saleh Semarang

Wisata —Selasa, 19 Oct 2021 11:22
    Bagikan  
Belajar Sejarah di Wisata Taman Budaya Raden Saleh Semarang
Belajar Sejarah di Wisata Taman Budaya Raden Saleh Semarang/ pinterest

POSTPANGANDARAN

Semarang merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki berbagai jenis tempat wisata, mulai dari tempat wisata bersejarah hingga wisata yang memiliki keindahan mempesona. Wisatawan yang datang ke Semarang biasanya menyempatkan diri untuk datang ke tempat wisata bersejarah. Salah satu tempat wisata bersejarah di SEmarang yang wajib wisatawan kunjungi yaitu Taman Budaya Raden Saleh.

Taman Budaya Raden Saleh atau lebih di kenal dengan TBRS menjadi salah satu tempat wisata yang banyak di kunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara. Nama TBRS ini terinspirasi dari salah satu pelukis terkenal yang berasal dari Semarang yaitu Raden Saleh Sjarif Boestaman. Dulunya, TBRS ini hanyalah kebun binatang tempat rekreasi keluarga. Tetapi siring berjalannya waktu, kebun binatang itu di pindahkan dan jadilan TBRS. Maka tidak heran jika di tempat ini banyak di penuhi pepohonan.

Baca juga: Termasuk Suren dan Selasih, Simak 4 Tanaman Bermanfaat Mengusir Nyamuk

Baca juga: 3 Tempat Nonton Asyik yang Menyatu dengan Alam di Bandung

Wisatawan yang datang ke tempat ini, akan di sambut oleh patung Raden Saleh yang sedang menggenggam kerisnya. Di TBRS juga banyak sekali seni mural yang menggambarkan indahnya kebersamaa dalam kedamaian.

Yang lebih unik lagi, setiap seni yang ada di tempat ini mengandung pesan-pesan agar masyarakat bisa mencintai dan melestarikan keberagaman Semarang. TBRS memiliki salah satu gedung kesenian yang sangat terkenal yaitu gedung kesenian Ki Narto Sabdho.

Baca juga: Drama Korea Hometown Cha Cha Cha Episode 15 Sub Indo, Menangis untuk Bahagia

Baca juga: Sehat ala Infused Water, Manfaat dan Cara Pembuatan yang Baik

Biasanya gedung kesenian ini di gunakan untuk pementasan wayang pada hari-hari tertentu (biasanya malam jumat kliwon atau malam minggu). Elain pementasan wayang, gedung ini juga sering di gunakan untuk pementasan teater, seni drama dan pembacaan puisi.

Di samping gedung kesenian, terdapat galeri seni yang menjual berbagai pernak-pernik karya seniman Semarang. Lukisan yang ada di setiap suduh membuat keindahan tempat ini semakin memancar. Tidak hanya untuk pajangan, tetapi lukisan tersebut di jual dan ada juga pelayanan jasa lukis di tempat.

Baca juga: Drama Korea Hometown Cha Cha Cha Episode 15 Sub Indo, Menangis untuk Bahagia

Baca juga: Sehat ala Infused Water, Manfaat dan Cara Pembuatan yang Baik

Taman Budaya Raden Saleh atau TBRS memiliki lokasi yang strategis karena berada di pusat kota Semarang, lebih tepatnya di Jl. Sriwijaya No. 29, Kota Semarang, Jawa Tengah. Rute yang harus di tempuh untuk sampai ke tempat ini memang sangat mudah. Selama perjalanan yang di tempuh tidak akan membosankan dan tidak perlu membutuhkan waktu lama. Untuk masuk te TBRS ini tidak perlu mengeluarkan biaya dan hanya emmbyar parkir sebesar Rp. 2.000. Fasilitas yang ada di tempat ini terbilang cukup lengkap, diantaranya ada toilet, gedung Ki Narto Sabdo, area parkir, dan gedung pertemuan. (NL)

Baca juga: 3 Tempat Nonton Asyik yang Menyatu dengan Alam di Bandung



Editor: Ajeng
								
    Bagikan  

Berita Terkait