Goa Sumur Mudal Pangandaran, Wisata Unik dengan Macam-macam Bentuk

Wisata —Jumat, 8 Oct 2021 15:07
    Bagikan  
Goa Sumur Mudal Pangandaran, Wisata Unik dengan Macam-macam Bentuk
Goa Sumur Mudal Pangandaran, Wisata Unik dengan Macam-macam Bentuk/ pinterest

PANGANDARAN, POSTPANGANDARAN

Pangandaran memiliki tempat wisata yang unik dan beda dari wisata yang lain, yaitu Goa Unik dengan bentuk yang bermacam-macam.

Goa yang merupakan bagian dari cagar alam ini memiliki keunikan tersendiri. Ada stalaktit dan stalakmit yang bentuknya bermacam-macam.

Misalnya saja seperti bentuk tenggorokan kita dimana ada stalaktit disana. Goa ini juga memiliki sebuah cekungan yang mirip dengan sumur. Dulunya sumur tersebut adalah mata air untuk warga setempat.

Baca juga: Bak Benang Kelambu Wisata Air Terjun Kelambu Lombok, dengan Kisah Mitos Dewi Anjani

Baca juga: Resep Masakan, Cara Membuat Kimchi Pedas Sederhana Makanan Khas ala Korea

diantaranya ada yang berbentuk seperti tenggorokan manusia, dan dinding goa tersebut dihiasi juga dengan relief alam yang indah seperti dinding candi.Mengapa goa tersebut dinamakan goa sumur mudal karena didalamnya terdapat sebuah cekungan yang mirip seperti sumur yang dulu ada sebuah mata air yang keluar sangat deras sehingga sampai mudal (meluap), karena saking derasnya air tersebut mengalir melalui parit goa.

Dan pada masa kerajaan, air tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhan air minum dan memasak.Nama gua itu didapat sebab dulunya pada di gua ini berada mata air yang bentuknya menyerupai sumur serta air yang “mudal” atau mendidih pada Bahasa Indonesia

Baca juga: Pulau Kecil Gili Kedis Lombok, Menawarkan Keindahan Pesisir Pasir Putih yang Memikat Hati

Baca juga: Romantic Garden Jogjakarta, Wisata Taman Bunga dengan Spot Foto yang Instragamable

Lokasi Goa Sumur Mudal

lokasi Obyek Wisata Gua Sumur Mudal di Pananjung Pangadaran Jawa Barat terletak di desa pananjung, Kecamatan pangandaran, Kabupaten pangandaran, Provinsi jawa barat.

Fasilitas Goa Sumur Mudal

Obyek Wisata Gua Sumur Mudal di Pananjung Pangadaran Jawa Barat bisa dibilang sebuah wisata goa yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

– Area Parkir kendaraan

– Mushola

– Kamar mandi / MCK

– Penginapan

– dan masih banyak lainya

Baca juga: Pulau Kecil Gili Kedis Lombok, Menawarkan Keindahan Pesisir Pasir Putih yang Memikat Hati

Baca juga: Romantic Garden Jogjakarta, Wisata Taman Bunga dengan Spot Foto yang Instragamable

Keindahan pemandangan Goa sumur mudal tentunya sangat disayangkan jika kamu melewatkanya kala berkunjung ke Pangandaran, selain itu penduduk local yang ramah dan menyenangkan juga akan membuat kamu berbetah ria untuk berada disana/ RS

 


Editor: Ajeng
								
    Bagikan  

Berita Terkait