Panorama Air Terjun Tlogo Muncar, Pesona Keindahan dan Mitos yang Berkembang

Wisata —Senin, 4 Oct 2021 15:04
    Bagikan  
Panorama Air Terjun Tlogo Muncar, Pesona Keindahan dan Mitos yang Berkembang
Panorama Air Terjun Tlogo Muncar, Pesona Keindahan dan Mitos yang Berkembang/ pinterest

JOGJAKARTA, POSTPANGANDARAN

Kota dengan sejuta wisata tentu saja Yogyakarta tidak kalah dengan bali yang terkenal dengan daerah istimewanya. Banyak tempat-tempat unik nan indah yang menawarkan banyak pesona.

Salah satu kabupaten di Yogyakarta, Sleman menawarkan tempat wisata yang masih berada di dalam kawasan Taman Nasional Gunung Merapi. Tepatnya berada di kaki Gunung Merapi, yaitu Air Terjun Tlogo Muncar.

Air Terjun Tlogo Muncar terletak di Desa Hargobinangun, Sleman, DIY. Berada di lereng Gunung Merapi, membuat Air Terjun Tlogo Muncar memiliki pemandangan alam yang menakjubkan. Ditambah pula air yang sangat jernih.

Baca juga: Tidak Terima Dokumen Pemotongan Kapal Tongkang. Begini Kata Kasat Polair Polres Ciamis

Baca juga: Resep Masakan Jantung Pisang Santan Pedas, Makanan Kampung yang Mendunia

Di Air Terjun Tlogo Muncar terdapat taman rekreasi anak, oleh sebab itu anda dapat mengajak anak-anak untuk berkunjung ke Air Terjun Tlogo Muncar untuk menikmati sejuknya udara di Kaliurang Jogja. Selain itu anda juga dapat mengabadikan momen dengan berfoto di air terjun. Di sekitar air terjun juga terdapat monyet liar yang dapat anda jadikan sebagai background.

Air terjun yang memukau dengan pemandangan indahnya memiliki ketinggian 878 meter diatas permukaan laut loh, sedangkan air terjunya memiliki ketinggan 40 meter, wah cukup tinggi bukan dan bisa membuat kamu merasakan terkaman air deras yang turun dari atas kala kamu berada dibawah air terjun ini.
Mitos Air Terjun Tlogo Muncar

Dibalik keindahan air terjun tlogo muncar menyimpan kisah-kisah mistis yang beredar di masyrakat. Konon, Air Terjun Tlogo Muncar dulunya merupakan tempat pemandian para bangsawan.

Baca juga: Begini Kondisi Terakhir Kapal Tongkang yang Kandas di Pantai Bojongsalawe Pangandaran

Baca juga: Hidupkan Kembali Kegiatan Pramuka, Ini yang Dilakukan Dian Pinru Kwarcab Kota Banjar

Yang membuat bulu kuduk merinding menurut cerita warga sekitar, di Air Terjun Tlogo Muncar ini sering terdengar alunan dari instrumen musik gamelan khas Yogyakarta, yang biasanya terdapat dalam pertunjukan musik, pagelaran wayang, dan upacara adat.

Bukan hanya itu di kesunyian alam selain derasnya jatuhnya air, kadang kala terdengar kebisingan suara keramaian.
Karena terkenal dengan keangkeranya air terjun tlogo muncar juga kerap dijadikan tempat untuk bertapa atau bersemedi orang-orang dengan tujuan tertentu.

Lokasi dan Rute Perjalanan

Lokasi wisata alam Air Terjun Tlogo Muncar sudah mudah dijangkau dan mudah ditemukan karena jalan menuju Air Terjun Tlogo Muncar sudah layak untuk dilewati. Lokasi tepatnya berada di Jalan Tlogo Putri, Hargobinangun, Pakem, Area Hutan, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.
Harga tiketnya pun cukup terjangkau dengan biaya Rp 8.000 rupiah dan retribusi kendaraan 5.000 – 10.000 rupiah kamu sudah bisa menikmati keindahan air tejun tlogo muncar/ RS

Baca juga: Begini Kondisi Terakhir Kapal Tongkang yang Kandas di Pantai Bojongsalawe Pangandaran

Baca juga: Hidupkan Kembali Kegiatan Pramuka, Ini yang Dilakukan Dian Pinru Kwarcab Kota Banjar


Editor: Ajeng
								
    Bagikan  

Berita Terkait