Inilah Potret Keindahan Curug Sodong di Kawasan Georpark Ciletuh Sukabumi

Travelling —Senin, 24 May 2021 22:50
    Bagikan  
Inilah Potret Keindahan Curug Sodong di Kawasan Georpark Ciletuh Sukabumi
Inilah Potret Keindahan Curug Sodong di Kawasan Georpark Ciletuh Sukabumi (foto: JK)

SUKABUMI, DEPOSTPANGANDARAN

Kawasan Geopark Ciletuh di daerah Sukabumi, Jawa Barat banyak menyimpan beragam tempat wisata yang eksotis dan memikat para travelling. Salah satu lokasi yang memikat yakni Curug Sodong yang dikenal dengan nama Curug Kembar atau Curug Panganten (Pengantin).

Nama tersebut diberikan karena di puncak curug ini memiliki satu aliran sebelum jatuh ke undakan pertama. Kemudian jatuh menjadi dua bagian curug ke kolam yang berada tepat dibawahnya. Curug teratas bernama Curug Cikanteh, curug kedua bernama Curug Ngelay dan curug paling bawah inilah yang disebut Curug Sodong.

Asal usul nama “sodong” adalah karena di balik air terjun ini terdapat cekungan yang menyerupai sebuah gua. Dalam istilah bahasa Sunda, cekungan yang menyerupai gua tersebut dinamakan “sodong”.

Nama lain dari curug ini adalah Curug Kembar dan Curug Penganten. Nama ini diberikan pada air terjun ini karena aliran airnya serupa atau kembar dan mirip layaknya sepasang pengantin berpasangan.

BACA JUGA: Ikatan Cinta Malam Ini, Edisi Spesial Terbongkarnya Kejahatan-kejahatan Elsa

Selain terkenal dengan keindahannya. Curug Sodong ini juga terkenal dengan kemistisannya. Konon, mitos yang berkembang di kalangan masyarakat bahwa curug ini sering dipakai untuk menguji ilmu kanuragan (semacam ilmu kebal dengan kesaktian mistis,red) yang telah dipelajari oleh seseorang.

Bagi yang ingin menguji ilmu kanuragan itu harus memotong-motong bagian tubuhnya menjadi beberapa bagian tubuh. Kemudian potongan-potongan tubuhnya itu dihanyutkan dari puncak air terjun. Menurut mitos, potongan tubuh tersebut nantinya akan bersatu kembali saat mencapai dasar air terjun. Ketika tubuh itu bersatu kembali, maka ilmu yang telah dipelajari telah sempurna dan berhasil dipelajari.

Curug Sodong berada di Desa Ciwaru, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Jika kalian ingin mengunjungi Curug Sodong bisa menggunakan kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

BACA JUGA: Sebanyak 37 Warga Banjar Keracunan Usai Menyantap Soto di Hajatan Pernikahan dan Khinatan

Jarak destinasi wisata alam yang satu ini ketika anda berangkat dari pusat kota Sukabumi kurang lebih 99 km. Perjalanan yang cukup panjang menuju ke objek wisata air terjun Curug Sodong tidak akan membuat anda menyesal ketika menikmati keindahannya.

Curug Sodong Ciletuh Geopark Sukabumi bisa anda nikmati hanya dengan biaya retribusi tiket yang relatih murah. Untuk operasional wisata alam Curug Sodong Sukabumi buka setiap hari selama 24 jam. Nikmati keindahan dan pesona wisatanya sepuas hati dari Curug Sodong dan bisa anda kunjungi kapan saja. (JK)

BACA JUGA: Persib Kembali Gelar Latihan di Stadion GBLA

Editor: Riyan
								
    Bagikan  

Berita Terkait