Selamat Hari Sumpah Pemuda! Beriut 5 Ide Kegiatan Memperingati Hari Sumpah Pemuda

Tokoh —Sabtu, 28 Oct 2023 13:56
    Bagikan  
Selamat Hari Sumpah Pemuda! Beriut 5 Ide Kegiatan Memperingati Hari Sumpah Pemuda
Unsplash/mufid majnun

POSTPANGANDARAN,-  Setiap tanggal 28 Oktober, seluruh penjuru Tanah Air memeringati Hari Sumpah Pemuda. Tahun ini merupakan peringatan hari Sumpah Pemuda yang ke-95 tahun. Proses yang dilalui oleh para muda-mudi bangsa Indonesia hingga Sumpah Pemuda dihasilkan tidaklah mudah. Apalagi dengan masih eksisnya kedudukan pemerintah kolonial Belanda pada masa itu.

Momen tersebut menjadi bentuk persatuan muda-mudi bangsa Indonesia serta salah satu tonggak pergerakan kemerdekaan Indonesia. Oleh karena itu, Hari Sumpah Pemuda diperingati tiap tanggal 28 Oktober untuk mengingatkan seluruh anak bangsa akan perjuangan dan semangat mereka.

Lantas, apa yang dapat kita lakukan untuk memeringati Hari Sumpah Pemuda?

  1. Mengikuti Upacara

Kalau biasanya kamu mengucapkan janji siswa dalam upacara biasa di sekolah, akanlah berbeda dengan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda. Seperti para pemuda-pemudi bangsa yang hadir dalam Kongres Pemuda II, kamu juga akan melafalkan tiga butir ikrar dalam teks Sumpah Pemuda. Tak lupa lagu Indonesia Raya yang turut dilantunkan bersama dengan pengibaran Sang Merah Putih.

  1. Melakukan Kegiatan Kepemudaan

Melakukan kegiatan-kegiatan kepemudaan selama bulan Oktober dan puncaknya pada tanggal 28. Kegiatan-kegiatan kepemudaan, bisa seperti olahraga bersama, sesi diskusi, serta kegiatan lain yang bisa menjalin kebersamaan.

  1. Berpakaian Tradisional

ide menggunakan pakaian tradisional ini dapat diterapkan dalam lingkungan kantor ataupun pendidikan. Apalagi, tren berkain sedang marak dilakukan oleh anak muda di Indonesia.

Mereka menggunakan batik dan kain tradisional sebagai outfit sehari-hari, bahkan hingga digunakan untuk bepergian. Jadi, berpakaian tradisional pada Hari Sumpah Pemuda ini merupakan hal yang sangat menarik untuk dicoba.

  1. Ziarah ke Makan Pahlawan

Berziarah ke makam para pahlawan ini tak sekadar memanjatkan doa bagi mereka. Namun, juga sebagai bentuk terima kasih dan pengingat kita akan perjuangan seluruh pahlawan kemerdekaan bangsa Indonesia.

  1. Baca Buku Bersama

Kegiatan ini menjadi bagian untuk memperkaya wawasan dan pengetahuan yang bisa dilakukan oleh semua kalangan. Apalagi jika buku yang dibaca bertajuk sejarah, khususnya mengenai hari Sumpah Pemuda ini. Selain itu, acara ini juga bisa mempererat tali kebersamaan serta meningkatkan minat baca orang-orang.

Baca juga: Bojan Pertegas Pemain Persib Waspada Serangan Balik KIlat PSS Sleman

 

Editor: Admin s
								
    Bagikan  

Berita Terkait