Sato dan DDS Menangkan Persib

Sepak Bola —Sabtu, 25 Mar 2023 08:23
    Bagikan  
Sato dan DDS Menangkan Persib
David da Silva dan Daisuke Sato merayakan gol ke gawang Bhayangkara FC. @PERSIB.co.id/Barly Isham

POSTPANGANDARAN,- Persib menundukkan Bhayangkara FC 2-1 pada pertandingan Liga 1 2022/2023 di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat, 24 Maret 2023. Dua gol kemenangan PERSIB dicetak Daisuke Sato menit 37 dan David da Silva menit 67. Sedangkan gol balasan Bhayangkara FC dicetak Alex Martins Ferreira menit 73.

Dengan hasil ini, Persib tetap di peringkat kedua klasemen sementara dengan nilai 59, hasil 18 menang,  5 imbang dan 7 kalah. Pangeran Biru tertinggal 10 poin dari PSM Makassar dan unggul 5 poin dari Persija Jakarta di peringkat ketiga. 

Di pertandingan ini, Persib menurunkan Kakang Rudianto, Achmad Jufriyanto dan Beckham Putra Nugraha sejak menit pertama menggantikan Rachmat Irianto, Marc Klok dan Ricky Kambuaya yang dipanggil Timnas Indonesia. 

Babak pertama bergulir, Persib mendapat tekanan melalui Mathias Mier, tapi sepakan kaki kirinya masih jauh dari sasaran. Di menit 8, Ciro Alves balik mengancam tapi sepakannya pun masih melenceng dari sasaran. 

Peluang didapat Kakang di menit 16. Berawal dari tendangan bebas Ciro Alves, Kakang menyundul bola. Tapi gangguan dari Ruben Sanadi membuat sundulannya tak maksimal. 

Baca juga: Daftar 21 Pemain Persib Melawan Bhayangkara FC

Semenit kemudian, Beckham dilanggar oleh M. Rochman yang membuat bek Bhayangkara FC itu menerima kartu kuning. 

Di menit 31, Kakang kembali menyundul bola di dalam kotak penalti. Tapi sundulannya bisa ditepis kiper Bhayangkara FC, Awan Setho Raharjo. 

Di menit 37, Daisuke Sato memecah kebuntuan lewat sontekan menyambar bola liar di dalam kotak penalti. 

Di menit 45+1, David da Silva mendapat peluang untuk menggandakan keunggulan. Ia sudah berhadapan langsung dengan Awan Setho tapi usahanya masih bisa digagalkan lawan. Tak lama, babak pertama berakhir dengan Persib unggul 1-0. 

Persib masih tampil menyerang di babak kedua. Namun, Bhayangkara FC pun tak kalah agresif. Tapi, penampilan dari Nick Kuipers dan Teja Paku Alam mampu mengamankan gawang dari kebobolan. 

Lima menit setelah babak kedua bergulir, Persib mendapat peluang pertamanya. Beckham Putra Nugrha mampu melepaskan tembakan dari luar kotak penalti, memaksa Awan Setho menepis bola dan menghasilkan sepak pojok untuk Pangeran Biru. 

Baca juga: Spesifikasi Samsung A23 5G, Anti Ngelag Harga Ramah Dikantong

Di menit 57, Robi Darwis menyambar bola di depan kotak penalti. Sayang, sepakan keras mendatarnya membentur tiang gawang. 

Semenit kemudian, Kakang mendapat kartu kuning karena menekel Mathias Mier dari belakang. 

Di menit 67, David da Silva menggandakan keunggulan Persib lewat tembakan keras di depan kotak penalti. Gol ini mensejajarkan dirinya dengan Sutiono Lamso dan Sergio Van Dijk sebagai pencetak gol terbanyak Persib dalam satu musim (21). 

Semenit berselang, Persib melakukan pergantian pertamanya di laga ini. Pangeran Biru menurunkan Febri Hariyadi menggantikan Beckham Putra Nugraha. 

Di menit 73, pertahanan Persib kehilangan konsentrasi membuat striker Bhayangkara FC, Alex mampu mencetak gol, yang mengubah skor menjadi 2-1. Tersengat oleh gol itu, Pangeran Biru langsung balik menekan. Sayang, kerja sama antara Ciro Alves dan David da Silva tak berjalan mulus. 

Di menit-menit akhir pertandingan, Persib terus mendapat tekanan. Menit 82, Rezaldi Hehanussa pun dimasukkan untuk menggantikan Ciro Alves. Menit 86, Alex kembali mengancam tapi sepakannya bisa diblok dengan sempurna oleh Achmad Jufriyanto. 

Menit 88, Persib memainkan Abdul Aziz menggantikan Daisuke Sato. Ini menjadi jatah pergantian terakhir Pangeran. Pertahanan Persib terus dapat tekanan, tapi Teja Paku Alam masih dengan tenang mengamankan bola. 

Pertandingan memasuki menit-menit tambahan. Nick Kuipers, Achmad Jufriyanto dan Kakang Rudianto jatuh bangun untuk menghalau bola. Da Silva juga sempat tebar ancaman tapi ia kehilangan bola di dalam kotak penalti. 

Setelah tambahan waktu empat menit, wasit akhirnya meniupkan peluit panjang tanda pertandingan ini berakhir dengan skor Persib unggul 2-1. Pangeran Biru pun melanjutkan hasil positifnya di putaran kedua Liga 1 musim ini. 

Berikut susunan pemain Persib kontra Bhayangkara FC;

Persib Starting XI: Teja Paku Alam, Achmad Jufriyanto (C), Nick Kuipers, Kakang Rudianto, Dedi Kusnandar, Robi Darwis, Frets Butuan, Daisuke Sato (88), Ciro Alves (82), Beckham Putra Nugraha (68), David da Silva. 

Cadangan: Reky Rahayu, Fitrul Dwi Rustapa, Eriyanto, Rezaldi Hehanussa (82), Abdul Aziz (88), Febri Hariyadi (68), Ferdiansyah, Erwin Ramdani, Arsan Makarin, Ezra Walian. ***

Baca juga: Jangan Disepelekan! Ini Akibat Malas Minum Air Putih

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait