Persib Berhasil Imbang 2-2 di Laga Kontra Persebaya

Sepak Bola —Selasa, 14 Mar 2023 09:45
    Bagikan  
Persib Berhasil Imbang 2-2 di Laga Kontra Persebaya
David da Silva @ PERSIB.co.id/Amandeep Rohimah

POSTPANGANDARAN,- Persib berhasil memaksakan hasil imbang 2-2 kepada tuan rumah Persebaya pada pertandingan lanjutan Liga 1 2022/2023 di Stadion Gelora Joko Samudro Gresik, Jawa Timur, Senin, 13 Maret 2023. Dua gol Persebaya ke gawang Teja Paku Alam dicetak Supriadi menit 23 dan Ze Valente (32). Dua gol balasan Persib dicetak gol bunuh diri Riswan Lauhin (77) dan David Da Silva (83).  

Persib langsung menguasai permainan sejak menit pertama. Lima menit pertandingan berjalan, Daisuke Sato mencoba masuk dari sisi kiri, tapi usahanya menemui jalan buntu. 

Persebaya mulai mengancam. Dua usaha masing-masing dari Leo Lelis dan Hidayat melalui sepakan jarak jauh, melenceng dari gawang Pangeran Biru.  Di menit 19, Paulo Victor melepaskan tembakan di dalam kotak penalti, tapi bola membentur salah satu pemain belakang Persib sehingga menghasilkan sepak pojok. 

Di menit 23, Persebaya membuka keunggulan setelah Supriadi menyambar bola sepak pojok yang dikirimkan Ze Valente dengan sundulan terarah. 

Baca juga: Jalan Lingkar Pantai dan Jembatan WR Diresmikan, Bupati: Priwisata di Pangandaran Semakin Merata

Tiga menit kemudian, Persib merespon. Marc Klok mengirimkan umpan dari tendangan bebas yang mampu diteruskan oleh Frets Butuan ke gawang. Sayang, usaha Frets belum maksimal. 

Di menit 32, Ze Valente menggandakan keunggulan Persebaya menjadi 2-0 melalui tendangan bebas yang menaklukkan Teja.

Persib langsung balik mengancam lewat Da Silva di dalam kotak penalti, tapi sepakannya bisa dihalau oleh Ernando Ari.  Tak hanya Da Silva, Ciro Alves pun turut memberikan ancaman di menit 39. Sayang, sepakan pemain berusia 33 tahun ini masih melambung di atas mistar gawang Persebaya. 

Di menit 45, Persib masih berusaha mencetak gol pertamanya di laga ini. Ciro Alves mampu melakukan penetrasi ke dalam kotak penalti dan melepaskan sepakan keras, tapi sayang bola bisa diblok Leo Lelis. 

Di waktu tambahan babak pertama, Persib tetap menekan. Bahkan, Nick Kuipers pun turut membantu dengan naik ke lini tengah. Tapi hingga wasit meniup peluit tanda babak pertama berakhir, skor masih 2-0 untuk keunggulan Persebaya.

Jelang kick-off babak kedua, Persib memasukkan Robi Darwis menggantikan Ricky Kambuaya. Persib pun langsung tancap gas. Beberapa peluang tercipta, terutama dari Ciro Alves tapi penyelesaian akhirnya masih belum maksimal. 

Baca juga: Spot Surfing di Pangandaran: Keindahan Ombak dan Pantai yang Tak Tergantikan

Persib kembali dapat peluang melalui Frets Butuan di menit 59. Sepakan mendatar Frets di dalam kotak penalti, masih bisa dihalau Ernando. Selain itu, kontribusi dari Robi Darwis melalui lemparan jauhnya juga cukup memberikan tekanan bagi lawan. 

Di menit 62, Persib menambah pemain bertipe penyerang. Ezra Walian masuk menggantikan bek tengah Achmad Jufriyanto sehingga ban kapten pun beralih kepada Dedi Kusnandar. 

Di menit 64, Da Silva kembali menebar ancaman. Di dalam kotak penalti ia mencoba mengarahkan bola ke gawang tapi sayang, hanya membentur mistar gawang. Pangeran Biru masih menguasai permainan. 

Di menit 70, pelatih Persib, Luis Milla memasukkan Febri Hariyadi untuk menggantikan Dedi Kusnandar. Penyerangan Pangeran Biru pun dipastikan kian agresif setelah masuknya pemain bernomor 13 ini. 

Serangan demi serangan terus dikirimkan oleh para penggawa Persib, mulai dari Frets, Ciro Alves hingga Febri. Nama terakhir mencoba mengirimkan umpan silang dari sisi kiri tapi arahnya terlalu dekat kepada Ernando Ari. 

Di menit 77, Marc Klok mengirimkan bola dari sepak pojok yang berujung pada gol bunuh diri dari Riswan Lauhin. Gol bunuh diri itu mengubah kedudukan menjadi 2-1 sekaligus menumbuhkan kembali semangat para penggawa Pangeran Biru. 

Di menit 83, David Da Silva mencetak gol ke-20 untuk Pangeran Biru membuat kedudukan kembali imbang menjadi 2-2.

Di menit 89, sebuah halauan krusial dilakukan oleh Rachmat Irianto menjauhkan ancaman yang ada di dalam kotak penalti PERSIB. Peluit panjang pun dibunyikan, tanda pertandingan berakhir dengan skor imbang 2-2. 

Berikut daftar susunan pemain Persib kontra Persebaya: Teja Paku Alam (GK), Achmad Jufriyanto (C/62), Nick Kuipers, Rachmat Irianto, Frets Butuan, Daisuke Sato, Dedi Kusnandar (70), Marc Klok, Ricky Kambuaya (46), Ciro Alves, David da Silva. 

Pemain pengganti: I Made Wirawan (GK), Reky Rahayu (GK), Kakang Rudianto, Eriyanto, Rezaldi Hehanussa, Robi Darwis (46), Abdul Aziz, Erwin Ramdani, Febri Hariyadi (70), Ezra Walian (62).***

Baca juga: Desa Gondo Mayit, Bagian 5

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait