Persib Merangkak ke Puncak Klasemen Usai Kalahkan Borneo FC

Sepak Bola —Jumat, 27 Jan 2023 10:04
    Bagikan  
Persib Merangkak ke Puncak Klasemen Usai Kalahkan Borneo FC
David da Silva @ PERSIB.co.id/Barly Isham

POSTPANGANDARAN,- Persib merangsek ke puncak klasemen sementara Liga 1 2022/2023 usai mengalahkan Borneo FC 1-0 pada pertandingan di Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor, Kamis, 26 Januari 2023. Gol tunggal kemenangan Persib dicetak David da Silva menit ketujuh.

Berkat kemenangan ini, Persib mengoleksi nilai 39 dari 19 pertandingan. Tim asuhan Luis Milla menyalip Persija Jakarta dan PSM Makassar yang mengoleksi nilai 38.

Babak pertama baru bergulir, Perib langsung mendapat tekanan dari pemain cepat Borneo FC, Matheus Pato. Upaya Pato dengan tenang mampu diredam kiper Teja Paku Alam. 

Di menit 7, David da Silva mencetak gol pertama Pangeran Biru di laga ini ketika dirinya mampu menuntaskan umpan silang Ciro Alves. Ini merupakan gol ke-15 pemain bernomor punggung 19 itu. 

Lini tengah lapangan masih jadi rebutan. Ricky Kambuaya pun terpaksa menerima kartu kuning di menit 8 setelah menghentikan laju Jonathan Bustos. 

Baca juga: Hadiri Rakor MUI Jabar, Pak Uu: Ulama dan Umara Harus Bersinergi

Di menit 14, Teja melakukan penyelamatan gemilang saat menggagalkan tendangan bebas Pato. Pangeran Biru juga dapat ancaman dari sepak pojok, tapi Daisuke Sato mampu meredamnya. 

Sato juga mendapat kartu kuning setelah terpaksa menghentikan laju Andy Sarjito di menit 20. Enam menit berselang, Ciro Alves mulai mengancam. Namun, sepakan keras kaki kanannya ditepis kiper Borneo, Angga Saputro. 

Pertandingan masih sengit. Giliran gelandang Borneo FC, Kei Hirose yang dikartu kuning oleh wasit karena menjatuhkan Beckham Putra Nugraha saat berusaha melancarkan serangan balik. 

Klok mendapat ruang tembak di menit 34 setelah mendapat sodoran dari Ciro Alves. Sepakan akurat Klok dari luar kotak penalti Borneo FC, masih bisa ditepis Angga. 

Di menit 45+1, Persib harus bermain dengan sepuluh pemain. Kambuaya yang sudah mendapat kartu kuning, akhirnya mendapat kartu merah. Sebelumnya, Beckham juga mendapat kartu kuning. Tak lama, wasit meniup peluit tanda babak pertama berakhir dengan skor 1-0 untuk keunggulan Pangeran Biru.

Baca juga: David Da Silva Bawa Persib Ungguli Borneo FC

Sebelum babak kedua dimulai, Milla melakukan pergantian pemain. Pelatih asal Spanyol itu memasukkan bek Kakang Rudianto menggantikan gelandang serang Beckham Putra Nugraha. 

Penampilan Teja di bawah mistar gawang Pangeran Biru patut diacungi jempol, mengingat serangan Borneo FC nyaris tak henti. Terkini, sebuah umpan silang dikirimkan Pesut Etam dari sisi kiri tapi bisa ditangkap dengan mudah oleh Teja.

Pergantian kembali dilakukan Persib. Kali ini di menit 59, Ciro Alves ditarik keluar digantikan Abdul Aziz. Kartu kuning kembali keluar dari saku wasit, kali ini diterima Kakang di menit 65. 

Tiga menit berselang, Borneo FC juga bermain dengan sepuluh pemain. Kei Hirose yang sudah mengantongi kartu kuning, melakukan pelanggaran keras terhadap Abdul Aziz. Kei pun mendapat kartu kuning kedua atau kartu merah.

Di menit 73, Milla memasukkan Frets Butuan. Penyerang cepat itu masuk menggantikan Henhen Herdiana. Sama-sama tampil dengan sepuluh pemain, pertahanan Persib masih solid. Tak jarang, Da Silva turun dari lini depan untuk membantu pertahanan.

Da Silva masih belum berhenti memberikan ancaman. Di menit 84, ia mendapat bola di depan kotak penalti dan langsung mengeksekusinya depan tendangan. Sayang, bola masih berakhir di atas mistar gawang Borneo FC. 

Teja melakukan penyelamatan krusial di menit 89. Ia menggagalkan sepakan keras Pato di dalam kotak penalti. Tak hanya itu, ia juga meninju bola kiriman dari sisi kiri beberapa saat kemudian. 

Ofisial pertandingan memberi tambahan waktu tiga menit. Persib masih berupaya menambah keunggulan lewat Da Silva tapi ia dianggap sudah lebih dulu dalam posisi off side sebelum mendapat umpan jauh. Wasit akhirnya meniup peluit panjang yang disambut sukacita seluruh anggota skuad PERSIB. 

Berikut susunan pemain Persib: Teja Paku Alam (GK), Achmad Jufriyanto, Victor Igbonefo (c), Dedi Kusnandar (85), Daisuke Sato, Henhen Herdiana (73), Ricky Kambuaya, Marc Klok, Ciro Alves (58), Beckham Putra Nugraha (46), David da Silva. 

Cadangan: Reky Rahayu, Fitrul Dwi Rustapa, Kakang Rudianto (46), Abdul Aziz (58), Frets Butuan (73), Ferdiansyah, Arsan Makarin, Febri Hariyadi, Erwin Ramdani (85), Ezra Walian***

Baca juga: Daihatsu Indonesia Masters 2023: Koh Sinyo Cedera, Minions Terpaksa Retired

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait