Persib Tutup Putaran Pertama dengan Kemenangan

Sepak Bola —Rabu, 11 Jan 2023 17:53
    Bagikan  
Persib Tutup Putaran Pertama dengan Kemenangan
Ciro Alves merayakan gol ke gawang Persija @PERSIB.co.id/Barly Isham

POSTPANGANDARAN,- Persib memenuhi ambisinya mempersembahkan kemenangan untuk Bobotoh usai mengalahkan Persija Jakarta 1-0 pada pertandingan tunda pekan ke-11 Liga 1 2022/2023 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), 11 Januari 2023. Gol tunggal kemenangan Persib dicetak Ciro Alves menit 63.

Di laga ini, Persib menurunkan Ezra Walian sejak menit pertama bersama Ciro Alves dan Beckham Putra Nugraha di lini depan. Sementara, David da Silva yang sempat mengalami cedera mengawali pertandingan dari bangku cadangan. 

Persib menguasai bola dengan umpan-umpan pendek. Namun, Persija balik menekan. Pada menit 4, Hanno Behrens sempat mengancam, tapi bola bisa dihalau Nick Kuipers. 

Di menit 5, Dedi Kusnandar terpaksa melakukan pelanggaran yang berbuah kartu kuning. Ini kartu kuning pertama yang keluar dari saku wasit Steven Yubel Poli di laga ini. Pelanggaran dilakukan Dedi kepada Michael Krmencik. 

Baca juga: Sekda Kabupaten Pangandaran Pimpin Persiapan Peresmian Gedung MPP

Dua menit berselang, Ciro Alves lolos dari penjagaan dan mampu membawa bila ke dalam kotak penalti. Ia langsung berhadapan dengan Andritany Ardhiyasa. Tapi sepakan akuratnya masih bisa dihalau. Ini jadi peluang terbaik pertama yang didapat Persib.

Menit 26, Krmncik melepaskan tembakan dari dalam kotak penalti dan sempat membentur Daisuke Sato. Bola pun berbelok arah, tapi beruntung tak mengarah ke gawang. 

Pada menit 36, Ciro Alves menguasai bola dan melewati Andritany, tapi diadang hingga terjatuh di dalam kotak. Namun wasit tak menyatakan penalti. 

Di menit 42, tendangan bebas Ezra Walian menghasilkan penalti karena bola mengenai tangan Rio Fahmi di dalam kotak terlarang. Sayang, Beckham yang jadi eksekutor penalti gagal membobol gawang Andritany. 

Persib terus berupaya mencetak gol di sisa waktu babak pertama melalui aksi dari Ciro Alves. Namun, skor 0-0 tak berubah hingga turun minum.

Setelah bermain imbang tanpa gol di babak pertama, Persib langsung menekan di awal babak kedua. Ciro Alves kembali dapat peluang setelah mendapatkan kiriman bola dari sektor sayap. Tapi peluang itu masih belum membuahkan gol. 

Di menit 58, Persib memasukkan David Da Silva menggantikan Ezra Walian. Pada pertemuan terakhir kedua tim di Liga 1, 1 Maret 2022, pemain asal Brasil itu sukses mencetak gol untuk mempersembahkan kemenangan Pangeran Biru. 

Baca juga: Persib Tertahan di Babak Pertama Usai Penalti Beckham Tak Berbuah Gol

Di menit 61, Persib kembali melakukan pergantian. Kali ini Robi Darwis masuk menggantikan Abdul Aziz. 

Di menit 63, kebuntuan akhirnya pecah. Ciro Alves mendapat bola dari David Da Silva di dalam kotak penalti dan menuntaskannya menjadi gol. Persib untuk sementara unggul 1-0. 

Di menit 70, Persib dapat tekanan bertubi-tubi. Namun, Nick Kuipers mampu menghalau bola-bola yang masuk ke dalam kotak penalti. Tak hanya Nick, Frets Butuan dengan tekel bersihnya mampu menggagalkan usaha Riko Simanjuntak. 

Lima menit berselang, Achmad Jufriyanto dimasukkan pelatih Persib, Luis Milla Aspas menggantikan Beckham. Sebelumnya, Beckham beberapa kali dilanggar Persija yang membuatnya sempat mendapat perawatan. 

Menit 83, Persib masih mendapat ancaman. Kali ini datang dari Riko Simanjuntak yang menyambar bola di depan kotak penalti dengan sepakan voli, tapi Teja Paku Alam dengan cermat mengamankan bola. Balik menyerang, PERSIB dapat kesempatan melalui Da Silva tapi ia kurang sigap menguasai bola. 

Setelah melalui empat menit tambahan waktu, wasit Steven Yubel meniupkan peluit panjang tanda pertandingan berakhir dengan skor 1-0 untuk kemenangan Persib. 

Dengan hasil ini, Persib pun melewati Persija dengan menempati posisi keempat di klasemen sementara Liga 1. Pangeran Biru menambah raihan poinnya menjadi 33 unggul satu poin atas Macan Kemayoran. 

Susunan pemain Persib kontra Persija:

Teja Paku Alam (GK), Victor Igbonefo (c), Nick Kuipers, Daisuke Sato, Henhen Herdiana, Frets Butuan, Dedi Kusnandar, Abdul Aziz (61'), Beckham Putra Nugraha (75'), Ciro Alves, Ezra Walian (58'). 

Cadangan: I Made Wirawan (GK), Fitrul Dwi Rustapa (GK), Achmad Jufriyanto (75'), Kakang Rudianto, Eriyanto, Robi Darwis (61'), Arsan Makarin, Erwin Ramdani, Ferdiansyah, David da Silva (58').*** 

Baca juga: Malaysia Open 2023: Rekap Hasil Pertandingan Babak 32 Besar Hari Pertama

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait