Persib Menang atas Persebaya Usai Balikan Keadaan 2-1

Sepak Bola —Senin, 12 Dec 2022 09:17
    Bagikan  
Persib Menang atas Persebaya Usai Balikan Keadaan 2-1
Ciro Alves dan David da Silva masing-masing mencetak satu gol © PERSIB.co.id/Sutanto Nurhadi Permana

POSTPANGANDARAN,- PERSIB meraih tiga poin setelah menang 2-1 atas Persebaya Surabaya pada pekan ke-13 Liga 1 di Stadion Jatidiri, Semarang, Jawa Tengah, Sabtu 10 Desember 2022. Skuad Pangeran Biru sempat tertinggal oleh gol Leo Lelis (44), tapi bangkit di babak kedua lewat gol dari Ciro Alves (64) dan David Da Silva (75)

Pada laga ini, PERSIB melakukan beberapa perubahan, di antaranya adalah Victor Igbonefo yang tampil sebagai pemain pengganti di laga kontra Persik, kali ini tampil sebagai starter menggantikan Beckham P. Nugraha. Beckham sendiri berada di bangku cadangan di laga ini.

Laga langsung berjalan dengan ketat sejak kick off. Di menit 10 terjadi insiden antara Daisuke Sato dan Sho Yamamoto. Penggawa Pangeran Biru itu langsung terkapar dengan darah mengucur dari pelipisnya. Meski sempat mendapat perawatan dari tim medis, Sato kembali berdiri dan melanjutkan permainan.

Jual beli serangan terjadi di sepanjang babak pertama, namun Persebaya lah yang unggul terlebih dahulu. Pada menit ke-44, Leo Lelis mencetak gol dari dalam kotak penalti PERSIB. Tembakan kerasnya sempat diblok oleh Teja Paku Alam tapi bola tetap masuk ke dalam gawang. Pangeran Biru pun tertinggal lebih dulu 0-1. Setelah tambahan waktu empat menit, babak pertama pun berakhir. 

Baca juga: Sensasi Motor Listrik Yamaha E01, Masyarakat Dapat Mencobanya

Jelang babak kedua bergulir, PERSIB melakukan tiga pergantian sekaligus. Beckham Putra Nugraha, Abdul Aziz dan Henhen Herdiana dimasukkan menggantikan Nick Kuipers, Frets Butuan dan Daisuke Sato yang di babak pertama mengalami cedera. 

Ketangguhan Teja kembali diuji di menit ke-49. Sepakan keras Silvio Junior dari depan kotak penalti mengarah ke gawang, tapi Teja masih bisa menghalau bola. Selain Teja yang main cemerlang, Victor Igbonefo juga tampil dengan baik dengan halauannya terhadap bola yang hendak masuk ke gawang. 

Di menit 61, PERSIB kembali melakukan pergantian. Lini tengah mendapat tenaga segar dengan masuknya Robi Darwis yang diinstruksikan pelatih Luis Milla untuk menggantikan Dedi Kusnandar. Pemain yang terakhir turun di laga kontra Borneo FC, 7 Agustus lalu itu akhirnya langsung menjawab kepercayaan dengan menginsipirasi gol balasan PERSIB.

Tepat tiga menit ia masuk, Robi melepaskan umpan tarik dari dalam kotak penalti. Bola kiriman Robi coba dihalau pemain lawan, namun tak sempurna dan dimanfaatkan oleh Ciro Alves hingga berujung gol untuk Pangeran Biru. Kedudukan kembali imbang PERSIB 1-1 Persebaya. 

Baca juga: Siraman Kaesang Pangarep Menggunakan 7 Sumber Mata Air, Inilah Asalnya

Pangeran Biru akhirnya mampu membalikkan keadaan tepatnya pada menit ke-75. Kesalahan dalam antisipasi dari pemain Persebaya Riswan, disambar oleh David Da Silva dan melewati penjagaan Ernando. Sontekannya telah melewati garis gawang sesaat sebelum dihalau oleh bek Bajul Ijo, Leo Lelis. PERSIB unggul 2-1 atas Persebaya untuk sementara.

Di menit-menit akhir pertandingan, PERSIB masih mendapat ancaman. Namun, kesigapan para pemain, khususnya penyelamatan dari Zalnando masih bisa menggagalkan upaya Ahmad Nufiandani untuk mencetak gol. Pertandingan berakhir, PERSIB unggul 2-1. 

Dengan hasil ini, Pangeran Biru pun mendapat tambahan tiga poin menjadi 22 dan naik satu peringkat ke posisi ketujuh klasemen sementara Liga 1. Skuad Pangeran Biru terpaut enam poin dari PSM Makassar yang berada di posisi puncak. 

Daftar susunan pemain PERSIB kontra Persebaya: 
Teja Paku Alam (GK), Nick Kuipers (46), Achmad Jufriyanto (c), Victor Igbonefo, Zalnando, Frets Butuan (46), Daisuke Sato (46), Dedi Kusnandar (61), Febri Hariyadi, Ciro Alves (81), David da Silva. 
Cadangan: Reky Rahayu (GK), Kakang Rudianto, Henhen Herdiana (46), Robi Darwis (61), Abdul Aziz (46), Beckham Putra Nugraha (46), Erwin Ramdani, Ferdiansyah, Arsan Makarin, Ezra Walian (81). *** 

Baca juga: Begini Cara Milla Siasati Jadwal Pertandingan yang Padat

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait