Shalat Tarawih Super Cepat di Ponpes Al-Quraniyah Indramayu 23 Rakaat Hanya 6 Menit

Hiburan —Rabu, 14 Apr 2021 10:01
    Bagikan  
 Shalat Tarawih Super Cepat di Ponpes Al-Quraniyah Indramayu 23 Rakaat Hanya 6 Menit
Suarabaru

POSTPANGANDARAN, INDRAMAYU.

Pondok Pesantren Al-Quraniyah di Desa Dukuhjati, Kecamatan Krangkeng, Indramayu, Jawa Barat, kembali melanjutkan tradisi menggelar shalat Tarawih dalam waktu singkat atau super cepat.

Pengasuh  Pondok Pesantren Al-Quraniyah, Azun Mauzun mengatakan, shalat Tarawih super cepat ini sudah menjadi tradisi rutin. Shalat Tarawih  pada Ramadhan tahun ini merupakan yang ke-15 kali.

Bahkan pada pelaksanaan shalat Tarawih 1442 Hijriyah yang dilaksanakan Selasa (13/04/2021) malam durasi waktunya mengalami kemajuan. Semakin lebih cepat 1 menit dibandingkan dua tahun lalu yang masih 7 menit.

Shalat Tarawih tahun ini dan tahun kemarin waktunya lebih dipersingkat lagi menjadi 6 menit. Shalat Tarawih dilaksanakan 23 rakaat.

Shalat Tarawih dimulai pada pukul 19:15 WIB dan selesai 19:21 WIB. Mengingat gerakan shalat Tarawih ini sangat cepat,  maka yang shalat hanya diikuti para pemuda atau anak laki-laki dan ustad. Sedangkan orang tua,  ibu-ibu dan remaja putri melaksanakan shalat Tarawih terpisah di mushala dan asrama putri.

BACA JUGA:Ramalan Zodiak Hari Ini Rabu 14 April 2021, Pisces Ujian Cinta, Capricon Ingin Fokus


Agar Pemuda Mau ke Masjid

Ujun Mauzun menegaskan, shalat super cepat  ini hanya dilakukan dalam shalat Tarawih saja. Untuk shalat Isya berjamaah,  durasi waktunya berlangsung normal atau seperti biasa.  Dicontohkan shalat Tarawih 2 rakaat sampai salam cukup 33 detik.

“Perinciannya,  takbiratul ikhrom membutuhkan waktu hanya 9 detik, rukuk 1 detik, iktidal 1 detik, sujud 1 detik, duduk di antara dua sujud 1 detik, sujud kedua 1 detik, dan tasyahud akhir 6 detik,” ujarnya.

Azun Mauzun mengatakan, alasan digelarnya shalat Tarawih super cepat ini agar para pemuda mau berangkat  ke masjid  melaksanakan shalat Tarawih. Diakui sebelum muncul ide menggelar shalat Tarawih super cepat ini, banyak anak muda menghabiskan waktunya  nongkrong atau konvoi sepeda motor.

Hal itu menganggu konsentrasi jemaah lainnya yang tengah melaksanakan shalat Tarawih. Di sisi lain, anak-anak muda itu juga minta agar pelaksanaan shalat Tarawih di masjid waktunya dipersingkat. 

Permintaan mereka disetujui. Dan  Azun Mauzun selaku Pengasuh Pondok Pesantren Al-Quraniyah yang juga imam shalat Tarawih super cepat ini mencari solusi. Menggelar shalat Tarawih super cepat. Ia meyakini shalat Tarawih super cepat ini sah. (Yan)

Editor: Rony
    Bagikan  

Berita Terkait