Kebakaran Landa Pasar Sadang Serang Bandung, Penyebabnya Masih Diselediki

Berita —Sabtu, 5 Aug 2023 09:56
    Bagikan  
Kebakaran Landa Pasar Sadang Serang Bandung, Penyebabnya Masih Diselediki
Kebakaran Pasar Sadang Serang Kelurahan Sadang Serang Kecamatan Coblong Kota Bandung, Jumat 4 Agustus. foto: Humas Kota bandung)

POSTPANGANDARAN,-  Pasar Sadang Serang, Coblong, Bandung terbakar pada Jumat 4 Agustus 2023, malam. Penyebabnya masih diselidiki.

Dari pendataan sementara petugas Dinas Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung sebanyak 160 los terbakar.

Cucu, salah seorang warga mengatakan,kebakaran terjadi Jumat sekitar pukul 18.00 WIB, di area bawah pasar.

“Sekitar jam 6 (18.00 wib) lebih lah, di area bawah pasar,” katanya.

Namun, Cucu tidak mengetahui pasti penyebab kebakaran itu.  Cucu hanya kasih penjelasan, mulanya api muncul dalam skala kecil.

“Awalnya mah kecil, tapi jadi besar gini,” ungkapnya.

Fokus Melokalisir

Sementara itu, Komandan Regu Rescue Diskar PB Kota Bandung, Totoy Yuhasmana mengatakan, sejak menerima laporan sekitar pukul 18.23 WIB, petugas langsung fokus menyisir ke pemukiman warga yang dekat Pasar Sadang Serang.

“Kami mendapat laporan sekitar pukul 18.23 WIB dan petugas di lapangan langsung fokus melokalisir di area sisi timur dan barat yang merupakan pemukiman warga,” katanya, Jumat.

Baca juga: Pemdakab Bogor Gerak Cepat Salurkan 10 Ribu Liter Air Bersih kepada Masyarakat

Totoy mengungkap,  sebanyak 18 unit mobil damkar sudah dikerahkan ke lokasi kejadian. Namun ia mengatakan, akses jalan ke lokasi cukup menyulitkan kendaraan pemadam untuk bisa sampai ke lokasi kebakaran.

“Unit yang kami kerahkan total ada 18, disebar 2 unit ke semua arah. Hanya kendalanya, akses menuju ke sini, ketersediaan air dan masyarakat susah diimbau jadi kendala untuk kami mempercepat pemadaman api,” pungkasnya.

Selain itu, Kepala Diskar PB Kota Bandung Gungun Sumaryana mengatakan, api awalnya muncul dari salah satu los. Kemudian, membesar dan membakar los lainnya.

“Keseluruhan los ada 430 (unit). Total los yang terbakar 160 (unit),” katanya, Jumat.

Dijelaskan Gungun, sebelum petugas datang, warga sekitar berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya.

Selain itu, warga juga melaporkan terjadinya musibah itu ke Diskar PB Kota Bandung.

Namun demikian, Gungun bilang belum bisa memastikan penyebab kebakaran. Selain itu, juga belum bisa memperkirakan kerugian dari kejadian ini.

Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol Budi Sartono mengatakan, sejak mendapat informasi kebakaran pihaknya memerintahkan jajaran Satlantas untuk membantu mengamankan jalur kendaraan Pemadam Kebakaran.

“Lalu lintas sudah kita amankan semua, agar pemadam Kebakaran, ambulance bisa masuk untuk memadamkan dan ambulance bisa mengevakuasi jika ada korban,” ujarnya. Jumat. 

Baca juga: Ginting Lewat Ujian Pertama, Australia Open 2023

Editor: Admin s
    Bagikan  

Berita Terkait