DKPP Jabar Alokasikan 55 Ribu Vaksin Rabies

Berita —Jumat, 30 Sep 2022 13:35
    Bagikan  
DKPP Jabar Alokasikan 55 Ribu Vaksin Rabies
DKPP Jabar alokasikan 55 ribu Vaksin Rabies.* (FOTO: Biro Adpim Jabar)


POSTPANGANDARAN (KOTA BANDUNG),- Jabar Kick Out Rabies serentak dilaksanakan di 12 kabupaten/kota guna mencegah penularan penyakit 'anjing gila' kepada manusia.  Gerakan dimulai dengan menyiapkan 55 ribu vaksin Rabies yang akan didistribusikan ke 27 kabupaten/kota. Masyarakat yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing, anjing, monyet, musang, dan hewan peliharaan lain yang berpotensi rabies dapat memperoleh vaksin secara gratis.  

"Untuk pengendalian Rabies pada tahun 2022, maka DKPP Jabar mengalokasikan vaksin Rabies sebanyak 55.000 dosis, yang bersumber dari APBD dan APBN yang kita distribusikan ke 27 kabupaten/kota,” kata drh. Indriantari, Sekretaris Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan (DKPP) Jabar, dalam siaran pers Pemprov Jabar.

Baca juga: Sembilan Daerah Bebas Rabies

Jabar Kick Out Rabies yang dipusatkan di Ciwalk Bandung sendiri selain sosialisasi dan edukasi, juga diisi vaksinasi Rabies gratis bagi hewan peliharaan. Vaksinasi gratis dilakukan pada anjing, kucing, musang, monyet, dan anjing pemburu. 

Selain vaksinasi gratis juga dilakukan pemeriksaan kesehatan hewan, dan sterilisasi pada hewan anjing dan kucing untuk pengendalian populasi.

Kemudian ada juga kegiatan adopsi kucing peliharaan yang sebelumnya sudah dikarantina di Rumah Sakit Hewan Jabar di Cikole, Lembang Kabupaten Bandung Barat, dan pelepasliaran monyet ekor panjang secara simbolis ke habitatnya.

Selain Wakil Gubernur, hadir dalam Jabar Kick Out Rabies Wakil Bupati Bandung Syahrul Gunawan, yang disambut antusias para pencinta hewan peliharaan.* (TISHA S KANILAH)

Baca juga: Jabar Canangkan Kick Out Rabies


Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait