Jenis dan Simulasi Perhitungan Premi Asuransi Mobil yang Perlu Anda Ketahui

Berita —Kamis, 11 Aug 2022 18:49
    Bagikan  
Jenis dan Simulasi Perhitungan Premi Asuransi Mobil yang Perlu Anda Ketahui
Ilustrasi

POSTPANGANDARAN,- Asuransi menjadi salah satu pondasi dalam perencanaan keuangan yang baik, sehingga bisa melindungi Anda dari berbagai kerugian seperti biaya yang cukup tinggi yang terjadi akibat hal-hal tidak terduga seperti kecelakaan, bencana alam, masalah kesehatan, dan risiko merugikan lainnya.

Untuk itu, Anda perlu membeli polis asuransi di perusahaan asuransi terbaik. Perusahaan asuransi itu biasanya menyediakan beberapa jenis asuransi online yang bisa Anda pilih, mulai dari asuransi mobil online, asuransi kesehatan online, dan asuransi jiwa online terbaik.

Buat Anda yang ingin membeli produk proteksi kendaraan, maka sebaiknya ketahui terlebih dahulu informasi lengkap mengenai asuransi mobil dan simulasinya.

Jenis Asuransi

Perusahaan asuransi adalah perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan dengan menyediakan jasa asuransi.

Perusahaan asuransi yang bertindak sebagai pengelola dana premi dan penanggung risiko ini akan mengcover sesuai dengan jenis asuransi yang dipilih.

Berikut ini adalah jenis-jenis asuransi yang umum dimiliki masyarakat:

Asuransi Mobil

Asuransi mobil melindungi Anda dari kerugian akibat terjadinya kerusakan pada mobil, baik kerusakan kecil seperti lecet-lecet ataupun kerusakan parah, bahkan hingga kehilangan mobil.

Jadi Anda tidak perlu lagi khawatir dengan penggantian kerusakan yang dialami mobil akibat dari kecelakaan lalu lintas, kebakaran, kerusuhan, banjir, tanah longsor dan bencana alam lainnya.

Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan menjamin Anda untuk bebas berobat dan mendapatkan perlindungan kesehatan serta pertanggungan biaya medis untuk Anda sendiri dan juga keluarga. Anda hanya perlu fokus dan menenangkan pikiran agar bisa sehat kembali.

 

Baca juga: Tuntutan Terealisasi, Rene Mundur

Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa melindungi keluarga Anda dari beban finansial jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dan tidak dapat diprediksi yang berkaitan dengan jiwa seseorang.

Penggantian kerugian dari asuransi jiwa ini berupa santunan tunai kepada ahli waris apabila tertanggung mengalami risiko cacat dan meninggal dunia.

Asuransi jiwa penting sekali untuk dimiliki oleh tulang punggung keluarga karena santunan tersebut sangat berguna untuk membiayai hidup keluarga yang ditinggalkan.

Sebagai calon nasabah, Anda perlu membeli polis dari perusahaan asuransi, polis ini merupakan kontrak yang terikat secara hukum, isinya terdiri dari hak, kewajiban, serta tanggung jawab Anda dan perusahaan asuransi yang mengelolanya.

Setelah itu, Anda perlu membayar premi atau sejumlah dana yang sudah disepakati ke perusahaan asuransi, nantinya pihak perusahaan yang akan mengelola dana tersebut, dan memberikan penggantian kerugian jika Anda mengajukan klaim asuransi saat mengalami kejadian tidak terduga yang tercatat pada polis.

Jenis-Jenis Asuransi Mobil

Sebagai pemilik kendaraan terutama mobil, tentunya Anda juga dihadapkan dengan berbagai risiko yang bisa terjadi serta biaya perbaikan mobil yang cukup tinggi, bahkan bisa mencapai Rp10 juta.

Maka dari itu, sangat penting untuk memiliki asuransi mobil yang terdiri dari dua jenis, yaitu asuransi All Risk (Comprehensive) dan asuransi Total Loss Only (TLO).

Kedua jenis asuransi mobil ini memiliki perbedaan yang cukup banyak, mulai dari manfaat pertanggungan, usia kendaraan, hingga besaran premi yang perlu dibayarkan setiap bulan.

Baca juga: Kembalikan Kondisi Lingkungan, Tanam Mangrove di Sepanjang Pantai Utara

Asuransi All Risk

Asuransi All Risk (Comprehensive) memiliki manfaat pertanggungan meskipun mobil hanya mengalami kerusakan kecil seperti penyok dan lecet, serta kerusakan besar bahkan kehilangan mobil.

Asuransi Total Loss Only

Sedangkan asuransi Total Loss Only (TLO) manfaat pertanggungannya hanya bisa diklaim jika mobil mengalami kerugian lebih dari 75% harga mobil.

 Perbedaan juga terjadi pada besarnya premi yang perlu dibayarkan, dengan manfaat pertanggungan yang tidak terlalu luas, asuransi mobil TLO memiliki premi yang lebih murah jika dibandingkan dengan asuransi mobil All Risk.

Simulasi Perhitungan Premi Asuransi Mobil

Untuk lebih jelasnya, berikut ini simulasi untuk menghitung biaya premi dari asuransi mobil TLO dan asuransi mobil All Risk sebagai gambaran agar Anda lebih paham.

Misalnya, mobil Toyota Avanza Veloz 2020 berpelat B dengan harga jual mobil bekas sebesar Rp230.000.000.

1. Perhitungan biaya premi asuransi TLO

 Rate premi untuk asuransi TLO untuk kategori 3 dan wilayah 2 adalah 0,38%-0,42%. Sehingga harga premi per tahunnya yang perlu dibayarkan sebesar 0,38% x Rp230.000.000 = Rp874.000 (batas bawah), dan 0,42% x Rp230.000.000 = Rp966.000 (batas atas)

2. Perhitungan biaya premi asuransi All Risk

Sedangkan rate premi untuk asuransi All Risk untuk kategori 3 dan wilayah 2 adalah 2,08%-2,29%. Sehingga harga premi per tahunnya yang perlu dibayarkan sebesar 2,08% x Rp230.000.000 = Rp4.784.000 (batas bawah), dan 2,29% x Rp230.000.000 = Rp5.267.000 (batas atas)

Itulah simulasi perhitungan premi dari asuransi mobil baik yang TLO ataupun All Risk. Perlu diingat, bahwa persentase besarnya premi ini bergantung pada kategori atau jenis kendaraannya dan berdasarkan wilayah mobil tersebut.

 

Baca juga: Makin Cantik, Wajah Baru Situ Rawa Kalong

Editor: Zizi
    Bagikan  

Berita Terkait