Manfaat Asuransi Perjalanan hingga Jenis-Jenis Asuransi Jiwa

Pendidikan —Senin, 13 Jun 2022 16:07
    Bagikan  
Manfaat Asuransi Perjalanan hingga Jenis-Jenis Asuransi Jiwa
Manfaat Asuransi Perjalanan hingga Jenis-Jenis Asuransi Jiwa * ( foto : Lifepal)


POSTPANGANDARAN,- Pada umumnya masyarakat lebih familiar dengan asuransi yang berhubungan dengan kesehatan dan pendidikan. Padahal, asuransi juga mencakup hal lain, misalnya asuransi perjalanan dan asuransi jiwa.

Asuransi perjalanan untuk yang akan melakukan perjalanan jauh, baik di luar kota hingga luar negeri. Salah satu alasannya karena ada banyak manfaat asuransi perjalanan yang bisa kita peroleh.

Apa itu asuransi perjalanan?

Sebelum melangkah ke Asuransi Jiwa Pacific Life Insurance, sebaiknya memahami pengertian dari asuransi perjalanan. Asuransi perjalanan adalah satu dari berbagai jenis asuransi yang menyediakan perlindungan atau proteksi terhadap seseorang selama berada dalam perjalanan. Jadi, asuransi ini tepat untuk yang sering berpergian jauh dengan menggunakan pesawat, baik bisnis maupun liburan.

Manfaat asuransi perjalanan

Berikut ini manfaat yang bisa kita dapatkan ketika memutuskan untuk menggunakan asuransi perjalanan, yaitu:

1.    Kompensasi atas keterlambatan dan pembatalan perjalanan

Ketika bepergian menggunakan transportasi umum, maka penundaan atau pembatalan keberangkatan bisa terjadi kapan saja. Hal ini tentu saja merugikan sebagai pengguna jasa biro perjalanan. Dengan memiliki asuransi perjalanan, maka kita bisa mendapatkan kompensasi dari pihak asuransi.  Bentuk kompensasi yang diberikan tidaklah sama, tergantung peraturan dari perusahaan asuransi itu sendiri. Jadi, jangan ragu untuk mengajukan klaim apabila mengalami kerugian lainnya.

2.    Menanggung biaya perawatan medis

Banyak hal tidak terduga bisa saja terjadi selama perjalanan, misalnya tiba-tiba terkena penyakit hingga kecelakaan. Pada kondisi seperti inilah keberadaan asuransi perjalanan sangat dibutuhkan, yakni untuk mengklaim biaya perawatan medis.

3.    Ganti rugi atas kerusakan atau kehilangan bagasi

Masalah ini cukup sering terjadi, seperti koper atau tas rusak bahkan sampai hilang.  Secara tidak langsung hal tersebut akan membuat momen perjalanan tidak lagi menyenangkan. Lain halnya jika memiliki asuransi perjalanan, maka bisa mengajukan klaim untuk mendapatkan kompensasinya.

4.    Sumbangan atas kematian

Adapun risiko lain saat berada dalam perjalanan adalah kematian.  Saat seorang nasabah meninggal dalam perjalanan, maka asuransi perjalanan akan memberikan pertanggungan asuransi atau kompensasi untuk keluarga yang ditinggalkan. Selain itu, asuransi ini juga akan membantu biaya pertanggungan kepada nasabah yang mengalami cacat karena kecelakaan dalam perjalanan.

5.    Menanggung kerugian karena terorisme dan bencana alam

Di samping kematian, bencana alam juga menjadi risiko tidak terduga yang bisa terjadi kapan dan dimana saja. Biasanya, pertanggungan yang diberikan dalam bentuk finansial. Bentuk pertanggungan tersebut tidak hanya terbatas pada bencana alam, tapi juga terorisme.

6.    Cakupannya lebih luas

Cakupan asuransi perjalanan tidak berbatas perjalanan dalam negeri saja, melainkan juga luar negeri. Ada fasilitas asuransi perjalanan yang mencakup dua premi, perjalanan domestik dan luar negeri. Jika rutin bepergian dalam dan luar negeri bisa menggunakan layanan tersebut.

Baca juga: Penuh Haru, Warga Padati Area Pemakaman Eril


Pengertian asuransi jiwa

Asuransi jiwa merupakan layanan asuransi untuk proteksi terhadap kerugian finansial atau hilangnya pendapatan seseorang atau keluarga.  Karena kematian anggota keluarganya (tertanggung) yang sebelumnya adalah tulang punggung keluarga tersebut.

Jenis-jenis asuransi jiwa

Di bawah ini adalah jenis-jenis dari asuransi jiwa yang perlu Anda ketahui, diantaranya yaitu:

Term life (asuransi jiwa berjangka)

Menjadi bentuk dasar dari asuransi jiwa. Proteksi yang diberikan diatur sesuai dengan jangka waktu yang diinginkan.  Mulai dari 5-30 tahun bagi ahli waris untuk mendapatkan uang pertanggungan saat nasabah telah meninggal. Asuransi jiwa berjangka yang sebaiknya Anda pilih adalah yang menawarkan pertanggungan luas dengan premi yang kompetitif. Tidak hanya uang pertanggungan, asuransi jiwa jenis ini juga memiliki tambahan pertanggungan, seperti pembebasan premi, santunan cacat kredit, dan pertanggungan kredit. Agar bisa memperolehnya, cukup membeli rider dengan tambahan biaya premi.

Whole life (asuransi jiwa seumur hidup)

Asuransi seumur hidup menawarkan perlindungan maksimal sepanjang usia nasabah dengan batas usia tertinggi 100 tahun.  Secara umum, polis ini memberikan janji pengembalian premi di masa akhir asuransi.  Atau dengan kata lain meskipun usia nasabah melebihi 100 tahun, maka premi tidak akan hangus semua. Selain itu, jenis asuransi ini juga didampingi dengan dana pensiun.*

Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait