Wisata Goa Lalay Sarangnya Kelelawadi di Pelabuhan Ratu

Wisata —Rabu, 1 Dec 2021 10:12
    Bagikan  
Wisata Goa Lalay Sarangnya Kelelawadi di Pelabuhan Ratu
Wisata Goa Lalay Sarangnya Kelelawadi di Pelabuhan Ratu / pinterest

POSTPANGANDARAN Pelabuhan ratu terkenal dengan pantainya yang mempesona dan ekostis, di balik keindahan pantai Pelabuhan Ratu, banyak tempat-tempat tersembunyi yang tak kalah keren dan menakjubkan

Slaah satunya adalah Goa Lalay, Lalay dalam Bahasa sunda berarti kelelawar, Goa lalar merupakan tempat kelelawar bersemayam dan tinggal.
Konon kelelawar-kelelawar ini terbang menuju Banten, Bogor, Bandung atau tempat lainya, mereka biasa bergerombol menjelang magrib setelah pukul 17.00 WIB.

Goa Lalay memiliki pemandangan yang keren menakjubakan dan ekostis, kamu bisa menikmati keindahan arsitektur goa dan mengabadikanya dengan kamera.

Sebuah kunjungan ilmiah pernah dilakukan di lokasi gua ini, tepatnya 7 November 1937, oleh seorang ilmuwan Belanda. Sedangkan foto Gua Lalay pertama kali dipublikasikan tahun 1938 dalam sebuah jurnal de Tropische Natuur.

Ketika itu, Palabuhanratu lebih dikenal dengan Wijnkoopsbaai dan dalam kunjungan ilmiah waktu itu lebih banyak mengupas tentang vegetasi di sekitar kawasan tersebut.

Baca juga: Ramalan Zodiak Besok Rabu 1 Desember 2021, Taurus Ingin Menyendiri, Leo Memperburuk Keadaan


Kedalaman goa ini diperkirakan sekitar 10 km hingga 15 Km akan tetapi penjelajahan untuk menyusurinya sekitar 100 hingga 250 metr saja. Karena didalam goa yang berair masih belum bisa di pastikan seberapa dalamnya.

Yang menariknya air yang berada di goa ini adalah air dari sumber mata air purba dan telah menghasilkan stalaktit dan stalagmite di dalam goa.

Karena jaraknya yang dekat dengan bibir pantaia pelabuhan ratu seusai menyusuri goa Lalay, melihat keindahan sunset pantai pelabuhan ratu menjadi sebuah bonus yang tak akan kalian temu di goa-goa manapun.

Lokasi Goa Lalay berapa di Jalan Pelita, Cipatguran, Citarik Pelabuhan Ratu- Sukabumi. Kamu hanya dikebakan biaya parkir saja tanpa membayar tiket masuk. - RS

Baca juga: Mengulik Ronggeng Gunung Tarian Khas Pangandaran

Baca juga: The Beauty of Muaragetah Beach Tourism, Pangandaran


Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait