7 Menu Sedap Hidangan Khas Lebaran Idhul Adha

Kuliner —Rabu, 21 Jul 2021 14:31
    Bagikan  
7 Menu Sedap Hidangan Khas Lebaran Idhul Adha
7 Menu Sedap Hidangan Khas Lebaran Idhul Adha /pinterest

PANGANDARAN, DEPOSTPANGANDARAN

Dalam menyambut perayaan hari raya idul adha, biasanya masyarakat mencari referensi sajian yang tepat buat disajikan ke keluarga. Sajian tersebut haruslah enak, meskipun mayoritasnya berbahan dasar daging. Adapun sebagai rekomendasi, 7 makanan khas ini mesti dicoba selama lebaran haji :

Baca juga: Ikatan Cinta Malam Ini, Andin Buat Katrin Panas, Elsa Coba Bunuh Sumarno

Baca juga: AC Milan Pinjam Brahim Diaz dari Real Madrid untuk Dua Musim ke Depan


  1. Sate

Sate adalah makanan paling identik dengan perayaan idul adha. Biasanya terbuat dari daging ayam, sapi, dan domba. Umumnya hanya dibalur dengan bumbu kacang. Buat pendamping biasanya disajikan pula lontong.

Bagi sebagian orang, sate biasa dengan bumbu kacang itu terasa kurang enak, karena bosan. Maka dari itu, kamu bisa mengimprovisasinya. Dengan cara meracik bumbu sendiri supaya lebih mantap. Bisa juga menambahkan bahan tambahan lain.

Baca juga: Ramalan Zodiak Besoak Kamis 22 Juli 2021, Taurus dan Sagitarius Manja, Leo Ada Pertemuan

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Rabu 21 Juli 2021, Pisces Kecewa Capricorn Butuh Seseroang

  1. Gulai

Gulai berasal dari Sumatera. Makanan ini merupakan persilangan antara hidangan India dan bumbu kari. Oleh karena itu untuk membuatnya butuh bahan-bahan penuh rempah. Karena kaya rempah, harum makanan ini enak sekali.

Gulai biasanya terbagi menjadi 3 jenis, dibedakan dari bahan dasarnya. Kalau bahan baku pakai ayam, maka disebut sebagai gulai ayam. Kemudian kalau yang dipakai adalah daging kambing, dikenal dengan gulai kambing. Begitu pun yang lain.

Baca juga: Ramalan Zodiak Besoak Kamis 22 Juli 2021, Taurus dan Sagitarius Manja, Leo Ada Pertemuan

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Rabu 21 Juli 2021, Pisces Kecewa Capricorn Butuh Seseroang

  1. Rendang

Rendang dapat menjadi inspirasi hidangan ketika menjamu keluarga sewaktu perayaan idul adha tiba. Makanan ini memiliki citra rasa yang khas, sehingga semua orang menyukainya. Juga dari segi tekstur, rendang relatif lembut. Akibatnya orang dari berbagai usia boleh memakannya.

Rendang sendiri proses pembuatannya agak sedikit ribet. Daging mesti dibersihkan terlebih dulu, lalu bumbu-bumbu dihaluskan. Setelahnya tumis bumbu dan tambahkan sedikit santan. Masukan pula daging dan bekap sampai lama. Semua proses tersebut memakan waktu sampai 6 jam berturut-turut.

  1. Sop kambing

Sop kambing asalnya dari Malaysia. Meski demikian, makanan ini berkembang di Indonesia. Itu berkat rasanya yang luar biasa nikmat, dan membuat orang ketagihan. Walau ternyata bau daging kambingnya belum lepas secara sempurna.

Namun sampai sekarang, sudah banyak penjual yang berhasil menghilangkan bau pekat daging kambing. Entah itu dengan membekap daging bersama daun nangka. Ada juga yang menggunakan racikan tertentu yang merupakan warisan dari nenek moyang.

Baca juga: Ikatan Cinta Malam Ini, Andin Buat Katrin Panas, Elsa Coba Bunuh Sumarno

Baca juga: AC Milan Pinjam Brahim Diaz dari Real Madrid untuk Dua Musim ke Depan

  1. Kerupuk kulit

Hidangan berikutnya adalah kerupuk kulit. Makanan satu ini agar sempurna, diproses menggunakan alat-alat khas pabrik semisal wajan, mesin penekan dan mesin pengaduk. Namun dalam skala kecil pun tetap dapat dilakukan, tinggal lihat saja di internet.

Adapun kerupuk kulit dikonsumsi sebagai makanan pendamping nasi, mie dan lain-lain. Tentu saja akan menambah citra rasa dari hidangan utama yang disajikan oleh tuan rumah terhadap para tamunya. Apalagi jika rasa kerupuk kulit agak pedas.

  1. Semur ayam

Semur merupakan hidangan yang terbuat dari daging ayam atau sapi. Makanan ini telah ada sejak dulu, bahkan ketika zaman Kutai. Dikatakan bahwa salah satu prasasti memuat kata “Granan, Hadanan prana wedhus” yang artinya dipersembahkan sayur kerbau, dan kambing. Ahli sejarah belum memastikan yang dimaksud sayur kerbau itu semur, tapi kemungkinannya iya.

Baca juga: Ikatan Cinta Malam Ini, Andin Buat Katrin Panas, Elsa Coba Bunuh Sumarno

Baca juga: AC Milan Pinjam Brahim Diaz dari Real Madrid untuk Dua Musim ke Depan

  1. Opor ayam

Di setiap hari raya umat islam, opor dan ketupat adalah dua hal yang wajib tersedia pada meja makan. Itu merupakan tradisi yang tetap dijalankan oleh umat muslim, dan telah berjalan sampai berabad-abad lamanya.

Adapun tradisi ini bermula pada abad 15-16 masehi. Dahulu di pulau Jawa sedang gencar-gencarnya islamisasi penduduk. Sunan kalijaga sebagai salah seorang tokoh, mencoba menyiarkan syiar islam lewat simbol kebudayaan. Kemudian dia pun mengambil ketupat dan opor sebagai cara untuk menanamkan nilai keislaman.


Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait