Italia Sukses Masuk Final Euro 2020, Setelah Menang Adu Finalti dengan Spanyol

Sepak Bola —Rabu, 7 Jul 2021 10:24
    Bagikan  
Italia Sukses Masuk Final Euro 2020, Setelah Menang Adu Finalti dengan Spanyol
Italia Sukses Masuk Final Euro 2020, Setelah Menang Adu Finalti dengan Spanyol. twitter

WEMBLEY, DEPOSTPANGANDARAN

Kiper Gianluigi Donnarumma menjadi pahlawan Italia setelah mengantarkan Italia ke final Euro 2020 dengan mementahkan tendangan pemain Spanyol Alvaro Morata dalam adu penalti, padahal Morata juga yang memaksa laga dilanjutkan ke adu penalti setelah menyamakan 1-1 dari gol Federico Chiesa pada babak kedua pertandingan semifinal Euro 2020 di Stadion Wembley, Rabu dini hari WIB.

Empat penendang Italia berhasil menjalankan tugasnya dalam drama adu penalti ini, sedangkan hanya dua dari empat penendang Spanyol yang berhasil. Penendang terakhir Spanyol sudah tidak diperlukan lagi karena sudah tidak menentukan. Posisi akhir adu penalti adalah 4-2 untuk Italia.

Baca juga: Ramalan Zodiak Besok Kamis 8 Juli 2021, Virgo Terlanjur Basah, Leo Mudah Memaafkan

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Rabu 7 Juli 2021, Capricorn Dapat Kejutan, Pisces Buktikan Cinta

Keempat penendang Italia yang berhasil adalah Andrea Belotti, Leonardo Bonucci, Federico Bernardeschi dan Jorginho, sedangkan penendang pertama mereka Manuel Locatelli gagal karena diselamatkan oleh kiper Spanyol Unai Simon.

Sebaliknya Spanyol hanya berhasil dari dua penendang, yakni Gerard Moreno dan Thiago Alcantara, sedangkan Dani Olmo melebar dia atas gawang dan Morata dimentahkan oleh kiper Gianluigi Donnarumma. Ini pertama kalinya Spanyol gagal memenangkan semifinal Euro dari lima babak semifinal yang telah mereka jalani. Tiga di antaranya berakhir dengan status juara Eropa.

Adu penalti ditempuh setelah kedudukan 1-1 menyusul gol Alvaro Morata menggagalkan keunggulan Italia dari gol Federico Chiesa pada babak kedua yang bertahan sampai 120 menit laga semifinal Euro 2020 ini.

Baca juga: Hasil Uji Coba Persib, Seri dengan Persikabo dan Pernah Menang 26-0 Atas Sebuah Tim dari Majalengka

Baca juga: 2PM Comback! Berikut Lirik Lagu dan Terjemahan Make It!

Spanyol menekan dan menyerang secara bergelombang tetapi hanya sedikit peluang, termasuk pada menit ke-25 kiper Gianluigi Donnarumma membuat penyelamatan gemilang ketika mementahkan tendangan striker Spanyol Dani Olmo. Delapan menit kemudian Olmo kembali menembus pertahanan Italia untuk menyambut bola kirim Koke tetapi tendangan kaki kanannya melebar di atas gawang Donnarumma.

Italia baru bisa menciptakan peluang gol pertamanya pada menit ke-45 yang juga menjadi peluang terbaik pada babak pertama ini, ketika tendangan beki kiri Emerson Palmeiri membentur tiang gawang Spanyol.

Baca juga: Kisah Mongol Stress, Terjebak dalam Sekte Pemuja Setan dan Ritual Seks

Baca juga: Resep Makanan, Cara Membuat Pizza Roti Tawar Enak Tanpa Ribet

Babak kedua pertandingan lebih sengit lagi. Kedua tim berbalas mengancam pada menit-menit pertama babak kedua. Ciro Immobile membuang peluang gol ketika tinggal menghadapi Unai Simon pada menit ke-49, sebaliknya Sergio Busquets hampir memecah kebuntuan ketika menanduk umpan Mikel Oyarzabal. Dalam jangka lima menit kemudian, baik Donnarumma maupun Simon melakukan penyelamatan masing-masing dari Federico Chiesa dan Oyarzabal.

Baru pada menit ke-60 Italia memecah kebuntuan dari serangan balik ketika Federico Chiesa mengakhiri manuver empat pemain yang diawali sodoran bola dari tangan kiper Gianlugi Donnarumma kepada Marco Verratti yang sambil berlari menerima dan membawanya ke jantung pertahanan Spanyol.

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Rabu 7 Juli 2021, Capricorn Dapat Kejutan, Pisces Buktikan Cinta

Baca juga: Hasil Uji Coba Persib, Seri dengan Persikabo dan Pernah Menang 26-0 Atas Sebuah Tim dari Majalengka

Chiesa mengakhiri gebrakan yang hanya terjadi beberapa detik setelah gawang Italia nyaris dibobol Spanyol itu dengan melepaskan tendangan melengkung melewati hadangan dua bek Spanyol ke arah sudut jauh gawang Spanyol dari sektor kiri lapangan yang gagal dihalau kiper Unai Simon.

21 menit kemudian pada menit ke-80 Spanyol menyamakan kedudukan ketika pemain pengganti Alvaro Morata menjebol gawang Donnarumma dari luar kotak penalti Azzurri menyusul assist dari Dani Olmo. Gol ini terjadi hanya beberapa detik setelah Domenico Berardi hampir merobek lagi gawang Spanyol yang kali ini Unai Simon sigap menangkap bola.

Skor 1-1 tak berubah sekalipun Spanyol tak berhenti menggempur pertahanan Italia yang bersinar oleh padunya Giovanni Di Lorenzo, Leonardo Bonucci dan Giorgio Chiellini di jantung pertahanan Azzurri. Situasi ini membuat laga dilanjutkan ke babak tambahan 2×15 menit dan selama babak ini pun skor 1-1 tak berubah sehingga laga dilanjutkan ke adu penalti. //sumber suarabaru.id

Baca juga: Ramalan Zodiak Besok Kamis 8 Juli 2021, Virgo Terlanjur Basah, Leo Mudah Memaafkan

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Rabu 7 Juli 2021, Capricorn Dapat Kejutan, Pisces Buktikan Cinta


Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait