Resep Masakan, Cara Membuat Pepes Ikan Kerapu Pedas Bikin Susah Move On

Kuliner —Senin, 14 Jun 2021 11:57
    Bagikan  
Resep Masakan, Cara Membuat Pepes Ikan Kerapu Pedas Bikin Susah Move On
Resep Masakan, Cara Membuat Pepes Ikan Kerapu Pedas Bikin Susah Move On/pinterest

 PANGANDARAN, DEPOSTPANGANDARAN

Ikan kerapu merupakan salah satu ikan yang mengeluarkan cairan berlendir yang licin. Cairan tersebut membuat proses membersihkan ikan menjadi agak sulit. Selain licin, ikan kerapu juga memiliki sirip yang agak tajam sehingga bisa membuat tangan terluka.

Baca juga: 5 Hotel Unik Paling Keren di Indonesia, yang Wajib Kamu Coba!

Baca juga: Tersandung Kasus Narkoba, Anji Ditangkap di Studio


Menurut Hendra, salah satu cara terbaik untuk mengolah kerapu adalah mengolahnya dengan cara sederhana yaitu dikukus atau di-steam. Menurutnya, ikan kerapu sudah memiliki rasa yang cukup kaya dan khas sehingga tidak diperlukan banyak bumbu untuk membuatnya jadi enak.

Salah satu santapan ikan kerapu yang sangat mengguagh selera adalah kamu bisa mengubahnya menjadi ikan pepes.

Berikut ini cara membuat ikan kerapuh gurih pedas yang bikin kamu ketagihan

Baca juga: 5 Hotel Unik Paling Keren di Indonesia, yang Wajib Kamu Coba!

Baca juga: Tersandung Kasus Narkoba, Anji Ditangkap di Studio

Bahan utama Pepes ikan kerapu yaitu:

Ikan kerapu (optional).

Olive oil (options).

Daun kemangi.

1 batang serai.

4 buah cengek merah / cabai merah.

5 batang daun bawang.

l Aluminium foil / Daun pisang.

Gula

Garam.

2 biji Kemiri.

3 siung bawang putih.

7 siung bawang merah.

1/2 ruas kecil jahe.

Kunyit

Baca juga: Tersandung Kasus Narkoba, Anji Ditangkap di Studio

Baca juga: Belanda Petik Kemenangan dari Ukraina, dengan Drama 5 Gol

Cara Membuat

Siapkan semua bahan, lalu cuci ikan di bawah air mengalir bersihkan dari sisik nya dan dalemnya, jika sudah taburi garam kanan dan kiri nya sedikit asal saja lalu tutup dan simpan di kulkas.

Lalu kupas bawang merah, bawang putih, jahe lalu cuci dan sisihkan,,lalu bersihkan daun bawang,cengek,serai,daun kemangi (pisahkan dari batang nya) cuci semua nya,,lalu potong2 Panjang kecuali cengek jangan di potong dan memarkan serai..dan sisihkan.

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Senin 14 Juni 2021, Sagitarius dan Leo Suasana Baru, Aries Ada Godaan

Baca juga: Tampil Agresif, Inggris Tumbangkan Kroasia Pada Laga Grup D EURO 2020, Ini Skornya

Siapkan blender / cobek lalu haluskan bawang merah dan bawang putih,kemiri,jahe,tambahkan 1/2 sdt kunyit bubuk / 1 ruas sedang fresh kunyit, tambahkan sediki air lalu blender sampai halus dan sisihkan.

Siapkan wajan kecil dan panaskan,tambahkan 5 sdm minyak goreng jika sudah panas masukkan bumbu halus dan tumis sampai harum dan benar-benar matang,,setelah air surut,,lalu tambahkan lagi sedikit air dan 1/2 sdt full garam (harus agak asin ya) ,  1/2 sdt gula putih (kalau kalian suka pakai sasa boleh tambahkan sdikittt aja ya) dan biarkan lagi hingga matang lalu cicipi,dan biarkan hingga warna berubah kuning kecoklatan sampai menjadi minyak lagi.

jika sudah matang lalu angkat dan sisihkan biarkan hingga agak dingin dulu (jika ikannya banyak,,maka bumbu harus lebih banyak lagi ya dan menumis nya juga pakai wajan yang besar atau sedang,dan biarkan agak dingin lalu masukkan ikan ke dalam wajan dan aduk-aduk  rata sebelum di tata,

Baca juga: Ramalan Zodiak Besok Selasa 15 Juni 2021, Leo dan Pisces Galau, Virgo Kencan Spesial

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Senin 14 Juni 2021, Sagitarius dan Leo Suasana Baru, Aries Ada Godaan

Lalu siapkan wajan besar / panci dan isi air, saringan penyangga lalu didihkan,di samping itu siapkan aluminium foil / daun pisang, loyang,tata sebagian bawang daun, serai, cengek (cabai merah), daun kemangi (jika ada daun salam boleh pakai juga agar harum) lalu keluarkan ikan dari dalam kulkas dan baluti dengan bumbu tumis sampai kedalam perut ikan nya lalu tata di atas aluminium foil dan masukkan lagi daun bawang, daun kemangi,cengek ke dalam perut ikan dan terakhir tambahkan di atasnya).

Baca juga: Ramalan Zodiak Besok Selasa 15 Juni 2021, Leo dan Pisces Galau, Virgo Kencan Spesial

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Senin 14 Juni 2021, Sagitarius dan Leo Suasana Baru, Aries Ada Godaan

Lalu bungkus rapi (gulungkan) simpan di atas Loyang,Jika panci sudah panas dan air nya mendidih lalu masukkan ikan nya dan biarkan masak hingga 1 jam 10 menit (atau jika ingin cepat dan ingin matang dalam 25 sampai 30 menit lalu tidak usah di tutup dan biarkan terbuka saja aluminium foil nya ya) jika memakai aluminium foil kita tidak akan bisa mencium bau sudah matang atau tidak nya jadi waktu Yang dibutuhkan juga agak lama agar matang dengan benar,

Berbeda jika menggunakan daun pisang kita bisa lebih peka terhadap harumnya dan ciri nya jika sudah matang. Setelah matang angkat dan sajikan dalam keadaan masih panas dengan nasi hangat

selamat mencoba.


Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait