5 Tempat Wisata Populer dengan Jejak Legendanya di Indonesia

Wisata —Jumat, 11 Jun 2021 12:14
    Bagikan  
5 Tempat Wisata Populer dengan Jejak Legendanya di Indonesia
5 Tempat Wisata Populer dengan Jejak Legendanya di Indonesia/pinterest

PANGANDARAN, DEPOSTPANGANDARAN

Dari ujung barat hingga ujung timur, Indonesia memiliki banyak sekali kebudaayaan serta tempat-tempat dengan keindahan yang menakjubkan.

Ttempat-tempat tersebut sering dijadikan destinasi wisata bukan hanya wisatawan lokal namun juga manca negera.

Dengan kisah legenda yang terkandung didalamnya wisata tersebut menambah nilai sejarah dan asa-usul asal mula berdirinya tempat tersebut, dari mulai nama hingga keberdaan tempat itu semua memiliki cerita yang mencengangkan.

Baca juga: Draf RKUHP: Bukan Hanya Kumpul Kebo, Dukun, Tukang Gigi, Gelandangan Terancam Pidana

Baca juga: Manchester United Tawar Jadon Sancho Rp1,3M, Ini Tanggapan Borussia Dortmund


Nah berikut ini 5 wisata yang terkenal dengan legendanya di Indonesia.

  1. Tangkuban Perahu

Gunung Tangkuban Perahu menyimpan kisah cinta terlarang antara ibu dan anaknya. Menurut legenda, Gunung Tangkuban Perahu adalah wujud perahu yang ditendang oleh Sangkuriang saat ia gagal memenuhi permintaan Dayang Sumbi.

Tangkuban perahu/pinterest

Dayang Sumbi adalah ibu sekaligus wanita titisan dewi yang hendak dilamar oleh Sangkuriang. Ia jugalah yang memohon pada Sangkuriang untuk dibuatkan perahu dan telaga hanya dalam semalam sebagai ujian atas ketulusan Sangkuriang.

Tangkuban perahu sendiri ada didaerah bandung, Jawa Barat.

  1. Candi Prambanan

Candi prambanan berada di jawa tengah tepatnya di Jogjakarta, Candi yang merupakan candi hindu terbesar di asia tenggara ini memiliki kisah yang pahit dengan kisah asmara, antara Bandung Bondowoso dengan Roro Jonggrang.

Roro Jonggrang yang diniali berlaku curang oleh Bandung mengutuk dirinya menjadi patung bersama candi-candi yang ia buat di tempat tersebut, karena saat Bandung memenuhi permintaanya untuk membuat 1000 candi, Roro Jonggrang menyalan cahaya agar ayam berkokok sehingga mahluk halus yang diperintahkan Bandung pergi hingga usahanya untuk mendapatkan cinta roro Jonggrang gagal.

Baca juga: Manchester United Tawar Jadon Sancho Rp1,3M, Ini Tanggapan Borussia Dortmund

Baca jugaResep Masakan, Cara Membuat Kepiting Saus Lada Hitam Sederhana Tanpa Ribet

  1. Danau Toba

Danau Toba berada di pulau Sumatera memiliki kisah seorang pria yang menemukan ikan di danau tersebut, pria bernama Toba itu menikah dengan siluman ikan dan mendapatkan putra bernama samosir karena suatu hari marah pada anaknya,

Danau Toba/ Pinterest

Toba memukulnya dan mengatakan bahwa Samosir adalah anak ikan, sang perempuan marah dan mencabut tancapan kayu pada tanah hingga kelaurlah air yang menjadikan tempat itu danau, konon pulau yang ada ditengah danau tersebut diberi nama Samosir lantaran tempat berlindungnya Samosir kala itu.

  1. Pantai Air Manis/ Malin Kundang

Siapa yang tak pernah mendengar legenda Malin Kundang, anak laki-laki yang durhaka pada ibunya setelah sukses menjadi juragan kaya dan memiliki istri yang cantik?

Malin dikutuk menjadi sebuah batu oleh sang ibu yang sedih karena tidak diakui oleh anaknya sendiri. Patung Malin Kundang yang bersujud memohon ampun pada ibunya dapat kamu temukan di Pantai Air Manis, Padang Selatan, Sumatera Barat.

  1. Danau Kalimutu

Terkenal dengan sebutan Danau Tiga Warna, Danau Kelimutu menyimpan kisah kelam yang mampu buatmu bergidik ngeri. Pasalnya, perbedaan warna yang dihasilkan di tiga danau kabarnya berasal dari sifat manusia yang terbenam di dalamnya.

Danau Kelimutu terbentuk setelah terjadi pertarungan sengit antara Ata Polo, tukang tenung yang gemar memakan manusia dengan Ata Bupu, tokoh masyarakat yang dikenal baik.

Itulah beberapa tempat wisata yang terkenal dengan kisah legenda yang popular di indonesia/RS

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Jumat 11 Juni 2021, Cancer dan Capricorn Meragu, Leo Ingin Bebas

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Jumat 11 Juni 2021, Cancer dan Capricorn Meragu, Leo Ingin Bebas


Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait