SMK Karya Bakti Gelar Fashion Show Shibori Dalam Rangka Peringati Hari Hutan Sedunia

Pendidikan —Senin, 22 Mar 2021 23:52
    Bagikan  
SMK Karya Bakti Gelar Fashion Show Shibori Dalam Rangka Peringati Hari Hutan Sedunia
Pelajar SMK Karya Bakti Parigi saat memamerkan Kain Batik Shibori dalam acara Fashion Show dalam rangka memperingati Hari Hutan Sedunia (foto: Andriansyah)

POSTPANGANDARAN,PANGANDARAN

Dalam rangka memperingati Hari Hutan Sedunia, pelajar siswa-siswi SMK Bakti Karya Parigi menggelar

menggelar Fashion Show batik shibori yang merupakan hasil karya siswa di sekolah tersebut.

Tema acara SMK Bakti Karya Parigi tersebut adalah "Program Produksi, Pameran, dan Fashion Show Shibori." Uniknya batik shibori ini dibuat dari bahan pewarna alam tumbuh-tumbuhan khas dari Kabupaten Pangandaran.

Pameran dan fashion show batik shibori juga dihadiri Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, anggota DPR RI Komisi XI Agun Gunanjar Sudarsa serta rombongan dari BI dan jajaran lainnya. Selain itu, dihadiri pula Ketua Kadin Pangandaran Yayan Sugiantoro, Ketua Pemuda Pancasila Pangandaran, tokoh seni budaya, dan tokoh lainnya.

Fashion Show Kain Shibori ini ditampilkan oleh siswa Kelas Multikultural SMK Bakti Karya Parigi yang berasal dari Jambi, NTT, Bengkulu, Toraja, Papua, Maluku, Kalimantan dan juga dari Kabupaten Pangandaran.

BACA JUGA :Masyarakat Pangandaran Harus Tangguh Hadapi Bencana Alam

Konseptor kain shibori Nikmatul Hanik mengatakan, pada pameran dan fashion show kain shibori dilakukan oleh pelajar SMK Bakti Karya Kabupaten Pangandaran.

"Harapan kami,pada peringatan hari hutan sedunia jadi sebuah motivasi kita bersama untuk merawat alam," ujarnya.

Kata dia, kain shibori merupakan salah satu produk yang sangat ramah lingkungan dan memanfaatkan potensi yang bersumber dari alam.

"Proses pembuatan kain shibori ini kami praktekan langsung kepada pelajar di SMK Bakti Karya melalui kelas ekologi dan kelas multikultural," katanya.

Sementara itu, Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata sangat mengapresiasi pelajar SMK Bakti Karya Parigi yang melaksanakan acara di alam bebas dalam rangka memperingati Hari Hutan Sedunia.

"Saya bangga dengan hasil karya batik shibori yang dibuat dari bahan-bahan alami dan keragaman hutan yang sudah tidak dimanfaatkan," singkatnya. (dry)

Editor: Admin
    Bagikan  

Berita Terkait