Potensi Kabupaten Pangandaran Untuk Sejajar dengan Bali Sangat Memungkinkan

Wisata —Rabu, 9 Jun 2021 11:57
    Bagikan  
Potensi Kabupaten Pangandaran Untuk Sejajar dengan Bali Sangat Memungkinkan
Potensi Kabupaten Pangandaran Untuk Sejajar dengan Bali Sangat Memungkinkan (foto: Deni Rudini)

PANGANDARAN, DEPOSTPANGANDARAN

Pembangunan yang artistik di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat kini sudah semakin cantik dan membahana pasca tragedi tsunami 2006 silam. Tujuan dari pembangunan tersebut sebagai langkah membuang masa lalu yang kelam menjadi keceriaan.

Salah satu penulis asal Jawa Barat Aan Merdeka Permana dalam pengantar buku cerita berjudul Misteri Pangandaran Jasad tak dikenal di Astana Buda mengungkapkan, bahwa peristiwa kelam tsunami bisa dijadikan salah satu ikon wisata.

"Ladang pembantaian di Vietnam sisa perang Vietnam melawan Amerika saja bisa dijadikan ikon wisata sejarah oleh Vietnam," ujarnya.

Menurut dia, bukan hal yang tidak mungkin jika peristiwa tsunami 2006 silam yang terjadi di Kabupaten Pangandaran menjadi ikon wisata sejarah.

"Kalau saja di tahun 2020 tidak terganggu oleh wabah pandemi Covid-19, Pangandaran akan menjadi objek wisata terbaik di Indonesia sesudah Bali yang banyak dikunjungi turis," katanya.

Kata Aan, jika dulu Kabupaten Pangandaran hanya sebagai sasaran antara tempat berwisata. Namun kini Pangandaran jadi tujuan utama kebutuhan turis.

BACA JUGA: Heboh! Pasangan Digerebek Mesum Di Masjid, Mengaku Sudah Menikah Siri

"Jadi potensi Kabupaten Pangandaran untuk sejajar dengan Bali sangat memungkinkan, kelebihan Bali bisa menyuguhkan nilai kultur budaya dan seni lokal sosial masyarakat," sebutnya optimis.

Selain itu, Aan membandingkan antara cerita rakyat tentang seorang Ratu Kidul yang menjadi daya tarik pengunjung di pantai Pelabuhanratu.

"Cerita tentang Ibu Ratu Kidul atau Nyai Roro Kidul berhasil dikemas oleh pantai Pelabuhanratu karena tokoh tersebut jadi tokoh mistis tingkat dunia," tambahnya.

Pangandaran, menurut Aan, tertinggal satu langkah dalam mengemas cerita untuk memikat daya tarik wisata. Pelabuhanratu punya Samudera Beach Hotel dan disana ada kamar 308 tempat persemayaman Ibu Ratu Kidul.

"Ketika saya tengah berada di hotel itu, kebetulan ada rombongan supranatural internasional yang kantornya di New York, mereka datang untuk melakukan investigasi ritual di kamar 308 tersebut," tuturnya.

Waktu itu, Aan sebagai salah satu narasumber dan bertindak sebagai presentasi sejarah Sunda ditemani oleh peneliti mitos dunia dari Inggris. Dan rombongan itu baru selesai melakukan penelitian tentang keberadaan Ibu Ratu Kidul.

"Peneliti itu membawa infocus yang menjelaskan perjalanan dia menyelam ke dasar laut selatan untuk mencari kerajaan dasar lautan yang dirajai oleh Nyi Roro Kidul, terlepas dari itu, sosok tokoh Nyai Roro Kidul telah menjadi pengetahuan dunia yang pada gilirannya bisa dimanfaatkan untuk kepentingan ikon wisata," tandasnya. (Deni)

BACA JUGA: Pura Luhur Uluwatu, Fenomena Pura Kayangan Objek Wisata di Ujung Barat Daya Pulau Bali

Editor: Riyan
    Bagikan  

Berita Terkait