Pantai Madasari Surga Tersembunyi di Desa Masawah Kabupaten Pangandaran

Wisata —Sabtu, 29 May 2021 12:37
    Bagikan  
Pantai Madasari Surga Tersembunyi di Desa Masawah Kabupaten Pangandaran
Pantai Madasari Surga Tersembunyi di Desa Masawah Kabupaten Pangandaran (foto:masawah.desa.id)

PANGANDARAN, DEPOSTPANGANDARAN

Sebelum memekarkan diri dari Kabupaten Ciamis, Pangandaran dikenal sebagai daerah objek wisata dengan pantainya yang terletak dibeberapa lokasi. Setelah pisah dari Kabupaten Induk yakni Ciamis, Kabupaten Pangandaran terus menerus melakukan pembenahan khususnya di bidang pariwisata.

Objek wisata yang terkenal di Kabupaten Pangandaran yaitu Pantai Pangandaran baik timur maupun barat. Pantai Pangandaran merupakan objek wisata favorit dan bisa dibilang sebagai wisata primadona yang ada di Provinsi Jawa Barat. Selain Pantai Pangandaran, Salah satu destinasi favorit lainnya adalah Green Canyon atau Cukang Taneuh atau dalam bahasa Indonesia berarti Jembatan Tanah. Kedua objek wisata tersebut sudah dikenal oleh wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Selain kedua objek wisata tersebut, Kabupaten Pangandaran masih memiliki objek wisata pantai lainya seperti Pantai Karapyak, Batuhiu dan Pantai Batukaras. Pangandaran juga memiliki objek wisata Pantai yang tersembunyi yaitu Pantai Madasari yang terletak di Desa Masawah, Kecamatan Cimerak atau sekitar 45 kilometer dari Pantai Pangandaran.

Pantai Madasari dapat ditempuh dengan berbagai jenis kendaraan baik minibus, bus besar dan juga sepeda motor dalam kurun waktu sekitar satu jam perjalanan dari Pantai Pangandaran.

Pantai Madasari hingga saat ini masih dikelola oleh Pemerintah Desa Masawah. Pengembangan wisatanya sepenuhnya di pegang oleh Pemerintah Desa Masawah. Pengembangan, penataan, dan pengelolaan wisatanya diatur sesuai Peraturan Desa Masawah tentang Pengembangan Desa Wisata. Desa Wisata adalah wilayah pelestarian alam lingkungan ekosistem serta simpul budaya tradisional masyarakat dengan tidak menghambat perkembangan warganya untuk meningkatkan kesejahteraan hidupnya melalui usaha kepariwisataan.

BACA JUGA: Link Video Bugil Pelajar Tasikmalaya Viral Lewat Aplikasi WhatsApp, Begini Isinya!

PANTAI MADASARI TAWARKAN PESONA ALAM YANG ASRI

Pantai Madasari ini menawarkan pesona alamnya yang masih asri dan belum banyak terjamah. Pantai ini memiliki sejuta pesona yang dapat menarik para wisatawan, baik lokal maupun internasional, dengan keindahan alamnya yang sangat cantik dan menawan. Wisatawan akan disuguhi pemandangan yang memukau dan udara yang masih sangat bersih. Kawasannya masih benar-benar tertata secara alami. Itulah kenapa Pantai Madasari disebut sebagai surga tersembunyi di Desa Masawah,Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran.

Sebagai sebuah pantai yang sudah ditetapkan menjadi kawasan wisata. Pantai Madasari adalah pantai yang menjadi pilihan tepat untuk para wisatawan yang ingin merasakan suasana pantai yang tenang dan nyaman untuk berlibur dan beristirahat sambil menikmati pemandangan yang masih sangat alami. Pantai Madasari memiliki keindahan lautan Samudera Hindia dan bukit-bukit karang yang tersebar di sepanjang pantai. Deburan ombak menjadi sajian alam yang menarik perhatian para wisatawan.

BACA JUGA: Simone Inzaghi Leaving Lazio and Will Train Inter Milan

ADA 11 PULAU KECIL DI PANTAI MADASARI

Pantai ini dikelilingi oleh beberapa pulau kecil yang tersebar di sepanjang Pantai. Pulau-pulau yang menjadi keunikan wisata Pantai Madasari ini terletak beberapa mil dari tepi pantai. Pulau-pulau tersebut menyajikan pemandangan yang luar biasa, memiliki batu-batu karang yang sangat cantik. Batu-batu karang yang menjadi magnet para wisatawan, terutama para pecinta foto untuk menghasilkan gambar-gambar yang bagus. Tempat yang cocok untuk objek fotografi. Apalagi disertai deburan ombak yang menghiasi, langit yang indah, dan alam yang mengagumkan, serta pasir pantai yang bersih, sudah dipastikan akan didapatkan foto yang cantik dan menarik.

Ada 11 pulau-pulau kecil yang tersebar di sepanjang garis Pantai Madasari. Pulau-pulau tersebut mempunyai nama-namanya tersendiri, diantaranya yaitu, Pulau Duduk, Pulau Sodong Gede, Pulau Gedogan, Pulau Karang Seugeuh, Pulau Batuleuit, Pulau Karang Tambaga, Pulau Kalapa Satangkal, Pulau Manggar, Pulau Cangkore, Pulau Bale Kambang, dan Pulau Legok Bancet. Ada satu pulau terkenal yang menjadi daya tarik utama Pantai Madasari. Pulau tersebut bernama Batuleuit. Batuleuit menjadi icon Pantai Madasari. Sebagai Icon yang sudah dikenal oleh banyak wisatawan, Batuleuit menjadi lokasi yang sering dijadikan background untuk swafoto. Bahkan, banyak para pecinta fotografi datang hanya untuk memotret pulau tersebut.

BACA JUGA: 3 Tempat yang Wajib Anda Kunjungi Ketika Berlibur di Pangandaran

AKTIVITAS DI PANTAI MADASARI

Pantai Madasari merupakan salah satu pantai yang dikenal memiliki ombak besar yang cocok untuk wisatawan yang hobi berselancar. Keadaan ombak yang cocok untuk para peselancar tersebut, menjadikan kawasan wisata Pantai Madasari tidak diperuntukkan untuk lokasi tempat berenang. Hal itu disebabkan oleh letak pantai yang berhadapan langsung dengan laut lepas. Sebagai lokasi yang cocok untuk para peselancar, Pantai Madasari sudah sering dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing untuk berselancar. Banyak dari para peselancar asing sengaja datang ke Pantai Madasari untuk menikmati ombak besarnya. Ombak besar tersebut, yang dikenal cukup liar dan tidak beraturan, sangat diminati oleh para peselancar.

Selain, ombaknya yang menarik, berkemah juga menjadi daya tarik para wisatawan. Ada jasa penyewaan tenda yang siap digunakan oleh para wisatawan. Hal itu untuk menfasilitasi wisatawan yang ingin bermalam menikmati keindahan laut malam hari. Banyak komunitas-komunitas yang sengaja datang ke Pantai Madasari untuk melaksanakan event-event tertentu dan bermalam mendirikan tenda. Para pengunjung memang dapat menggunakan fasilitas Pantai Madasari untuk mengadakan acara dan menjadikan Pantai Madasari sebagai lokasi acara. Pengunjung dapat menghubungi pemerintah setempat untuk melakukan perijinan terlebih dahulu.

Pantai Madasari juga merupakan spot yang bagus untuk menikmati sunrise atau matahari terbit. Para pemburu foto pun wajib mengabadikan momen tersebut. Keindahan panorama alam itu dapat membuat para wisatawan terkesan dan mendapatkan pengalaman yang tidak terlupakan.

Itulah cerita singkat tentang Pantai Madasari surga tersembunyi yang ada di Kabupaten Pangandaran. Jika kalian para travelling yang akan liburan ke Pantai yang satu ini jangan lupa ajak keluarga, sahabat, teman, dan orang-orang terdekat. (red)

BACA JUGA:  Ikatan Cinta Malam Ini, Bikin Baper Aldebaran dan Andin Semakin Romantis Lakukan Hal ini!

Editor: Riyan
    Bagikan  

Berita Terkait