Mitos-mitos Gerhana Bulan di Berbagai Dunia, Naga Haus Darah Hingga Larangan di Luar Rumah

Hiburan —Rabu, 26 May 2021 13:30
    Bagikan  
Mitos-mitos Gerhana Bulan di Berbagai Dunia, Naga Haus Darah Hingga Larangan di Luar Rumah
Mitos-mitos Gerhana Bulan di Berbagai Dunia, Naga Haus Darah Hingga Larangan di Luar Rumah/youtube

PANGANDARAN, DEPOSTPANGANDARAN

 Fenomena gerhana bulan total atau Super Blood Moon akan bisa disaksikan di seluruh wilayah Indonesia pada Rabu, 26 Mei 2021.  Puncak gerhana akan terjadi pada pukul 18.18 WIB, 19.18 WITA dan 20.18 WIT.

 Gerhana Bulan adalah peristiwa terhalanginya cahaya Matahari oleh Bumi sehingga tidak semuanya sampai ke Bulan. Peristiwa yang merupakan salah satu akibat dinamisnya pergerakan posisi Matahari, Bumi, dan Bulan ini hanya terjadi pada saat fase purnama dan dapat diprediksi sebelumnya.

Gerhana Bulan Total terjadi saat posisi Matahari-Bumi-Bulan sejajar. Hal ini membuat Bulan masuk ke umbra Bumi. Akibatnya, saat fase totalitas gerhana terjadi Bulan akan terlihat kemerahan. Adapun Gerhana Matahari adalah peristiwa terhalangnya cahaya Matahari oleh Bulan sehingga tidak semua cahayanya sampai ke Bumi dan selalu terjadi pada saat fase bulan baru.

Baca juga: Gerhana Bulan Total Berwarna Merah Darah Nanti Malam, Ini Hal-Hal yang Harus Dilakukan

Sayangnya banyak anggapan gerhana bulan merupakan peristiwa alam sebagai sebuah pertanda buruk atau hal-hal tabu diberbagai belahan dunia. Adanya gerhana bulan ini sering dikaitkan dengan mitos-mit0s yang masih beredar luas.

Beriktu ini mitos-mitos saat terjadinya gerhana bulan

Perempuan hamil harus didalam rumah

Sebagian masyarakat seperti Indonesia bahkan india dan meksiko pernah mempercayai mitos bahwa selama terjadi gerhana bagi perempuan hamil tidak boleh berada di luar rumah. Bahkan mereka dianjurkan membawa gunting sebagai bentuk keamanan apabila terjadi sesuatu yang dianggap mengganggu kehamilan.

Baca juga: Drama Korea Hospital Playlist Season 2 Sub Indo, Sinopsis dan jadwal Tayang

Pertanda ada bencana

Di negeri para dewa yakni Yunani, dahulu Masyarakat Yunani Kuno percaya bahwa gerhana merupakan kemarahan dari para dewa. Selain itu, kedatangan gerhana juga dipercaya sebagai tanda dari adanya bencana dan kerusakan.

Dimakan Naga atau Mahluk Gaib

masyarakat Tionghoa memiliki mitos bahwa warna merah pada bulan yang hampir menyerupai darah saat gerhana disebabkan oleh naga yang haus darah. Naga akan turun ke bumi untuk memangsa manusia. mitos tentang seekor Naga yang menelan matahari yang pernah diyakini oleh masyarakat Tiongkok kuno. Mereka percaya bahwa kegelapan dari gerhana matahari disebabkan oleh Naga langit, yang menelan matahari dan bulan.

Hal ini juga dipercaya oleh sebagai masyarata nusantara yang meyakini jika Bulan dimakan oleh mahluk gaib. Bulan akan tampak seperti dimakan, dipotong, atau digigit karena sebagian akan berwarna hitam. Sementara, pada keyakinan mitologi kuno, bulan yang tampak sebagian hitam tersebut hilang karena dimakan serigala, agar serigala takut dan memuntahkan sebagian bulan, maka masyarakat akan membuat suara gaduh di rumah-rumah. 

Baca juga: Ramalan Zodiak Besok Kamis 27 Mei 2021, Leo Menyesal Pisces dan Cancer Berfikir Negatif

Iblis Datang

Mitos lain juga muncul dari Bangsa Tiongkok dan Viking yang mempercayai bahwa gerhana merupakan tanda akan adanya iblis yang datang. Mereka akan berkumpul untuk menggedor panci dan wajan dengan suara keras selama gerhana untuk mengusir iblis agar gerhana cepat berlalu.

Makanan Terpapar Racun saat Gerhana Bulan

Mitos ini dipercaya oleh sebagian besar masyarakat India. Mereka menolak untuk makan ketika gerhana bulan merah terjadi. Masyarakat India juga menghindari memasak saat gerhana bulan merah terjadi, karena menganggap makanan yang ada saat gerhana sudah terpapar racun mematikan.

Bulan Sedang Sakit

suku Luiseño di California selatan, menyebutkan bahwa sebuah gerhanan memberi isyarat bahwa bulan sedang sakit. Anggota suku bertugas untuk menyanyikan nyanyian atau doa untuk mengembalikan kesehatannya./RS

 Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Rabu 26 Mei 2021, Cinta dan Keberuntungan Lengkap di Sini

 

 


Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait