Plain of Jars:Misteri ‘Stonehenge’ asia tenggara

Pendidikan —Kamis, 20 May 2021 13:59
    Bagikan  
Plain of Jars:Misteri ‘Stonehenge’ asia tenggara
pinterest

PANGANDARAN,DEPOSTPANGANDARAN

Plain of Jars adalah salah satu situs prasejarah yang menjadi andalan pariwisata Laos. Tempat ini sama misteriusnya dengan situs prasejarah macam Stonehenge dan Chichen Itza. Tetapi popularitasnya masih kalah jauh dengan dua tempat yang disebut sebelumnya.

Plain of Jars dalam bahasa Indonesia berarti 'dataran guci/kendi'. Situs ini terletak di Dataran Xieng Khouang, Laos. Sesuai dengan namanya, Plain of Jars dipenuhi ribuan guci batu berbagai ukuran dengan posisi setengah tertimbun di dalam tanah.

The Plain of Jars di pusat Laos adalah salah satu Asia Tenggara tempat prasejarah paling misterius dan disalahpahami ’s. Sekitar 90 situs tersebar di mil dari lanskap bergulir mengandung ribuan guci batu besar, masing-masing seberat beberapa ton.

Meskipun upaya terbaik dari arkeolog, asal-usul dan alasan untuk Plain of Jars tetap menjadi misteri.

Getaran di sekitar Dataran Jars adalah menakutkan dan muram, sebanding dengan perasaan yang sama orang melaporkan di Pulau Paskah atau Stonehenge. Berdiri di antara guci misterius adalah pengingat serius bahwa kita sebagai manusia tidak memiliki semua jawaban.

Baca juga: Cek Jadwal Seleksi Pendaftaran CPNS dan PPPK tahun 2021 Lengkap Berikut Ini!

Hanya satu jar besar, terletak di lokasi yang paling dekat dengan kota dan paling banyak dikunjungi wisatawan, memiliki relief ukiran manusia dengan lutut ditekuk dan lengan mencapai ke langit.

Sejarah Plain of Jars

Hanya penemuan baru-baru ini manusia tetap dekat Plain of Jars telah memungkinkan situs yang akan tanggal. Arkeolog berpikir guci yang diukir dengan alat besi dan berkencan dengan mereka kembali ke Zaman Besi, sekitar 500 SM Tidak ada yang benar-benar diketahui tentang budaya yang susah payah diukir guci batu.

Teori tentang penggunaan guci berkisar luas; teori terkemuka adalah bahwa guci pernah diadakan sisa-sisa manusia sementara legenda setempat mengklaim bahwa guci yang digunakan untuk fermentasi anggur beras lao lao. Teori lain adalah bahwa guci yang digunakan untuk mengumpulkan air hujan selama musim hujan .

Pada tahun 1930, arkeolog Perancis Madeleine Colan melakukan penelitian di sekitar Plain of Jars dan tulang ditemukan, gigi, pecahan tembikar, dan manik-manik. Perang dan politik mencegah penggalian lebih lanjut di sekitar guci sampai tahun 1994 ketika Profesor Eiji Nitta mampu melakukan penelitian lebih lanjut tentang situs.

Jutaan benda meledak dari Perang Vietnam tetap dalam penggalian membuat sekitar proses yang lambat dan berbahaya. Banyak dari guci tersebut dibagi atau mengetuk oleh gelombang gegar otak yang disebabkan oleh bom yang intens selama perang.

Baca juga: Ikatan Cinta Malam Ini, Aldebaran Jujur Pada Mama Rossa Hasil Tes DNA Reyna, Andin Dengar!

Mengunjungi Plain of Jars di Laos

Tidak mengherankan, situs yang paling sering dikunjungi wisatawan adalah yang paling dekat ke kota Phonsavan, dasar untuk melihat guci. Dikenal hanya sebagai “Site 1”, ini adalah pertama berhenti di dataran dan harus-lihat untuk mengamati satu-satunya jar dihiasi ditemukan sejauh ini.

Meskipun Anda akan diganggu oleh panduan dan calo di Phonsavan menjual wisata, satu-satunya cara nyata untuk menikmati Plain of Jars adalah untuk melakukannya pada kecepatan Anda sendiri dan hilang dalam pikiran Anda sendiri. Menjelajahi Anda sendiri seharusnya tidak menjadi masalah, hanya tetesan kecil wisatawan cenderung membuat perjalanan keluar untuk melihat guci.

Setelah ancaman benda-benda yang belum meledak diminimalkan, Laos bermaksud untuk mengubah Plain of Jars menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO, membuka pintu air untuk pariwisata.

Catatan:

Disk batu di tanah sering keliru sebagai tutup ke botol, tapi ini tidak terjadi. Disimpulkan bahwa disk sebenarnya penanda penguburan.

 

 

 

Editor: Rony
    Bagikan  

Berita Terkait