Yuk Cari Tahu, Apa yang Terjadi Jika Jaringan Ponsel Tetap Aktif Saat Naik Pesawat

Pendidikan —Sabtu, 28 Oct 2023 14:00
    Bagikan  
Yuk Cari Tahu, Apa yang Terjadi Jika Jaringan Ponsel Tetap Aktif Saat Naik Pesawat
Foto unsplash/fasyah halim

POSTPANGANDARAN,-  Ketika berpegian dengan menggunakan transportasi udara, pasti saat akan lepas landas anda akan diminta untuk mengaktifkan mode penerbangan pada ponse Anda. Jika penumpang terus membiarkan jaringan ponsel aktif pada saat terbang, memang tidak mungkin pesawat mendarat kembali, tetapi yang mungkin terjadi adalah timbulnya banyak masalah besar bagi orang yang berada dipesawat.

Lantas apa yang akan terjadi jika dibiarkan data seluler handphone Anda dibiarkan menyala ? Simak artikel ini sampai habis untuk mengetahuinya ya!

Menurut Oxky Gavalbia Thaib ( Juru mudi Angkutan Udara, Pesawat terbang memiliki dua instrumen krusial dan beberapa Tanki Bensin (tergantung jenis pesawat) dalam pesawat terbang itu sendiri.

 

Pertama, Kita mengetahui bahwa Telepon Genggam dan beberapa alat elektronik menggunakan jaringan sinyal radio dengan jarak sinyal (wavelength) tertentu. Sedangkan bagaimana dengan Radio Komunikasi pesawat terbang?

Telepon Genggam dan Radio Telekomunikasi pesawat berada di jaringan VHF (Very High Frequency) yang sebenarnya terpisah dan tidak digunakan oleh dunia aviasi.

Lalu, tidak ada pengaruhnya dong?

Tentu ada, tapi tidak secara langsung! Coba letakkan Telepon Genggam tersebut di atas Speaker yang merupakan bagian dari Audio System baik di rumah atau dimanapun dan cobalah menelpon Telepon Genggam tersebut.

Apa yang terjadi? Ada suara gangguan seperti bunyi Morse Code keluar dari speaker tersebut. Inilah Gangguan Pertama pada Speaker di ruang kemudi pilot.

Kemudian, ketika kita didalam kabin berbicara menggunakan telepon genggam, sedikit banyak pilot dapat mendengar percakapan dua arah dari telepon tersebut.

Disaat dimana membutuhkan konsentrasi tinggi tetapi pilot harus di ganggu oleh percakapan seorang atau dua penumpang didalam kabin.

Kedua, sinyal hape menggunakan tipe sinyal Elektromagnetik yang dimana dalam durasi tertentu dapat berubah menjadi Medan Magnit Sementara. Ini dapat mempengaruhi bahkan mengacaukan penunjukan arah kompas dan beberapa instrumen yang menggunakan Gyro didalam panel ruang kemudi.

Baca juga: Selamat Hari Sumpah Pemuda! Beriut 5 Ide Kegiatan Memperingati Hari Sumpah Pemuda

Ketiga, sinyal elektromagnetik tersebut dapat menghantarkan panas dan percikan listrik bila ada gelombang yang tidak terpantul atau terserap atau melalui sepenuhnya bahan metal pesawat. Tentu kita tahu efek terburuk dari hal tersebut kan? Ya, dapat menimbulkan percikan api.

Baca juga: Bojan Pertegas Pemain Persib Waspada Serangan Balik KIlat PSS Sleman

Editor: Admin s
								
    Bagikan  

Berita Terkait