Catat! 5 Larangan Selama Mendaki Gunung, Jangan Coba-coba Lakukan

Pendidikan —Jumat, 27 Oct 2023 10:27
    Bagikan  
Catat! 5 Larangan Selama Mendaki Gunung, Jangan Coba-coba Lakukan
foto unsplash/Arif Fadhila

POSTPANGANDARAN,-  Mendaki gunung merupakan salah satu kegiatan menikmati alam yang kini banyak digemari oleh para kawula muda.

Mendaki gunung bukanlah hal sepele yang dapat dilakukan sesuka hati kita. Saat melakukan pendakian, kita menempuh perjalanan jauh dengan berjalan kaki serta masuk kekawasan yang sangat berbeda dengan tempat kita biasa beraktivitas di perkotaan.

Oleh sebab itu, ada beberapa aturan baik tertulis meupun tidak tertulis yang wajib dipatuhi oleh setiap pendaki. Aturan-aturan tersebut penting untuk menjaga alam yang kita lewati sekaligus menjaga keselematan kita selaku pendaki

Berikut ada beberapa hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan ketika nanti mendaki gunung mengutip dari berbagai sumber.

 

  1. Melanggar Norma Kesopanan

Kita wajib menjaga kesopanan di manapun berada, tidak terkecuali saat berada di gunung. Jaga tingkah laku serta tutur kata, tidak boleh sembarangan. Jangan ucapkan perkataan serta tidak melakukan tindakan yang tidak sopan, apalagi sampai melakukan tindakan asusila. Hal tersebut sangatlah dilarang.

 

  1. Merusak Alam

Selain melanggar norma kesopanan, menjaga keindahan gunung dapat dilakukan dengan tidak melakukan tindakan yang merusak alam. Tindakan merusak alam misalnya memetik bunga, atau merusak tanaman yang tumbuh di gunung.

Maka ada sebuah pesan bahwa saat mendaki gunung, jangan pernah meninggalkan apapun kecuali jejak, dan jangan membawa apapun kecuali gambar.

Baca juga: Rapat Paripurna Peringatan Hari Jadi ke-11, Bupati Ajak Masyarakat Bersama-sama Membangun Pangandaran

  1. Keluar dari Jalur Pendakian

Hampir semua gunung saat ini sudah memiliki jalur pendakian yang biasa dilalui para pendaki. Hal tersebut dapat memudahkan pendaki agar tidak tersesat dan mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Sebanyak apapun pengalaman Anda naik gunung, jangan pernah coba-coba untuk keluar dari jalur pendakian. Tindakan tersebut berbahaya dan bisa berakibat fatal. Hak tersebut dikarenakan kita tidak pernah tahu medan seperti apa yang ada di luar jalur.


  1. Membuang Sampah Sembarangan

Saat mendaki gunung, kita melewati kawasan alam yang masih asri dan alami. Keasrian alam tersebut harus dijaga oleh setiap pendaki yang melewatinya, salah satunya dengan tidak membuang sampah sembarangan.

Selain karena membuang sampah adalah tindakan yang tidak terpuji, tindakan tersebut dapat mengurangi keindahan dari gunung tersebut.

Para pendaki pasti tidak akan senang jika gunung yang ia kunjungi penuh sampah. Oleh sebab itu, jangan pernah tinggalkan sampah di gunung. Sediakan kantong plastik untuk membawa sampah-sampah kita.

 

  1. Membunuh Binatang

Memasuki kawasan alam yang masih asri maka besar kemungkinan akan bertemu dengan berbagai macam binatang.

Namun, jangan ganggu binatang-binatang tersebut, apalagi sampai membunuhnya. Bagaimanapun juga, binatang tersebut adalah tuan rumah sedangkan kita adalah tamu. (Siska)

Baca juga: Ramalan Zodiak Rabu 25 Oktober 2023, Virgo Pengeluaran Membengkak Leo Kehidupan Asmaranya sedang Memanas

Editor: Admin s
								
    Bagikan  

Berita Terkait