Pertolongan Pertama Yang Bisa Dilakukan Saat di Gigit Anjing Rabies

Pendidikan —Senin, 3 Jul 2023 10:36
    Bagikan  
Pertolongan Pertama Yang Bisa Dilakukan Saat di Gigit Anjing Rabies
FOTO:*PINTEREST

POSTPANGANDARAN,- Bagi yang suka melihara hewan, bercanda dengan hewan peliharaan nya memang menyenangkan kenapa tidak ini bisa mengurangi stres dan beban pikiran yang menumpuk. Namun, bagaimana jika ternyata sang hewan memiliki rabies?

Biasanya, area tubuh seperti bibir, pipi, dan leher adalah yang paling umum terkena gigitan anjing jika korban adalah anak-anak. Sementara untuk orang dewasa, area yang menjadi sasaran adalah lengan, kaki, dan tangan. Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena langkah berikut ini bisa kamu lakukan sebagai pertolongan pertama jika digigit anjing rabies.

  • Bersihkan luka yang terkena gigitan anjing sesegera mungkin. Tidak sembarangan, kamu harus membasuhnya pertama kali dengan menggunakan air hangat. Tidak langsung diguyur, gunakan kapas bola atau kain yang bersih.
  • Selanjutnya, perhatikan luka bekas gigitan anjing tersebut. Apabila ternyata luka tadi belum mengeluarkan darah, pegang lukanya hingga darah keluar. Hati-hati, kamu perlu melakukannya dengan perlahan. Keluarnya darah ini mencegah masuknya bakteri ke dalam luka yang justru memungkinkan terjadinya infeksi.
  • Supaya rasa sakit dan pembengkakan berkurang, kamu bisa konsumsi obat pereda sakit seperti ibuprofen atau parasetamol.
  • Setelah darah keluar, bersihkan luka tersebut dan mengoleskan salep antibiotik di atasnya. Biarkan salep tersebut meresap sempurna dan kering sebelum kamu menutup luka dengan kain kasa atau perban bersih.
  • Namun, digigit anjing rabies menimbulkan risiko yang terbilang tinggi. Oleh karena itu, sebaiknya kamu memeriksakan kondisi bagian tubuh yang tergigit anjing ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis lanjutan, seperti pemberian vaksin.
Editor: Admin s
								
    Bagikan  

Berita Terkait