Mengenal Kecerdasan Dolphin

Pendidikan —Jumat, 2 Jun 2023 13:23
    Bagikan  
Mengenal Kecerdasan Dolphin
FOTO:*PINTEREST

POSTPANGANDARAN,- Lumba-lumba adalah hewan laut yang dapat ditemukan di seluruh perairan di dunia. Mereka merupakan kerabat dekat paus dan pesut. Lumba-lumba dikenal dengan kecerdasannya, ada berbagai spesies Lumba lumba, tetapi yang paling umum dan terkenal ialah Lumba lumba hidung botol. Simak fakta menarik menurut beberapa media seputar lumba-lumba patut untuk disimak demi masa depan mamalia yang hebat ini.

Hidup di seluruh dunia
Sebagian besar jenis lumba-lumba melakukan yang terbaik di air laut beriklim sedang dan tropis. Mereka dapat ditemukan di seluruh dunia di hampir setiap perairan. Bahkan ada lumba-lumba yang hidup di air tawar. Mayoritas lumba-lumba dapat ditemukan di air hangat dan dangkal.
Tempat-tempat bagus untuk melihat lumba-lumba adalah di pelabuhan, teluk, dan laguna. Beberapa spesies lumba-lumba yang lebih besar dapat ditemukan di daerah yang lebih dingin, seperti daerah Kutub Utara dan Antartika.
Lumba-lumba dibagi menjadi dua kategori. Lumba-lumba pesisir hidup di perairan yang lebih hangat, sementara lumba-lumba lepas pantai dapat hidup di lingkungan yang lebih dingin.

Baca juga: NCT DOJAEJUNG Diangkat Jadi Anak Raffi Ahmad, Doyoung Langsung Minta Rumah Andara !

Hidup berkelompok
Salah satu fakta lumba-lumba yang kurang mengejutkan adalah bahwa hewan-hewan itu sangat lucu. Banyak spesies mengikuti kapal, melompat keluar dari air atau naik secara vertikal keluar dari air untuk memeriksa apa yang terjadi di atas permukaan.
Sekelompok lumba-lumba, sering dapat menyinkronkan gerakan mereka, memberikan pertunjukan yang cukup bagus bagi siapa pun yang menontonnya. Diperkirakan bahwa lumba-lumba berenang di samping kapal untuk menghemat energi. Jika kamu pernah melihat seekor lumba-lumba, teruslah mencari.
Lumba-lumba hidup dalam kelompok sosial setidaknya berlima, kadang-kadang hingga beberapa ratus, jadi kamu pasti akan melihat pertunjukan yang mereka buat.

Berkerja sama untuk memangsa
Fakta lumba-lumba yang menarik adalah bahwa beberapa lumba-lumba lepas pantai telah ditemukan dengan ikan laut dalam di perut mereka, yang menunjukkan bahwa lumba-lumba ini mungkin bisa menyelam hingga lebih dari 1.600 kaki.
Sebagian besar lumba-lumba bekerja sama saat berburu atau menangkap ikan. Mereka mungkin mengepung sekelompok besar ikan, menggiringnya ke jeruji pasir atau garis pantai untuk menjebaknya.

Baca juga: Mengenal Penemuan Telepon Genggam Pertama Kali

Memiliki kecerdasan seperti manusia
Fakta lumba-lumba baru mengatakan para ilmuwan percaya bahwa lumba-lumba hampir sama cerdasnya dengan manusia dalam cara-cara tertentu. Otak mereka sebenarnya lebih besar daripada manusia dan korteksnya memiliki lipatan rumit yang sama dengan yang ditemukan pada kecerdasan manusia.
Diperkirakan selama bertahun-tahun bahwa simpanse adalah mamalia yang paling pintar, tetapi penelitian terbaru menunjukkan bahwa lumba-lumba mungkin yang lebih pintar. Lumba-lumba hidung botol mampu mengenali diri mereka sendiri di cermin dan bahkan menggunakannya untuk memeriksa berbagai bagian tubuhnya dalam satu penelitian.
Dalam penelitian lain menunjukkan bahwa lumba-lumba memiliki kepribadian yang berbeda dan bahkan dapat berpikir tentang masa depan.

Berkomunikasi baik dengan jenisnya
Berbagai suara yang dibuat oleh lumba-lumba telah didokumentasikan dengan baik. Pola komunikasi mereka menampilkan peluit, klik, dan postur tubuh. Tetapi rekaman baru-baru ini telah memicu minat baru pada para ilmuwan.
Dua lumba-lumba hidung botol Laut Hitam tampaknya telah bertukar suara dengan cara yang menyerupai percakapan antara dua orang dalam rekaman. Mereka bergiliran menghasilkan suara dan tidak saling mengganggu.
Sementara para ilmuwan yang melakukan rekaman percaya bahwa lumba-lumba berbicara dalam kalimat. Dengan demikian, keterampilan komunikasi canggih lumba-lumba tidak dapat diabaikan dibandingkan dengan hewan lain.

Itulah seputar fakta tentang lumba-lumba. Sangat unik bukan? 

Baca juga: The Litte Mermaid Tayang di Bioskop!

Editor: Admin s
								
    Bagikan  

Berita Terkait