Bukan dari Prancis, Begini Asal-usul Croissant

Pendidikan —Kamis, 17 Nov 2022 16:52
    Bagikan  
Bukan dari Prancis, Begini Asal-usul Croissant
Croissant.*(FOTO: Pinterest)

POSTPANGANDARAN,- Croissant, roti empuk berbentuk bulan sabit identic sekali dengan negara Prancis.

Tapi apakah kamu tahu? Kalau sebenarnya asal mula Croissant bukan dari Prancis melainkan dari Austria.

Croissant sendiri awalnya terinspirasi dari Kipfel, roti khas Austria berbentuk bulan sabit yang menggunakan banyak mentega dengan taburan gula dan almond. Menurut legenda, Kipfel diciptakan pada tahun 1683 sebagai salah satu bentuk perayaan atas kemenangan kerajaan Austria melawan pasukan Ottoman Turki, setelah pasukan tersebut menduduki kota Wina.

Bentuk kipfel sendiri mirip bulan sabit yang terinspirasi dari lambang bulan sabit yang ada di bendera Ottoman. Namun menurut sejarah, Kipfel sudah ada sejak jaman sebeum invasi Ottoman ke Austria.

Sebuah puisi kuno Austria menyebutkan bahwa ada kue berbentuk bulan sabit yang menjadi bagian dari tradisi natal. Kue ini dipersembahlan oleh para pembuat roti di Wina untuk Duke Leopold di tahun 1227.

Baca juga: Resep Gurame Goreng Bakar

Selain itu, salah satu dokumen sejarah juga menyebutkan bahwa ada sebuah toko roti Viennese (Khas Austria) yang dibuka pertama kali di Paris pada 1838. Toko roti ini milik August Zang, sangat terkenal di kalangan orang Prancis, terutama untuk berbagai roti Viennoiseries atau pastry khas Wina yang salah satunya adalah Kipfel.

Setelah beberapa tahun membuka toko roti di Paris, Zang akhirnya kembali ke ustria dan mendirikan surat harian kabar pertama di negara itu dan memiliki bisnis di bidang perbankan hingga pertambangan.

Walaupun asal mjlanya dari Austria, banyak ahli sejarah yang selalu mengatakan bahwa Croissant adalah hasil Inovasi orang Prancis, karena menggunakan adonan ang sedikit beda yaitu, puff pastry.

Croissant juga menjadi salah satu makanan favorit orang Prancis dan dalam hitungan waktu beberapa tahun saja, Croissant menjadi makanan wajib warga Paris saat sarapan. Beberapa tahun kemudian, Croissant hadir dengan berbagai bentuk dan jenis. Ada yang bia dibeli di toko roti hingga adonan yang beku yang dijual di supermarket.

Sara Lee, peusahaan Amerika pertama kali mengenalkan Croissant beku pada tahun 1981. Lalu itu diikuti oleh beberapa restoran cepat saji, seperti Burger King dan Arby’s, yang juga memperkenalkan menu sarapan Croissant yang diisi dengan sayuran dan daging sapi asap iris. Pada tahun 1984, NewYork Timesmenyebut “Amerikanisasi Croissant” telah di mulai. –zz-

Baca juga: Fakta Unik Game Candy Crush

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait