Duta Baca Pangandaran Ajak Anak Punk Untuk Gemar Membaca

Pendidikan —Jumat, 28 May 2021 01:06
    Bagikan  
Duta Baca Pangandaran Ajak Anak Punk Untuk Gemar Membaca
Duta Baca Pangandaran Ajak Anak Punk Untuk Gemar Membaca (foto: ist)

PANGANDARAN, DEPOSTPANGANDARAN

Guna menebarkan minat baca di kalangan masyarakat, membuat Duta Baca Pangandaran terus gencar melakukan pendekatan secara langsung ke ruang publik. Duta Baca Pangandaran yang tergabung dari berbagai elemen mahasiswa dan pegiat literasi menjalankan kegiatan rutin 'Rabu Bersama Buku' yang dilaksanakan satu kali dalam satu bulan.

Kali ini, Duta Baca Pangandaran yang terjun kelapangan langsung mengajak anak-anak jalanan punk (jalanan,red) yang berada di Alun-alun Parigi.

Ketua Paguyuban Duta Baca Pangandaran Aldi mengatakan, salah satu cara mengajak minat baca itu terbilang gampang-gampang susah, untuk itu pihaknya melakukan pendekatan langsung dengan terjun kelapang guna memenuhi keinginan bahan bacaan umum di masyarakat.

"Minat baca masyarakat itu sebenarnya tinggi, dengan berjam-jam melihat media sosial itu sudah menjadi bukti tingginya minat baca," kata Aldi kepada DEPOSTPANGANDARAN melalui pesan WhatsApp pada Kamis (27/05/2021).

Namun, kata dia, yang masih menjadi PR adalah meningkatkan daya baca masyarakat, dan hal tersebut juga sempat disampaikan oleh Gubernur DKI Jakarta soal kegemaran membaca terletak pada daya bacanya.

"Pengunjung lapak buku juga ada dari wisatawan yang sedang istirahat di alun-alun Parigi serta anak-anak yang kebetulan sedang lewat dan merekapun mampir menyempatkan diri baca buku," jelasnya.

BACA JUGA:  Ramalan Zodiak Scorpio Hari Ini Jumat 28 Mei 2021, Mood Tidak Stabil

Aldi juga mengatakan, pada kesempatan itu Duta Baca Pangandaran mengajak kepada anak-anak punk (jalanan,red) untuk gemar membaca buku. Dan mereka anak punk ternyata tidak sulit untuk diajak membaca, namun mereka hanya merasa malu dengan pakaian dan gaya saat akan mendekati lapak buku.

"Mereka orang-orangnya enak gampang berbaur dengan teman-teman duta baca setelah diajak untuk mendekati lapak, dan buku yang mereka baca cukup unik mereka mencari cerita tentang kisah anak jalanan," ungkap Aldi.

Sementara itu, salah seorang anak punk Latif mengaku senang bisa membaca buku bersama para duta baca Pangandaran.

”Sebenarnya baca buku itu asyik walaupun di dalam keseharian kadang kita juga suka cepat jenuh kalau baca buku atau tulisan yang panjang-panjang,” aku Latif.

Terkait penampilan, kata dia, dirinya hanya mencari kesenangan dengan tampilan seadanya. Dia juga berpesan, bahwa kita berada pada jalan masing-masing. Jadi jangan memandang sebelah mata anak Punk.

"Kita punya gaya berbeda, hidup kita di jalanan dan pergi kemana-mana untuk mencari kebebasan, tetapi kami juga bekerja. Kalau penampilan kami memang hitam tapi hati kita putih, jangan anggap anak punk selalu menyeramkan," tutupnya. (Deni)

BACA JUGA: Ramalan Zodiak Capricorn Hari Ini Jumat 28 Mei 2021, Mulai dari Nol

Editor: Riyan
    Bagikan  

Berita Terkait