Salesman Hebat (3), Mau Survive dan Income Tinggi di Era Pandemi?

Opini —Senin, 16 Aug 2021 20:56
    Bagikan  
Salesman Hebat (3), Mau Survive dan Income Tinggi di Era Pandemi?
Salesman Hebat (3), Mau Survive dan Income Tinggi di Era Pandemi?/ist/Indra

PANGANDARAN, DEPOSTPANGANDARAN

By Mas Haji

Pandemi Covid-19 sungguh luar biasa! Tak ada yang menyangka virus ghoib tak terlihat ini mampu menghentikan mobilitas manusia di seluruh dunia yang makin modern ini. Pergerakan manusia seperti di re-start ulang. Cara hidup harus berganti, cara pakaian, cara bertemu orang, dan apa saja yang menyangkut kegiatan sosial harus berganti cara, berganti gaya.

Baca juga: Seorang Pemulung di Banjar Tega Cabuli Anak Dibawah Umur Hingga Hamil 4 Bulan

Baca juga: Food Recipes, How to Make Spicy Kecombrang Sambal Tempting

Sebagai salesman yang biasa dan harus ketemu klien setiap hari, bisa 10 orang bahkan lebih banyak lagi, terhenti seketika. Tamat?.
Mayoritas salesman pastilah kelimpungan, bingung tiada tara. Apalagi yang baru atau masih 1-2 tahun, belum ada kedekatan dengan klien dan database yang cukup untuk dapat menjual.
Kita akan bahas, bagaimana kita bisa hidup, survive bahkan berkecukupan di era pandemi ini. Ada ide? Silahkan share atau komen.

Baca juga: Quote Keren Ir. Soekarno Penuh Motivasi untuk Menyambut Hari Kemerdekaan

Baca juga: Jamasan Pusaka, Tradisi Ritual Masyarakat Jawa Setiap Bulan Suro

1) Salesman Sejati

Kalau anda sekarang berprofesi salesman, Saya ucapkan selamat, karena inilah profesi yang menurut saya, termasuk orang yang akan bisa survive. Anda punya relasi dan teman yang banyak, itulah pasar potensial.

Kuncinya apa? Sebagai salesman, kemampuan dan passion menjual itu darahnya. Ketika income dari perusahaan kurang mencukupi, jualah barang/produk yang lain, usahakan tidak mengganggu pekerjaan utama anda. Cari dan pilih produk/barang yang tidak jauh berbeda dengan kebutuhan klien anda sekarang.

Misalnya kebutuhan sehari hari, obat-obatan, dll. Di larang menjual produk kompetitor! Ini tidak baik, loyalitas penting untuk anda sukses ke depan.

2) Tingkatkan Level Kemampuan Menjual

Apakah kemampuan jual anda sekarang harus bertemu langsung dengan klien? Atau WA? Atau Telpon? Email?.
Pertemuan langsung! Sudah makin sulit, orang takut. Salah satu yang harus bisa, ya menjual dengan cara Online/Medsos, Face book, IG, Youtube, Tik Tok, dan lainnya. Sudah coba? Bisa jual?.

Kekuatan berjualan online yang utama :

A) Bangun Follower yang banyak, minimal 10 ribu- baru bisa jualan baik, caranya? Belajar.
B) Kekuatan Konten, isi medsos dengan konten menarik, original, sehat, kata-kata mencerdaskan, dan menggugah.
C) Kekuatan Gambar

Poto, video dan design menjadi keharusan. Penampakan biasa, kemungkinan tidak dilirik orang. Tidak harus mewah, gambar dan video sederhana, original, jujur, banyak juga yang bisa menarik perhatian orang.

Baca juga: Ikatan Cinta Malam Ini, Bikin Baper Al dan Andin Beradegan Ini!

Baca juga: 20 Ucapan Hari Kemerdekaan RI ke 76 Membangkitan Semangat Juang

3) Networking, Jalin pertemanan yang luas.

Seberapa luas klien atau teman teman anda? Se-kecamatan? Se-kabupaten? Se-Provinsi?. Pernah ngukur? Berapa banyak dan Berapa luas?.
Seberapa dalam? Seberapa dekat? Hubungan anda dengan klien? Coba diukur dan dikira-kira. 10% deket banget? Atau malah kurang? Naikkan lagi skillnya.

Baca juga: Ikatan Cinta Malam Ini, Bikin Baper Al dan Andin Beradegan Ini!

Baca juga: 20 Ucapan Hari Kemerdekaan RI ke 76 Membangkitan Semangat Juang

Idealnya, salesman di atas 3 tahun, sudah punya database klien yang banyak dan mungkin hanya perlu cari klien baru lagi 10-20% sudah cukup.
Kebanyakan salesman, lupa! Bahwa database klien itu penting dan harus dirawat, harus direfresh terus, perkuat lagi hubungan anda dengan klien. Ayo ditambah lagi , naikan lagi ke-terkenalan anda di mata klien, itulah jalan anda mendapat klien/uang.

Masih banyak cara untuk bisa menjadi salesman hebat, kapan kapan di sambung lagi, semoga mencerahkan.

Jakarta, Agustus 2021


Editor: Ajeng
    Bagikan  

Berita Terkait