Sudirman Cup 2023: Wakil Indonesia Latihan Perdana di Arena Pertandingan

Olahraga —Sabtu, 13 May 2023 10:14
    Bagikan  
Sudirman Cup 2023: Wakil Indonesia Latihan Perdana di Arena Pertandingan
Latihan Perdana Sudirman Cup 2023.*(FOTO: pbsi.id)

POSTPANGANDARAN,- Meskipun relatif singkat, latihan perdana yang dilakoni anggota tim bulutangkis Indonesia ke Piala Sudirman 2023 begitu penting. Fajar Alfian dkk., bisa mencicipi sekaligus beradaptasi dengan Suzhou Olympic Sports Centre, Suzhou, yang bakal menjadi arena pertarungan kejuaraan beregu campuran tersebut.

Pada Jumat (12/5), siang, seluruh pemain, 11 putra dan 9 putri dengan didampingi para pelatih, berlatih selama 150 menit. Masing-masing sektor akhirnya hanya mendapat porsi latihan selama 30 menit. Kendati pendek, seluruh pemain begitu antusias dan semangat.

“Meski durasinya pendek, latihan ini tetap berguna. Pemain bisa beradaptasi dengan arena pertandingan. Latihan ini pun bisa untuk mengembalikan kondisi pemain,” sebut Irwansyah, pelatih tunggal putra.

Menurut manajer tim Armand Darmadji, latihan pertama dengan arena ini berguna untuk adaptasi dengan kondisi lapangan, arah angin, dan lampu. Selain itu, juga untuk mengembalikan feeling pukulan setelah kemarin pemain menjalani perjalanan panjang dari Jakarta menuju Suzhou.

Baca juga: Upaya Jabar Persempit Ruang Pungli dan Perluas Laporan Masyarakat

“Kondisi semua pemain juga bagus. Hari ini pun kita beri waktu istirahat lebih panjang setelah baru sampai hotel dini hari. Karenanya, jam latihan yang rencana awalnya berlangsung pagi, kita geser ke siang hari,” ujar Armand.

Latihan perdana ini lebih banyak dipakai untuk beradaptasi dengan stadion yang bakal jadi tempat pertandingan. Para pemain lebih banyak berlatih gim ringan dalam suasana yang menyenangkan.

Sektor ganda putra berlatih gim 3 lawan 3. Fajar Alfian, Kevin Sanjaya, dan Daniel Marthin berlatih melawan Rian Ardianto, Marcus Fernaldi Gideon, dan Leo Rolly Carnando. Pelatih Herry Iman Pierngadi mengawasi latihan ini. Setelah itu lanjut program latihan dua lawan dua dengan partner aslinya.

“Latihan ini hanya untuk mengembalikan kebugaran pemain. Otot-ototnya bisa lebih rileks untuk menerima latihan berikutnya. Maklum, kemarin kita dari Jakarta sampai Shanghai dan lanjut ke Suzhou hanya duduk di pesawat,” terang Herry.

Di tinggal putra, Jonatan Christie berlatih gim dengan kompatriotnya, Anthony Sinisuka Ginting. Hal serupa di tunggal putri. Gregoria Mariska Tunjung berlatih dengan rekannya, Putri Kusuma Wardani.

Bahkan di ganda campuran, formatnya 2 lawan 4. Pasangan ganda campuran ini secara bergantian dikeroyok empat lawan sekaligus. Sementara di ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti berlatih menghadapi Ribka Sugiarto/Lanny Tria Mayasari.

“Saya lihat teman-teman begitu bersemangat berlatih hari ini. Latihan ini memang untuk menjaga kondisi saja. Dalam latihan dan keseharian, kita selalu kompak, termasuk saat latihan ini,” sebut Fajar.

Baca juga: Tim U-22 Indonesia Optimistis Kalahkan Vietnam

Disambut Konjen RI Shanghai

Setelah penerbangan dari Jakarta, Tim Indonesia mendarat di Bandara Internasional Pudong, Shanghai pada Kamis, sekitar jam 23.00 malam waktu setempat. Setelah urusan imigrasi beres, Skuad Merah-Putih meneruskan perjalanan selama dua jam dengan bus ke Suzhou.

Ketika mendarat di Shanghai, rombongan Indonesia disambut Konsulat Jenderal Republik Indonesia di Shanghai, Deny Wachyudi Kurnia. Para warga Indonesia yang tinggal di Shanghai juga menyambut antusias dengan membawa bendera Merah-Putih dan banner penyemangat.

“Selamat datang di China. Semoga tim Indonesia bisa juara. Kami tentu akan mendukung terus tim bulutangkis Indonesia,” kata Deny.

Manajer tim Armand Darmadji juga perlu mengucapkan rasa terima kasih kepada Konjen RI di Shanghai dan masyarakat Indonesia yang menyambut di bandara. Dukungan ini bisa menjadi penambah semangat bagi Fajar Alfian dkk.

“Terima kasih atas sambutan dan dukungan Pak Deny Kurnia dan masyarakat Indonesia di sini. Dukungan ini seolah mampu mengobati rasa lelah dan capek kami yang harus menempuh perjalanan panjang dari Jakarta,” kata Armand. (*)

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait