India Open 2023: Gagal Bawa Gelar, Fajar/Rian, Jojo dan Ginting Sudah Tampil Maksimal

Olahraga —Selasa, 24 Jan 2023 13:53
    Bagikan  
India Open 2023: Gagal Bawa Gelar, Fajar/Rian, Jojo dan Ginting Sudah Tampil Maksimal
foto: pbsi.id

POSTPANGANDARAN,- Tiga wakil Indonesia yang tersisa, gagal memenangi pertandingan turnamen bulutangkis India Terbuka 2023. Anthony Sinisuka Ginting, Jonatan Christie, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto pun gagal maju ke partai puncak ajang BWF World Tour Super 750 tersebut.

Pada pertandingan semifinal turnamen berhadiah total 900 ribu dolar AS yang digelar di KD Jadhav Indoor Hall, New Delhi, Sabtu (21/1), Ginting gagal maju ke partai puncak setalah kalah 25-27, 21-15 dari Kunlavut Vitidsarn asal Thailand.

Setali tiga uang dengan Jojo, sapaan karib Jonatan. Dua dihentikan pemain nomor satu dunia asal Denmark, Viktor Axelsen dengan 6-21, 12-21. Sedangkan Fajar/Rian takluk di tangan juara dunia 2022, Aaron Chia/Soh Wooi Yik (Malaysia), 21-11, 15-21, 16-21.

“Kami mohon maaf karena belum berhasil maju ke final. Kami tentu juga kecewa dengan hasil ini,” ujar Fajar.

Menurut manajer tim Aryono Miranat, dari kejuaraan India Open ini memang dibilang tidak berhasil. Dari target bisa merebut dua juara, hasilnya hanya menempatkan tiga wakil sampai ke semifinal.

“Targetnya memang diharapkan bisa merebut dua gelar dari tunggal dan ganda putra. Sayangnya, kita tidak berhasil,” ujar Aryono.

Dikatakan Aryono, kegagalan ini karena tingkat persaingan bulutangkis dunia saat ini begitu ketat. Kekuatannya sangat merata.

Baca juga: Kerajaan Demit di Pabrik Gula, Bagian 34

“Performa pemain, terutama tiga wakil yang ke semifinal, itu sudah tampil maksimal. Mereka sudah berjuang keras, tetapi lawan memang lebih baik. Para pemain kita sudah menampilkan performa maksimal. Apalagi, saat ini persaingan dunia sangat ketat,” ujar Aryono

Khusus Fajar/Rian, Aryono menilai penampilan anak didiknya itu sedikit menurun dibandingkan saat tampil di Malaysia Terbuka lalu. “Fajar/Rian performanya sedikit menurun di semifinal. Di gim pertama sudah bermain bagus. Namun setelah lawan mengubah pola permainan, mereka  kurang siap,” tutur Aryono yang juga pelatih ganda putra.

Dikatakan Irwansyah, kepala pelatih tunggal putra, performa Ginting dan Jojo juga sudah tampil maksimal. Selama bertanding melawan Kunlavut Vitidsarn dan Viktor Axelsen, anak didiknya sudah mengeluarkan kemampuan terbaik. Lawan yang dihadapi adalah salah satu pemain terbaik.

“Ginting dan Jojo sudah all out di semifinal. Keduanya sudah tampil terbaik. Tetapi lawan memang tampil lebih bagus,” terang Irwansyah.

Di tengah kekecewaan, Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh RI untuk India, Ina Hagniningtyas Krisnamurthi terus berusaha memberikan tambahan semangat kepada Jojo dkk. Usai laga, duta besar perempuan pertama di India ini langsung menyempatkan menemui para pemain.

Ina Krisnamuthi menyebut para pebulutangkis telah berjuang hebat di tengah lapangan. “Saya tetap bangga dengan penampilan pemain. Saya lihat perjuangannya sudah maksimal. Saya akan terus dukung bulutangkis Indonesia, termasuk suara saya sampai serak,” ujar Ina Krisnamurthi. (*)

Baca juga: Tim Dokter Pastikan Klok dan Febri Sudah Pulih

Editor: Zizi
								
    Bagikan  

Berita Terkait