Euro 2020: Denmark Pesta Gol 4-0 di Gawang Wales, Italia Susah Payah Menghadapi Austria

Olahraga —Minggu, 27 Jun 2021 06:31
    Bagikan  
Euro 2020: Denmark Pesta Gol 4-0 di Gawang Wales, Italia Susah Payah Menghadapi Austria
Timnas Denmark menang 4-0 kontra Wales. Foto: uefa.com

DEPOST PANGANDARAN

Denmark menghancurkan Wales tanpa ampun dengan skor meyakinkan 4-0. Gareth Bale dkk tidak berdaya menghadapi gempuran tim dinamit.

Denmark sebagai runner-up Grup B menghadapi Wales sebagai runner-up Grup A di babak 16 besar, Sabtu (26/6/2021), yang dihelat di Johan Cruyff Arena. Denmark sempat kesulitan mengimbangi permainan Wale sebelum Kasper Dolberg membuka gol di menit ke-27. Setelah itu Denmark lebih mudah menguasai pertandingan.

Babak kedua baru berjalan tiga menit, Denmark menggandakan skor lewat gol kedua Dolberg. Denmark yang dalam kendali akhirnya bisa menambah gol di menit ke-84 melalui Martin Braithwaite. Pada menit ke-88 Joakim Maehle berhasil menyarangkan bola ke gawang Wales dan menutup kemenangan Denmark.

Denmark melenggang mulus ke babak perempatfinal menunggu pemenang partai Belanda vs Republik Ceko. Denmark membuktikan bahwa mereka bisa membahayakan tim-tim lawan.

Baca juga: Buaya Sepanjang 2 Meter Kagetkan Pemancing di Sungai Citanduy

Baca juga: Asal-usul dan Cara Membuat Seblak Bandung, Makanan Pedas Sejuta Umat

Setelah kalah di dua laga awal fase grup, Denmark lantas mengamuk di dua laga terakhirnya. Sebelum melibas Wales, Denmark juga membuat empat gol saat menghancurkan Rusia 4-1 di pertandingan terakhir Grup B dan memastikan tiket mereka ke babak 16 besar.

Dikutip situs resmi EURO, Denmark jadi tim pertama yang membuat empat gol di dua pertandingan beruntun turnamen ini. Selain itu, Denmark juga berhasil ke babak perempatfinal ketiganya di Euro sekaligus yang pertama sejak 2004.

Total sembilan gol sudah dibuat Denmark di turnamen ini, menyamai rekor gol terbanyak mereka di kompetisi ini.

Pada kesempatan pertama di 1992, Denmark yang jadi pengganti Yugoslavia mampu menjadi juara. Apakkah akan Denmark meledak lagi kali ini?

"Lihat saja dukungan kami di Amsterdam. Benar-benar gila. Ini membuat kepercayaan diri meningkat dan ini harus kami pertahankan. Kami tidak takut menghadapi siapapun. Kami fokus ke performa kami sendiri dan kualitas tim," ujar bek Denmark Joakim Maehle di situs resmi UEFA.


Italia berhasil lolos ke perempat final. Foto: uefa.com


Sementara itu pada pertandingan lain, Timnas Italia berhasil melaju ke perempatfinal EURO 2020. Dalam laga babak 16 besar melawan Austria di Stadion Wembley pada Minggu dini hari (WIB), mereka berhasil memetik kemenangan 2-1.

Namun kemenangan timnas Italia tidak didapatkan dengan mudah. Anak asuh Roberto Mancini harus lebih dulu melalui dua kali babak tambahan karena pada waktu normal mereka bermain imbang tanpa gol. Laga berjalan sangat alot dari awal. Italia bisa mendominasi babak pertama dan menghasilkan beberapa peluang. Sayangnya tidak ada gol yang mampu tercipta.

Pada babak kedua laga semakin seru. Austria bisa mengimbangi permainan Gli Azzurri. Mereka berhasil merepotkan pertahanan juara dunia empat kali tersebut.

Baca juga: Hati-Hati, Makanan Ini Bisa Menurunkan Imunitas Tubuh Kita!

Baca juga: Parade Sound System di Kalipucang Pangandaran Dibubarkan Satgas Covid-19 Kecamatan

Pada menit ke-65 pemain Austria Marco Arnautovic berhasil menyarangkan si kulit bundar ke gawang Italia dengan sebuah sundulan. Tapi wasit menganulir gol tersebut setelah melihat VAR karena lebih dulu terjebak offside.

Sejumlah peluang juga dihasilkan Italia di paruh waktu kedua. Namun lagi-lagi usaha mereka tanpa hasil dan skor kacamata masih bertahan hingga 90 menit usai.

Laga dilanjutkan dengan babak tambahan. Dan baru 5 menit berjalan, Italia sukses memecah kebutuhan. Pemain pengganti Federico Chiesa yang masuk di akhir babak kedua mencatatkan namanya di papan skor. Penyerang Juventus itu memanfaatkan umpan Leonardo Spinazzola.

Unggul gol, kepercayaan diri Italia meningkat. Di menit 105, Matteo Pessina mencatatkan namanya di papan skor setelah mencetak gol di turnamen ini dengan sepakan kaki kiri dari sudut sempit usai mendapatkan umpan dari Franco Acerbi.

Tertinggal 0-2 tidak membuat Austria menyerah begitu saja. Pada menit 114, mereka bisa memperkecil ketinggalan. Sasa Kalajdzic berhasil menyarangkan bola melalui sundulan setelah mendapat umpan sepak pojok Louis Schaub. Sayangnya itu menjadi satu-satunya gol Austria dalam pertandingan melawan Italia. Skor akhir 2-1 berhasil mengantarkan Italia lolos ke babak berikutnya.

Editor: Hasan
								
    Bagikan  

Berita Terkait