Satlantas Polres Ciamis Amankan Delapan Sepeda Motor yang Gunakan Knalpot Bising

Berita —Minggu, 18 Apr 2021 06:06
    Bagikan  
Satlantas Polres Ciamis Amankan Delapan Sepeda Motor yang Gunakan Knalpot Bising
Satlantas Polres Ciamis Amankan Delapan Sepeda Motor yang Gunakan Knalpot Bising (foto: ist)

POSTPANGANDARAN, CIAMIS

Sebanyak delapan unit sepeda motor berhasil diamankan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Ciamis, Polda Jabar.

Kedelapan sepeda motor yang diamankan itu karena kedapatan menggunakan knalpot brong yang jelas tidak sesuai standar pabrik. Satlantas Polres Ciamis mengamankan 8 kendaraan bermotor roda dua dengan knalpot brong itu saat dilakukan razia dalam rangka pelaksanaan operasi keselamatan lodaya tahun 2021 yang tengah berlangsung dari tanggal 12 sampai 25 April 2021 mendatang.

Kasat Lantas Polres Ciamis AKP Zanuar Cahyo Wibowo, mengatakan, penggunaan knalpot brong telah sering dilaporkan dan dikeluhkan oleh masyarakat. Salah satunya suara bising yang menggangu pengguna jalan yang lain.

"Kita melakukan tindakan karena knalpot brong itu kan tidak sesuai aturan yang standar. Dan juga banyak keluhan dari masyarakat, termasuk pengguna jalan yang terganggu," ujar Wibowo, Sabtu (17/04/2021).

Selain mengamankan kendaraan berknalpot brong, kata dia, pihaknya juga melakukan penindakan tilang kepada 12 pengendara yang secara kasat mata melanggar peraturan lalu lintas.

BACA JUGA :Curi Motor Tetangga, FI Warga Banjarsari Dibekuk Polisi

"Dari hasil razia itu, ditemukan fakta jika motor dengan knalpot brong digunakan untuk aktivitas sehari-hari, termasuk bekerja. Padahal kondisi itu tidak dibenarkan dan menyalahi aturan," tegasnya.

Dalam kesempatan tersebut, Wibowo, mengimbau masyarakat untuk mematuhi aturan dan rambu lalu lintas yang ada saat berkendara. Termasuk menggunakan knalpot standar.

"Ini demi keamanan serta keselamatan pengendara masing-masing. Serta tidak mengganggu pengendara lainnya saat melintas di jalan," imbaunya.

Selain melakukan penindakan tilang dan mengamankan kendaraan, razia yang dilakukan anggota Satlantas Polres Ciamis juga menyampaikan himbauan kepada warga untuk selalalu menerapkan protokol kesehatan. Seperti mengajak untuk selalu menggunakan masker saat beraktifitas diluar rumah. ***

BACA JUGA :Antisipasi Gangguan Kamtibmas, Satuan Sabhara Polres Ciamis Lakukan Patroli Dialogis

Editor: Riyan
								
    Bagikan  

Berita Terkait