Satpolair Polres Ciamis Ikut Serta Lepasliarkan Ribuan Benih Bening Lobster di Perairan Pangandaran

Berita —Kamis, 15 Apr 2021 23:37
    Bagikan  
Satpolair Polres Ciamis Ikut Serta Lepasliarkan Ribuan Benih Bening Lobster di Perairan Pangandaran
Lepasliarkan Benih Bening Lobster, Satpolair Polres Ciamis, TNI AL Pangandaran, (foto :ist)

POSTPANGANDARAN, PANGANDARAN

Sebanyak 3000 benih bening lobster (BBL) di lepasliarkan ke habitatnya di perairan Batu Mandi Pantai Barat Pangandaran, Jawa Barat, Kamis (15/04/2021).

Pelepasliaran BBL dilakukan oleh Satpolair Polres Ciamis, TNI AL Pangandaran, Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKPKP Pangandaran, Kepala Bidang Tangkap PSDKP Pangandaran, Wakil Ketua HNSI Pangandaran, Ketua Jaga Lembur Kabupaten Pangandaran dan Pokmaswas Pangandaran.

Kasat Pol Air Polres Ciamis AKP Sugianto mengatakan, keikutsertaan anggota Satpolair Polres Ciamis sebagai bentuk kepedulian Polri dalam menjaga ekosistem bawah laut agar tidak punah.

"Selain itu, ini juga sebagai bentuk sinergitas Polri bersama instansi terkait lainnya seperti TNI, Pemerintah dan warga masyarakat dalam menjaga kamtibmas di wilayah perairan," ujarnya kepada POSTPANGANDARAN, Kamis (15/04/2021).

Kata dia, pihaknya bersama TNI AL, Kementerian Kelautan dan Perikananan dalam hal ini Bidang Perikanan Tangkap DKPKP Pangandaran, Bidang Tangkap PSDKP Pangandaran, serta HNSI wilayah Pangandaran melepaskan 3.000 BBL ke habitatnya.

BACA JUGA :Pemkot Bandung Memastikan Kegiatan Ibadah Selama Ramadhan Dilalui dengan Aman dan Nyaman

"BBL yang kami lepasliarkan hasil dari kegiatan penyelidikan terhadap kegiatan penangkapan dan atau penjualan BBL (Bening Bening Lobster) di wilayah perairan Pantai Muara Gatah Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran," terangnya.

Sugianto mengimbau kepada para nelayan ataupun warga masyarakat agar patuh dan taat terhadap peraturan yang tidak memperbolehkan menangkap dan atau menjual Bening Bening Lobster.

"Sebab itu dapat mengganggu ekosistem lobster yang nantinya akan menjadikan kepunahan terhadap lobster," imbaunya.

Dalam kesempatan tersebut, Sugianto meminta peran serta warga masyarakat khususnya di Pesisir Pantai Pangandaran untuk bersama-sama menjaga ekosistem bawah laut.

"Warga juga harus ikut serta menjaga BBL agar tidak ditangkap atau dijual, sehingga generasi kita selanjutnya dapat merasakan kekayaan laut Indonesia, salah satunya lobster," pungkasnya. ***

BACA JUGA :Berkah Ramadhan : Caruluk, Kolang Kaling Asal Pangandaran Laris Manis


Editor: Riyan
								
    Bagikan  

Berita Terkait