Pemkot Bandung Memastikan Kegiatan Ibadah Selama Ramadhan Dilalui dengan Aman dan Nyaman

Berita —Kamis, 15 Apr 2021 18:02
    Bagikan  
Pemkot Bandung Memastikan Kegiatan Ibadah Selama Ramadhan Dilalui dengan Aman dan Nyaman
Pemkot Bandung mengharapkan bisa menjalankan ibadah Ramadhan dengan aman dan nyaman. (Humas Pemkot Bandung)
POSTPANGANDARAN, BANDUNG.

Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung memastikan kegiatan peribadatan selama Ramadhan bisa dilalui dengan aman dan nyaman, meskipun masih dalam kondisi pandemi Covid-19. Pasalnya, pelaksanaan ibadah tetap memegang teguh dsiplin protokol kesehatan.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat dan Kemasyarakatan (Kesra) Setda Kota Bandung, Momon Ahmad Imron, menyatakan selama Ramadhan ini pemantauan protokol kesehatan di tempat peribadatan berlangsung lebih ketat.  Pemantauan melibatkan satgas penanganan covid-19 di level kelurahan dan kecamatan.

“Kami mewajibkan di setiap tempat ibadah, ada satu petugas untuk mengawasi protokol kesehatan. Lakukan penyemprotan disinfektan, menyiapkan sarana cuci tangan dengan air mengalir atau handsanitizer,” kata Momon di Taman Dewi Sartika Bandung, Kamis (15/04/2021). 


Dengan disiplin protokol kesehatan, Momon meyakini dapat menciptakan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat yang menjalankan ibadah. Terlebih selama Ramadan ini kegiatan keagamaan semakin banyak.

Namun, Momon mengingatkan, faktor utama untuk menciptakan kemanan dan kenyaman dalam beribadah ini ditentukan  oleh kepatuhan masyarakat secara individu. Sehingga warga harus saling melindungi dari paparan virus corona.

“Dengan disiplin protokol kesehatan, diawali diri kita sendiri akan ada rasa aman dan nyaman. Kemudian diikuti dengan kedisiplinan kelompok maka akan menghadirkan rasa aman dan nyaman. Dengan begitu bisa menjalankan ibadah secara khusyuk,” terangnya.

Sementara itu, Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandung, Tedi Ahmad Junaedi, mengungkapkan menghadapi bulan Ramadhan tahun 2021 ini ada semangat berbeda dibanding tahun sebelumnya. Kini, masyarakat semakin terpacu untuk meningkatkan aktivitas keagamaan.

Hal itu tidak terlepas dari kerinduan para umat muslim terhadap kegiatan keagamaan selama Ramadhan. Mengingat di tahun sebelumnya, umat muslim hanya bisa beribadah di rumah.


“Tahun ini pemerintah memberikan keleluasaan untuk kegiatan amaliah Ramadhan. Itu dibolehkan selama masyarakat bisa menjaga protokol kesehatan,” ucap Tedi.

Untuk itu, Kemenag Kota Bandung selalu berkolaborasi bersama Pemkot Bandung untuk menjalankan program Ramadhan. Yakni, menyelaraskan program keagamaan dengan penanganan kesehatan.

“Sinergisitas program ini tetap kita laksanakan. Kami mengimbau kegiatan keagamaan apapun tetap memenuhi standar protokol kesehatan,” katanya. (boim)

Editor: Lucky
								
    Bagikan  

Berita Terkait