Ada Yang Baru Goreng Belalang Jadi Makanan Primadona Baru di Tasikmalaya

Berita —Rabu, 31 Mar 2021 09:53
    Bagikan  
Ada Yang Baru Goreng Belalang Jadi Makanan Primadona Baru di Tasikmalaya
Pinterest

POSTPANGANDARAN, TASIKMALAYA.

Kuliner atau cemilan, setiap daerah memiliki kekhasan dan keunikan tersendiri. Selain terkenal karena kaya akan rempah-rempahnya menjadikan nilai tambah bagi wisatawan alam di Indonesia.

Kota Tasikmalaya adalah sebagai salah satu kota santri dan salah satunya kota kuliner di Priangan Timur hingga cemilan siap memanjakan lidah para penggemarnya salah satunya adalah  Goreng Belalang.

Siapa sangka jika hewan yang selama ini dianggap hama bagi sebagian orang, di Kota Tasikmalaya, Goreng Belalang  menjadi primadona baru para pengemarnya. Bahkan banyak yang menyukai kuliner Goreng Belalang ini hingga dijualnya ke warung makan atau di pinggir-pinggir jalan.

Pengolah Goreng Belalang,  Dede (49) warga Kelurahan Talagasari Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya menuturkan , ia sudah hampir satu tahun lamanya bersama keluarga memproduksi walang atau belalang untuk di jadikan kuliner cemilan. 

Menurutnya, belalang yang dianggap sebagai hama bagi para petani. Namun, bagi dia belalang ini bisa di olah dan diciptakan sebagai makanan khas kampung  dengan bahan baku yang tidak biasa dengan rasa yang lezat serta unik.


BACA JUGA:Ramalan Zodiak Besok Kamis 1 April 2021, Leo Perlu Keseimbangan, Virgo Beban Menumpuk

,

Belalang Kayu

Kata dia, Belalalng sudah menjadi makanan sehari-hari, karena populasi Belalang juga cukup banyak, akhirnya muncul ide  untuk di jadikan  kuliner baru. Pada saat musim panen tiba, warga bukan hanya memanen hasil pertanian saja, tetapi juga panen Belalang.

"Belalang yang diolah merupakan Belalang Kayu yang banyak ditemui di dahan pohon jati atau semak-semak yang tumbuh di pesawahan," ucapnya, Selasa (30/03/2021).

Selain itu,  kata Dede, cara pengolahan Belalang cukup gampang sekali . Sediakan Belalang yang sudah bersih dan memasukan Belalang ke dalam air panas supaya racun mulut yang kuning keluar lalu di diamkan 15 menit, dan bilas sama air bersih secara berulang-ulang.

Setelah itu, sediakan wajan yang sudah diberi minyak goreng lalu panaskan dan Goreng Belalang hingga matang dan jangan lupa sediakan bumbu penyedap biar saat di sajikan belalang goreng siap dimakan.

Sementara itu warga Seladarma Tatang (56) saat mencicipi, Goreng Belalang tersebut rasanya seperi rasa udang goreng gurih dan renyah, bahkan sebagian besar orang yang pernah mencicipinya pasti menyampaikan gurih, renyah dan enak seperti udang goreng.

"Siapapun yang mencoba  pasti akan ketagihan," terangnya. (Kris)

Editor: Rony
								
    Bagikan  

Berita Terkait