Skema KPBU untuk Bangun Infrastruktur

Berita —Senin, 31 Jan 2022 15:25
    Bagikan  
Skema KPBU untuk Bangun Infrastruktur
Program pembangunan infrastruktur daerah | Humas Jabar

POSTPANGANDARAN (KOTA BANDUNG),– Program pembangunan infrastruktur daerah melalui skema Kerja Sama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) antara Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan Infrastructure Asia Singapura telah disetujui Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Jabar, Kota Bandung, Jumat (28/01/2022). Proyek-proyek tersebut meliputi SPAM Jatigede dan SPAM Sinumbra, Bandung Metropolitan Urban Railway dan BRT Bandung Raya, TPPAS Ciayumajakuning Cirebon Raya, Rooftop Solar Project in Schools, Penerangan Jalan Umum, dan proyek yang terkait dengan konektivitas serat optik.

Hal itu juga sejalan dengan Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 38 tahun 2015. Pemerintah pusat mendorong agar mencari pembiayaan infrastruktur alternatif, termasuk KPBU. Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 28 Tahun 2018 dan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) Nomor 25 Tahun 2020, kerja sama pemerintah daerah dengan lembaga di luar negeri harus mendapatkan persetujuan terlebih dahulu dari DPRD.

Menurut Ridwan Kamil, pembiayaan infrastruktur di Jawa Barat tidak akan cukup jika hanya mengandalkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). Sebab, APBD hanya mampu membiayai 20 persen. Maka, harus mencari pendanaan alternatif.

Rencana kerja sama tersebut akan dibahas lebih dalam dengan Pemerintah Pusat melalui Rapat antar-Kementerian/Lembaga (K/L). Pembahasan ini akan menjadi dasar penandatanganan MOU oleh Kepala Daerah dan Kepala Lembaga.

Melalui kerja sama tersebut, Singapura dapat membantu percepatan pembangunan infrastruktur di Jawa Barat. Secara khusus dalam ruang lingkup capacity building, market sounding, dan project structuring yang berfokus pada sektor air minum, transportasi, persampahan, efisiensi energi, dan konektivitas digital.

Baca juga: Yoo Seung Ho Kembali Hadir di Layar Kaca dalam “Moonshine”

Seiring dengan meningkatnya kualitas SDM yang tersertifikasi internasional tersebut, diharapkan daya tarik proyek infrastruktur di Jawa Barat akan turut meningkat di mata para investor mancanegara dan meningkatkan jejaring investor luar negeri Jawa Barat.

Infrastructure Asia sebagai organisasi nonprofit Singapura telah berpengalaman dalam mendukung berbagai proyek KPBU di Kawasan Asia. Salah satu contohnya, ikut serta dalam membantu pembiayaan pembangunan di Tiongkok.

"Infrastruktur Asia Singapura yang dibentuk oleh lembaga pemerintahan Singapura memiliki pengalaman dan kompetensi. Perusahaan ini sudah memiliki track record yang baik seperti Asian Development Bank (ADB), termasuk sudah pengalaman kerja sama dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (SMI). Jadi sudah familiar dengan ekosistem pendanaan infrastruktur," ujar Ridwan Kamil.* -SHA

Baca juga: Creative Center, Kerja Cerdas Lahirkan Banyak Gagasan

Editor: Admin
								
    Bagikan  

Berita Terkait