Diskominfo Banjar Gelar Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat di Era Digitalisasi

News —Rabu, 17 Nov 2021 09:05
    Bagikan  
Diskominfo Banjar Gelar Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat di Era Digitalisasi
Diskominfo Banjar Gelar Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat di Era Digitalisasi

BANJAR, POSTPANGANDARAN- Diskominfo Kota Banjar, Jawa Barat melaksanakan kegiatan Pembinaan KIM, bertempat di Ruang Rapat Gunung Sangkur Setda Kota Banjar. Hal tersebut digelar sesuai dengan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 8 Tahun 2019 yang menyebutkan bahwa Diskominfo melaksanakan kemitraan dengan pemangku kepentingan salah satunya dengan Kelompok Informasi Masyarakat ( KIM ). Untuk lebih meningkatkan pengetahuan, keterampilan serta mendorong berkembangnya KIM Kota Banjar.

Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjar Wawan Gunawan yang diikuti 50 peserta berasal dari KIM Desa se-Kota Banjar. Narasumber kegiatan dari Diskominfo Kabupaten Bandung, Adhie Nur Indra sebagai Kepala Seksi Penyelenggaraan Komunikasi Publik.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Banjar Wawan Gunawan menyampaikan harapannya semoga kegiatan ini menjadi langkah awal KIM Kota Banjar.

"Harapan digelarnya pembinaan KIM agar lebih meningkatkan perannya dalam penyebarluasan informasi tentang program kebijakan desa dan menggali potensi yang ada di desanya masing-masing," singkatnya.

Baca juga: Ramalan Zodiak Besok Kamis 18 November 2021, Capricorn Menikmati Hidup, Leo Terjatuh

Sementara itu Narasumber, Kepala Seksi Penyelenggaraan Komunikasi Publik Diskominfo Kabupaten Bandung Adhie Nur Indra mengatakan, bahwa KIM dibentuk oleh dari, dan untuk masyarakat, sehingga merekalah yang nantinya akan berperan sebagai agen, yang menyebarkan informasi kepada masyarakat.

"Nantinya KIM ini bisa berkoordinasi dengan desa, supaya segala informasi dapat diterima oleh pihak desa baik, selanjutnya bisa disebarkan kepada masyarakat. Jadi KIM ini akan membantu desa/kelurahan, untuk menyebarkan informasi pemerintahan dan informasi lainnya, kepada masyarakat,” katanya.

Menurut dia, peran KIM bisa sebagai humas Pemerintah Desa dan bisa diperluas lagi supaya memiliki nilai tambah, yaitu bisa ditingkatkan pemberdayaannya.

"Misalnya dengan membentuk kelompok usaha, sehingga dimasa mendatang dapat berperan untuk pemberdayaan ekonomi anggotanya dengan memanfaatkan media online atau media sosial agar lebih bisa menggali dan mempromosikan potensi yang ada di desanya masing-masing," terangnya.

Pada akhirnya, tambah dia, KIM juga berperan dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat di masing-masing desa/kelurahan tersebut,” tambahnya. (Yuhendi)

Baca juga: Resep Makanan, Cara Membuat Kue Bugis Ketan Hitam Legit dan Sederhana

Baca juga: Drama Korea Jirisan Episode 8 Sub Indo, Teka-teki Pembunuhan


Editor: Ajeng
								
    Bagikan  

Berita Terkait