Kekayaan Laut Indonesia Urutan ke 2 di Dunia. Begini Kata Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan

News —Kamis, 23 Sep 2021 23:24
    Bagikan  
Kekayaan Laut Indonesia Urutan ke 2 di Dunia. Begini Kata Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan
Kekayaan Laut Indonesia Urutan ke 2 di Dunia. Begini Kata Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan/Dok

PANGANDARAN, POSTPANGANDARAN

Kekayaan laut yang ada di Indonesia menempati urutan ke dua di dunia. Namun untuk hasil tangkapannya menempati urutan ke tiga se Asia Tenggara.

Ungkapan tersebut dilontarkan oleh mantan Menteri Kelautan Perikanan Susi Pujiastuti yang juga sebagai tokoh di Kabupaten Pangandaran.

"Minimnya hasil tangkapan laut di Indonesia dilatarbelakangi maraknya pencurian ikan diperairan laut Indonesia," kata Susi.

Susi menambahkan, pencurian itu berdampak pada kerugian sumber daya ikan yang dimiliki Indonesia.

"Pencurian ikan diperairan laut Indonesia harus terus dilawan karena berdampak pada buruknya keberlangsungan biota laut," tambahnya.

Dijelaskan Susi, melalui perlawanan pencurian ikan tersebut, demi kelestarian sumber daya laut yang ada, sehingga bisa dinikmati hingga jangka panjang.

Baca juga: Lakukan Kunjungan Kerja ke Banjar, Wakil Gubernur Uu Ruzhanul Ulum Sidak ke Beberapa Sekolah

Baca juga: Ikatan Cinta Malam Ini, Papa Surya Terancam karena Mengenali Pelaku Teror Keluarga Aldebaran

"Jika perlawanan pencurian ikan dilakukan terus menerus, maka hasil tangkapan ikan diperairan laut Indonesia akan lebih maksimal," jelas Susi.

Susi mencontohkan, di Kabupaten Pangandaran, komoditas lobster memiliki potensi yang melimpah dan menjadi andalan penghasilan nelayan.

"Komoditas lobster untuk warga Pangandaran sekarang hanya jadi kenangan, karena benihnya banyak dicuri dan dijualbelikan," paparnya.

Bukti konsistensi Susi Pujiastuti melakukan perlawanan terhadap pencurian ikan diperairan laut Indonesia di antaranya adanya kapal MV Viking Lagos.

Beberapa kapal asing yang tidak memiliki perizinan dan melakukan aksi pencurian sumber daya laut di Indonesia ditangkap dan ditenggelamkan oleh Menteri Susi Pujiastuti waktu itu.

Adanya bangkai kapal MV Viking Lagos juga sebagai peringatan agar ada efek jera kepada kapal asing yang mencoba melakukan pencurian diperairan Indonesia. (Deni)

Baca juga: Curug Sewu, Air Terjun Pengantin di Bandung yang Berkhasiat Memancarkan Aura Kecantikan

Baca juga: Resep Makanan, Cara Membuat Asinan Salak Pedas Manis Bikin Ketagihan

Editor: Riyan
    Bagikan  

Berita Terkait