Pasca Lapas I Tangerang Kebakaran, Lapas Kelas IIB Kota Banjar Langsung Lakukan Antisipasi

News —Kamis, 9 Sep 2021 09:08
    Bagikan  
Pasca Lapas I Tangerang Kebakaran, Lapas Kelas IIB Kota Banjar Langsung Lakukan Antisipasi
Pasca Lapas I Tangerang Kebakaran, Lapas Kelas IIB Kota Banjar Langsung Lakukan Antisipasi/Yuhendi

BANJAR, POSTPANGANDARAN

Petugas Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas llB Kota Banjar, Jawa Barat langsung melakukan operasi di blok sel tahanan. Hal tersebut dilakukan petugas Lapas Kelas IIB Kota Banjar guna mengantisipasi terjadinya hal serupa di Lapas I Tangerang yang menelan 41 korban jiwa.

Kepala Lapas (Kalapas) Kelas IIB Kota Banjar, Muhammad Maulana mengatakan, dalam penggeledahan tersebut, tentunya petugas menggeledah secara ketat untuk mengantisipasi terjadinya hal yang tidak diinginkan.

"Dalam penggeledahan kali ini, petugas menemukan banyak perangkat elektronik seperti alat pengisi daya ponsel milik napi yang disembunyikan di antara tumpukan pakaian, lemari, dan di bawah kasur," kata Maulana kepada wartawan Rabu 8 September 2021.

Sedangkan bagi tahanan yang membawa peralatan elektronik atau barang yang berpotensi akan adanya musibah, sambung Maulana, pihak petugas akan langsung memindahkan pelaku ke dalam sel khusus.

"Untuk tindakan, petugas akan menghilangkan hak yang bersangkutan, seperti remisi dan hak-haknya akan dihilangkan sesuai dengan berat pelanggarannya" tegasnya.

Baca juga: Drama Korea The Lovers Of Red Sky Episode 4 Sub Indo, Benang Merah Takdir

Baca juga: Drama Korea The Lovers Of Red Sky Episode 3 Sub Indo, Sang Iblis

Selain itu, sambung dia, untuk mengantisipasi terkait adanya musibah seperti kebakaran, pihaknya juga sudah berkordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Banjar. Bahkan, mengaca adanya kejadian kebakaran di Lapas kelas I Tangerang. Petugas lapas Kelas IIB Kota sudah menyiapkan alat pemadam multi purpose atau APAR dari BPBD Kota Banjar.

"Kami tidak ingin hal itu terjadi seperti di Lapas kelas I Tangerang, namun apabila hal itu terjadi, maka kita harus siap untuk menghadapinya," paparnya.

Selain mengantisipasi persiapan tersebut, Maulana menyampaikan, bahwa persiapannya adalah harus terlatih untuk mengantisipasi insiden yang tidak diinginkan.

"Untuk persiapannya yaitu kita harus senantiasa siap siaga, waspada dan yang lebih utama adalah keselamatan warga binaan pemasyarakatan," pungkasnya. (Yuhendi)

Baca juga: Ramalan Zodiak Besok Jumat 10 September 2021, Taurus Takut Kehilangan, Virgo Tepati Janji

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Kamis 9 September 2021, Scorpio Susah Move On, Capricorn Terlalu Pemilih

Editor: Riyan
								
    Bagikan  

Berita Terkait