Warga di Pangandaran Gelar HUT RI ke 76 di Sungai Batu Lumpang

Berita —Selasa, 17 Aug 2021 08:55
    Bagikan  
Warga di Pangandaran Gelar HUT RI ke 76 di Sungai Batu Lumpang
Warga di Pangandaran Gelar HUT RI ke 76 di Sungai Batu Lumpang/Ist

PANGANDARAN,DEPOSTPANGANDARAN

Penggiat wisata Batu Lumpang di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat menggelar upacara dan pengibaran bendera merah putih di sungai. Upacara dan pengibaran bendera merah putih tersebut dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke - 76.

Area sungai Batu Lumpang yang dijadikan sebagai tempat kegiatan upacara tersebut berlokasi di jalur sungai Ciwayang tepatnya Dusun Dukuh I, Desa Parakanmanggu, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

Ketua Kelompok Wisata Batu Lumpang Ade Galing menyampaikan, upacara dan pengibaran bendera merah putih di sungai sebagai alternatif penggiat wisata dikala pelaksanaan HUT RI ke 76 dibatasi lantaran kondisi pandemi.

"Meskipun di tengah Pandemi kecintaan terhadap tanah air dan bentuk penghargaan kepada pahlawan harus tetap dijaga," kata Ade Selasa 17 Agusutus 2021.

Kata dia, meski kegiatan tersebut digelar di sungai, tidak mengurangi rasa hormat dan kekhidmatan peserta upacara dalam melaksanakan rangkaian upacara.

"Selain diikuti penggiat wisata, upacara dan pengibaran bendera merah putih juga diikuti mahasiswa yang sedang menggelar KKN," katanya.

Baca juga: Bupati Pangandaran Lantik Tiga Pejabat Tinggi Pratama Hasil Open Bidding

Baca juga: Mayat yang Ditemukan Tanpa Busana di Kebun Bambu Ternyata Warga Menteng Jakarta Pusat

Ade menjelaskan, sudah dua tahun upacara dan pengibaran bendera merah putih sejak pandemi tidak diselenggarakan secara meriah.

"Perlu inovasi dan kreatif untuk tetap menjaga dan mempertahankan kecintaan dan memberikan penghormatan kepada jasa para pahlawan yang gugur dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia," ungkap Ade.

Digelarnya upacara dan pengibaran bendera merah putih di sungai ini, Ade berharap bisa menumbuhkan nilai ke Indonesiaan peserta upacara umumnya masyarakat.

"Pelaksanaan ini juga diharapkan jadi motivasi bagi kita semua untuk segera memutus mata rantai penyebaran wabah virus dengan tetap mematuhi protokol kesehatan," ajaknya.

Ade juga mengajak, seluruh penggiat wisata yang ada di Kabupaten Pangandaran untuk sadar terhadap program vaksinasi supaya pandemi cepat berakhir.

"Kunci utama pemutus penyebaran wabah di antaranya mengikuti vaksinasi dan memperketat penerapan protokol kesehatan," tandasnya. (Deni)

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Selasa 17 Agustus 2021, Pisces Move On, Leo Mengejar Cinta

Baca juga: Lagi, Warga Temukan Mayat Tanpa Busana di Padaherang Pangandaran

Editor: Riyan
								
    Bagikan  

Berita Terkait