Kabupaten Pangandaran Miliki 270 Potensi Dayatarik Wisata

News —Senin, 9 Aug 2021 13:59
    Bagikan  
Kabupaten Pangandaran Miliki 270 Potensi Dayatarik Wisata
Kabupaten Pangandaran Miliki 270 Potensi Dayatarik Wisata/Dok

PANGANDARAN, DEPOSTPANGANDARAN

Kabupaten Pangandaran memiliki 270 potensi dayatarik wisata yang tersebar di 93 Desa yang ada di 10 Kecamatan se-Kabupaten Pangandaran. Paparan tersebut disampaikan Wakil Bupati Pangandaran Ujang Endin Indrawan pada acara Webinar dengan tema Gerak Bersama Desa Kreatif Pangandaran pada Minggu (08/08/2021), pukul 19.00 WIB.

Ujang mengatakan, bahwa potensi wisata di Pangandaran diharapkan bisa menjadi lapangan kerja baru dan produksi kreatif berkelanjutan.

“Namun, dari 270 dayatarik wisata mayoritas dikelola oleh Desa, Kelompok Sadar Wisata dan Perhutani, sedangkan yang dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Pangandaran hanya 5 objek wisata,” ujarnya.

Dari 5 objek wisata yang dikelola Pemerintah Kabupaten, kata Ujang,  di antaranya, pantai Pangandaran, pantai Karapyak, pantai Batuhiu, pantai Batukaras dan Greend Canyon.

“Kunjungan wisata ke Pangandaran pada tahun 2016 tercatat sebanyak 1.99 juta, tahun 2017 sebanyak 2.95 juta, tahun 2018 sebanyak 4.04 juta, tahun 2019 sebanyak 3.78 j/uta dan tahun 2020 sebanyak 2.84 juta,” paparnya.

Baca juga: Drama Korea The Witch’s Diner Episode 6 Sub Indo, Kenangan yang Terlupakan dan Kue Beras Mugwort

Baca juga: Asal-usul Misteri Kuntilanak Merah Pemburu Darah Manusia

Maka, kata Ujang, saat ini Pemkab Pangandaran Konsentrasi dalam mengembangkan pariwisata di antaranya membangun akses lintas Destinasi Wisata.

“Pembangunan akses tersebut akan mempermudah pengunjung saat berwisata dari satu tempat ke tempat lain. Dan kedepan akan ada jalur khusus wisata agar pengunjung mudah mengakses lokasi wisata," bebernya.

Namun kondisi pandemi Corona yang terjadi, lanjut dia, agenda percepatan pembangunan wisata tersebut sedikit tertunda.

"Kami meminta kepada Kementrian Pariwisata Ekonomi Kreatif untuk bisa membantu penganggaran percepatan pembangunan wisata di Kabupaten Pangandaran," harapnya.

Baca juga: Ikatan Cinta Malam Ini, Elsa Kembali Berbuat Ulah Celakakan Mama Rossa

Baca juga: Pangandaran Terima 30 Ribu Dosis Vaksin dari Provinsi Jabar

Sedangkan untuk wisata Desa di Pangandaran saat ini yang sedang berkembang Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang, Desa Selasari, Kecamatan Parigi, Desa Bangunkarya, Kecamatan Langkaplancar, Desa Cikalong, Kecamatan Sidamulih dan Desa Sukamulya, Kecamatan Langkaplancar.

Untuk Desa Kertayasa, Kecamatan Cijulang dan Desa Selasari, Kecamatan Parigi memiliki unggulan wisata alam.

Sedangkan Desa Bangunkarya, Kecamatan Langkaplancar memiliki unggulan wisata kreatif, Desa Cikalong, Kecamatan Sidamulih memiliki unggulan wisata budaya dan Desa Sukamulya, Kecamatan Langkaplancar memiliki unggulan wisata pertanian. (Deni)

Baca juga: Ramalan Zodiak Besok Selasa 10 Agustus 2021, Capricorn Sedang Sensitif, Leo Pandai Merayu

Baca juga: Ramalan Zodiak Hari Ini Senin 9 Agustus 2021, Scorpio Dekat dengan Mantan Leo Ambil Keuntungan

Editor: Riyan
    Bagikan  

Berita Terkait