TPT Sepanjang 17 Meter di Ciganjeng Pangandaran Ambrol di Terjang Hujan Deras

News —Kamis, 5 Aug 2021 22:44
    Bagikan  
TPT Sepanjang 17 Meter di Ciganjeng Pangandaran Ambrol di Terjang Hujan Deras
TPT Sepanjang 17 Meter di Ciganjeng Pangandaran Ambrol di Terjang Hujan Deras/Ist
PANGANDARAN,DEPOSTPANGANDARAN

Hujan deras yang terjadi disebagian daerah Kabupaten Pangandaran mengakibatkan tembok penahan tebing (TPT) sungai di Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Jabwa Barat ambrol. Kamis (05/08/2021).

Kejadian tersebut sangat mengancam keselamatan warga karena lokasinya sangat dekat dengan penggunaan.

Sekretaris Desa Ciganjeng, Kecamatan Padaherang Yuyuk Yunijhar mengatakan, tembok Penahan Tebing yang ambrol di anak sungai Citanduy sepanjang 17 meter dengan tinggi 6 meter.
"TPT sungai Ciganjeng kondisinya sudah tua sehingga tidak kuat menahan derasnya air sungai. Kami dari Pemerintah Desa sudah menembuskan surat pemberitahuan ke Dinas PU Kabupaten Pangandaran," ujarnya kepada DEPOSTPANGANDARAN , Kamis (8/5/2021).

Yuyuk mengharapkan, instansi terkait terutama Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Citanduy segera turun dan mengambil tindakan serta segera memperbaiki TPT yang ambrol.

"Jika tidak segera diperbaiki, kami khawatir ada hujan besar dan kemungkinan tanah sekitar sungai akan mengikis," cemasnya. 

Menurut dia, jika tanah sekitar sungai terkikis maka akan sangat membahayakan warga disekitar sungai.

"TPT Bangunan ini terakhir dibangun sekitar 40 tahun yang lalu secara gotong royong oleh warga," tulisnya.

Dia mengimbau, warga sekitar untuk selalu waspada dan berhati-hati jika terjadi hujan lagi, dan kondisi udara yang deras karena potensi tanah terkikis sangat mendukung.

"Sebelum TPT diperbaiki warga kami imbau untuk selalu waspada dan jangan mendekat ke lokasi apalagi saat air sungai sedang deras," imbaunya. ( Deni )
Editor: Riyan
    Bagikan  

Berita Terkait