Gegara Berita Hoax, Mandor di Perkebunan Karet PTPN VIII Sempat Kabur Hindari Suntik Vaksin

News —Senin, 12 Jul 2021 02:15
    Bagikan  
Gegara Berita Hoax, Mandor di Perkebunan Karet PTPN VIII Sempat Kabur Hindari Suntik Vaksin
Gegara Berita Hoax, Mandor di Perkebunan Karet PTPN VIII Sempat Kabur Hindari Suntik Vaksin (foto: Iqbal)

PANGANDARAN, DEPOSTPANGANDARAN

Tim Satgas penanganan Covid-19 Kecamatan Kalipucang melakukan sistem jemput bola untuk memvaksin warga di Dusun Bojong, Desa Putrapinggan, Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat.

Puluhan warga di Dusun Bojong yang merupakan daerah terpencil itu merupakan para petani atau penderes (penyadap,red) getah karet di perkebunan PTPN VIII.

Dibalik antuasiasnya warga yang disuntik vaksin, ada kisah yang terbilang unik, pasalnya seorang mandor yang bekerja di perkebunan PTPN VIII itu sempat kabur dari tempat kerjaanya untuk menghindari petugas medis yang akan menyuntik vaksin.

Baca juga: Terjadi Lagi, Gadis Asal Cigugur Jadi Korban Jambret, Handphone dan ATM Raib

Baca juga: Lokasi Aksi Jambret di Dusun Sidahurip Desa Cintakarya Minim Penerangan

Mandor yang kabur bernama Dasta itu mengaku, bahwa dirinya enggan disuntik vaksin lantaran takut terjadi sesuatu pada dirinya. Rasa takut di vaksin setelah banyaknya kabar berita di media sosial yang menyebutkan bahwa vaksin itu bahaya.

"Banyak kabar di media sosial yang menyebutkan bahwa di vaksin itu berbahaya bagi tubuh kita, makanya saya memilih kabur dari tempat kerjaan," ujarnya.

Namun, kata dia, setelah melihat karyawan lainnya yang sudah disuntik vaksin dan tidak menimbulkan efek samping atau membahayakan apapun, ternyata berita yang beredar merupakan informasi hoax.

"Ternyata setelah saya divaksin dosis pertama, alhamdulillah tidak ada efek yang selama ini menghantui, bahkan rasa takut yang sebelumnya menggebu itu hilang seketika," katanya.

Baca juga: Pemkab Pangandaran Kucurkan Dana Pengganti Mamin Sebesar Rp 500 ribu Untuk Penyitas Covid-19 yang Isoman

Baca juga: Ikatan Cinta Malam Ini, Elsa Kembali Ditangkap dengan Kesaksian Pak Sumarno

Dasta mengaku, bahwa divaksinasi tidak berbahaya sama sekali, dan bagi warga yang belum divaksin maka segera lah daftar dan jangan mudah percaya dengan informasi hoax tentang vaksin itu membahayakan.

"Informasi itu tidak benar dan kabar vaksin bahaya itu berita hoax, buktinya saya setelah divaksin baru sadar bahwa kabar yang selama ini beredar hoax," tuturnya.

Sementara itu, Kepala Apdeling Perkebunan PTPN VIII Asep Nuryadinata menyebutkan, bahwa suntik vaksin ini merupakan dosis kedua kalinya. Namun masih ada beberapa orang yang baru mengikuti vaksinasi dosis pertama.

"Yang mengikuti vaksinasi dosis pertama itu yang awalnya takut karena terkecoh berita hoax yang menyatakan akan bahaya bila di vaksin, namun kami dari perusahaan terus melakukan edukasi untuk meyakinkan karyawan bahwa di vaksin itu aman alias tidak bahaya," terangnya.

Asep menyebutkan, pada pelaksanaan vaksinasi yang dilakukan tim Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Kalipucang begitu antusias disambut warga yang merupakan petani getah karet yang bekerja di perkebunan PTPN VIII.

Baca juga: Tokoh Agama dan Masyarakat Akan Sosialisasikan Pelaksanaan Ibadah di Zona Merah-Oranye

Baca juga: 6 Luxury Hotels in the Style of European Sultans in Bandung, Traditional Holidays Overseas Sensations

"Petugas melakukan jemput bola, karena kalau kita yang ke Puskesmas jarak tempuh sangat jauh dan lagi kondisi jalan yang terjal sehinga mereka memilih untuk menunggu petugas yang datang," papar Asep.

Pada kesempatan tersebut, Asep mengungkapkan, dirinya sangat mengapresiasi kinerja tim Satgas Penanganan Covid-19 Kecamatan Kalipucang baik pemerintah Kecamatan, Tenaga Medis, Polri maupun TNI yang begitu semangat melakukan jemput bola meskipun dalam perjalanan yang melelahkan.

"Tim Satgas begitu semangat, padahal kondisi jalan kesini lumayan extrem serta terjal, namun mereka tetap semangat semoga kita semua diberikan kesehatan," pungkasnya. (Iqbal)

Baca juga: Ramalan Zodiak Besok Senin 12 Juli 2021, Cancer Bosan Capricorn Bertemu Orang Baru

Baca juga: Ramalan Zodiak HAri Ini Minggu 11 Juli 2021, Sagitarius ada Konflik, Leo Tebar Pesona

Editor: Riyan
    Bagikan  

Berita Terkait