Meski Cuaca Buruk, Nelayan di Legokjawa Pangandaran Tetap Nekat Melaut

News —Selasa, 6 Jul 2021 00:07
    Bagikan  
Meski Cuaca Buruk, Nelayan di Legokjawa Pangandaran Tetap Nekat Melaut
Meski Cuaca Buruk, Nelayan di Legokjawa Pangandaran Tetap Nekat Melaut (foto: Deni Rudini)

PANGANDARAN, DEPOSTPANGANDARAN

Sebagian nelayan di perairan pantai Legokjawa, Kecamatan Cimerak, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat tetap nekat melaut untuk mencari ikan meskipun cuaca buruk. Nekatnya nelayan melaut di tengah cuaca buruk itu demi memutar roda perekonomian keluarga.

Salah satu nelayan Desa Legokjawa Asep Suryadi mengatakan, sejumlah nelayan nekat mempertaruhkan nyawa demi mencukupi kebutuhan sehari-hari keluarga.

"Memang sudah sepekan ini cuaca di perairan pantai Legokjawa sedang tidak bersahabat (buruk,red) kendati demikian sebagian nelayan tetap nekat melaut," ujarnya kepada DEPOSTPANGANDARAN, Senin (05/07/2021).

Baca juga: Harga Garam di Pangandaran Tembus Rp 3.000 Per Kg, Ketua Kelompok Petambak Garam: Kami Sangat Bersyukur

Baca juga: Jadwal Lengkap Big Match Semifinal Euro 2020

Asep menyampaikan, nekatnya para nelayan yang tetap melaut lantaran mereka tidak memiliki pekerjaan lain selain hanya mencari ikan di laut.

"Ya memang ada beberapa nelayan yang tidak berangkat melaut di saat cuaca sedang ekstrim, namun di tengah pandemi seperti ini kalau tidak melaut bagaimana menutupi kebutuhan sehari-hari," ucapnya.

Dia mengungkapkan, pada hari Senin-Selasa (28-29/06/2021) lalu hampir semua perahu milik nelayan di Legokjawa tidak ada yang melaut, namun sudah sepekan ini beberapa nelayan ada yang nekat melaut meski cuacanya sedang ekstrim.

"Dalam aktivitas melaut alhamdulillah tidak ada kendala apapun dan semoga semua para nelayan selalu dalam lindungan allah SWT," ungkapnya sembari mengaminkan doa.

Baca juga: Drama Korea The Devil Judge Episode 2 Sub Indo, Dia Adalah Iblis

Baca juga: Inilah Dia Para Wanita Penjaga Keperawanan Gawang Timnas Indonesia

Sementara itu, salah seorang pegawai Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Legokjawa Dila Yulianti menyebutkan, saat ini harga ikan bervariatif atau tergantung jenis ikan serta ukuran besar kecilnya ikan yang dijual nelayan ke TPI.

“Untuk jenis ikan tongkol di TPI Legokjawa harganya mencapai Rp 31.000 sampai Rp 35.000 per kilogram, sedangkan ikan jenis kadukang mencapai Rp 25.000 per kilogram," jelasnya.

Untuk pendapatan hari ini Senin (05/07/2021), sambung Dila, sebanyak 3 kwintal dari 18 perahu yang melaut, angka tersebut cukup lumayan normal jika dibandingkan dengan hari kemarin.

"Satu hari kemarin, Minggu (04/07/2021) hanya dapat ikan sebanyak 28 kilogram dari empat perahu yang berangkat melaut," terang DIla. (Deni)

Baca juga: Ikatan Cinta Malam Ini, Tamat Riwayat Elsa Diadili Al dan Andin Dirumahnya

Baca juga: ‘Eugene’ Tewas Terbunuh di Penthouse Season 3, Penggemar Harapkan Yoon He Dihidupkan Kembali!

Editor: Riyan
    Bagikan  

Berita Terkait